J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Layar Full HD vs Quad HD, Lebih Pilih Mana?

Layar Full HD vs Quad HD, Lebih Pilih Mana?

Kamis, 13 Agt 2015, 09:59 WIB
Full HD vs Quad HD, manakah yang paling efektif dan cocok untuk mata kita? Apakah benar semakin tinggi resolusinya maka akan semakin baik tampilannya?

Dulu ponsel diciptakan dengan paduan layar dan tombol keypad. Tombol keypad mutlak dibutuhkan untuk memudahkan penggunaan karena pada awalnya teknologi layar sentuh belum diterapkan pada ponsel.

Sejak teknologi layar sentuh berhasil diterapkan ke ponsel pintar (smartphone) di era 2000-an, lama kelamaan dimensi layar smartphone menjadi lebih besar dan semakin besar. Rata-rata dimensi layar yang tadinya sekitar 3 inci, kini menjadi di atas 4,5 inci. Dimensi layar besar juga membuat resolusi layar smartphone semakin meningkat.

Pertanyaannya, di era smartphone berlayar Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan Quad HD (2.560 x 1.440 piksel), manakah yang paling efektif dan cocok untuk mata kita? Apakah benar semakin tinggi resolusinya maka akan semakin baik tampilannya?

Full HD dan Quad HD Beda Tipis

Rata-rata resolusi layar LCD atau LED monitor saat ini adalah Full HD. Padahal, dimensi layar monitor bisa mencapai 24 inci. Namun jika kita lihat, resolusi Full HD di layar 24 inci sudah terlihat tajam, gambar maupun teks bisa ditampilkan dengan detail. Ketika resolusi Full HD diterapkan pada layar dengan dimensi hanya 4 atau 5 inci, otomatis tampilannya bakal lebih tajam dari layar monitor.

Quad Hd

Jadi, ketika kamu membeli smartphone dengan layar 6 inci sekalipun dan layar tersebut hanya memiliki resolusi Full HD, itu sudah sangat mencukupi. Sementara ketika layar 6 inci tadi dibekali resolusi quad HD, layarnya memang akan terlihat semakin jernih. Namun untuk melihat perbedaan resolusi Full HD dan Quad HD di layar sekecil itu, kamu perlu mata yang sangat jeli. Kamu harus benar-benar memerhatikannya dengan seksama karena perbedaannya sangat-sangat tipis.

Resolusi Makin Besar, Ngegame Makin Berat

Play Game Android

Semakin tinggi resolusi layar, semakin tinggi juga kualitas grafis yang disajikan. Karena grafisnya semakin baik, kerja hardware di dalam smartphone juga semakin berat, terutama untuk CPU (prosesor) dan GPU (grafis). Apalagi, kalau CPU dan GPU dari smartphone yang kamu gunakan biasa-biasa saja, sangat tidak bijak memilih smartphone dengan resolusi layar terlalu tinggi. Jadi buat kamu yang ingin lebih lancar bermain game, lebih baik pilih smartphone dengan resolusi Full HD atau bahkan HD (1.280 x 720 piksel).

Artikel Menarik Lainnya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Uniknya YotaPhone 2, Smartphone dengan Layar Depan Belakang

Uniknya YotaPhone 2, Smartphone dengan Layar Depan Belakang

LG Ciptakan Layar Smartphone Borderless yang Mengagumkan

LG Ciptakan Layar Smartphone Borderless yang Mengagumkan

Cara Merawat Layar Smartphone dan Tablet Agar Tetap Kinclong

Cara Merawat Layar Smartphone dan Tablet Agar Tetap Kinclong

 Cara Mudah Mengubah Resolusi Layar Smartphone Android

Cara Mudah Mengubah Resolusi Layar Smartphone Android

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal