J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              10 Hal Ini Wajib Dilakukan Pada Smartphone Baru, Nomor 8 Penting Banget!

              10 Hal Ini Wajib Dilakukan Pada Smartphone Baru, Nomor 8 Penting Banget!

              00
              Jumat, 27 Okt 2017, 08:00 WIB
              Cieee yang habis beli smartphone baru. Sebelum pamer smartphone baru kamu di media sosial, yuk lakukan 10 hal ini dulu!

              Cieee yang habis beli smartphone baru! Setelah nabung berbulan-bulan, akhirnya kesampean juga beli smartphone baru. Apalagi jika smartphone itu adalah tipe terbaru yang sedang ramai diperbincangkan. Seneng kan?

              Tapi sebelum instal banyak aplikasi dan menggunakannya untuk bermain game, agar semakin optimal kamu harus memperhatikan beberapa hal. Dengan hal-hal ini, dijamin menggunakan smartphone baru kamu pun jadi semakin nyaman dan seru!

              BACA JUGA
              • 10 Cara Merawat Layar Smartphone Agar Selalu Terlihat Seperti Baru
              • 5 Masalah Layar Smartphone Android dan Cara Mengatasinya
              • 10 Smartphone yang Berbahaya bagi Kesehatan Manusia

              Hal yang Harus Dilakukan Pada Smartphone Baru

              Sebelum kamu pamer smartphone baru di Path atau akun media sosial kamu lainnya, baiknya persiapkan smartphone kamu sebaik mungkin. Nah, ini dia 10 langkah yang harus kamu lakukan saat memiliki smartphone baru.

              1. Cek Kondisi dan Kelengkapan

              Saat beli smartphone, pastikan barang yang kamu beli memiliki garansi. Baik garansi resmi ataupun garansi distributor, setidaknya ada jaminan jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada smartphone barumu.

              langkah-wajib-setelah-membeli-smartphone-baru-9

              Saat membeli smartphone di toko offline, pastikan semuanya lengkap dan dalam kondisi sempurna secara langsung. Tapi saat membeli di toko online, pastikan untuk membuat dokumentasi unboxing kamu agar ada bukti kuat jika sewaktu-waktu barang yang kamu terima ternyata palsu atau ada yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Cek apakah charger-nya bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai, apakah earphone-nya jalan, layar, kemampuan membaca kartu SIM, dan lain-lain.

              2. Buat Akun Cadangan

              Akun cadangan di smartphone berfungsi untuk memuat semua data yang kamu simpan di smartphone kamu, meliputi kontak, catatan, log panggilan, pesan, bahkan kalender. Hal ini akan sangat berguna jika di kemudian hari kamu mengganti smartphone baru. Jadi nggak perlu ribet-ribet pindahin data satu per satu lagi!

              langkah-wajib-setelah-membeli-smartphone-baru-2

              Di smartphone Android kamu bisa dengan mudah menggunakan akun Gmail sebagai akun cadangan, dan di iPhone kamu bisa menggunakan iCloud. Pastikan akun cadangan kamu aktif untuk mencadangkan data kontak, catatan, kalender, dan hal lain yang kamu anggap penting.

              3. Matikan Shortcut Aplikasi Baru

              langkah-wajib-setelah-membeli-smartphone-baru

              Sebelum kamu mulai menginstal beragam aplikasi terbaik di Android kamu, pastikan untuk mematikan shortcut aplikasi baru ke Home screen jika tidak ingin tampilan Home screen kamu berantakan. Caranya adalah dengan masuk ke Google Play Store - Settings, lalu hilangkan tanda ceklis di Add icon to Home screen.

              4. Update Aplikasi Bawaan

              langkah-wajib-setelah-membeli-smartphone-baru-6

              Pada sebuah smartphone, vendor biasanya sudah membekalkan aplikasi bawaan. Nah, agar kinerja smartphone kamu semakin maksimal, langsung lakukan update aplikasi-aplikasi bawaan yang ada di smartphone kamu! Setelah aplikasi bawaan diperbarui, kamu baru boleh mulai instal aplikasi-aplikasi baru untuk memenuhi Android milikmu.

              5. Kurangi Brightness

              Semakin tinggi tingkat kecerahan smartphone, akan berakibat ke semakin cepat pula baterai smartphone kamu habis. Untuk menghindari cepat rusaknya baterai karena keseringan di-charge akibat kehabisan baterai, begitu membeli smartphone baru, pastikan untuk mengurangi tingkat kecerahan layar smartphone kamu.

              langkah-wajib-setelah-membeli-smartphone-baru-5

              Untuk mengurangi tingkat kecerahan layar smartphone, kamu bisa masuk ke menu Settings - Display. Atau lewat Brightness Toggle yang ada di Quick Settings.

              6. Gunakan Wallpaper Hitam

              langkah-wajib-setelah-membeli-smartphone-baru-8

              Apakah smartphone yang kamu miliki menggunakan layar jenis AMOLED? Beberapa smartphone keluaran Samsung menggunakan teknologi layar AMOLED yang terkenal tajam dan hemat konsumsi baterai. Jika ternyata smartphone yang baru kamu beli menggunakan layar AMOLED, kamu bisa menggunakan wallpaper warna hitam untuk membuat konsumsi daya baterainya semakin hemat.

              7. Aktifkan Do Not Disturb

              Namanya juga smartphone baru, paham deh kalo pengen terus dimainin. Tapi jangan sampe waktu istirahat kamu terganggu oleh notifikasi-notifikasi yang masuk ke smartphone kamu deh. Untungnya sekarang hampir semua smartphone memiliki fitur Do Not Disturb. Fitur ini akan meredam semua notifikasi yang masuk pada jam-jam kamu istirahat, sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak.

              langkah-wajib-setelah-membeli-smartphone-baru-4

              Di Android, kamu bisa mengaktifkan fitur Do Not Disturb lewat menu Settings - Sounds and Notification, lalu cari yang sekiranya berhubungan. Dalam beberapa smartphone, seperti Xiaomi, fitur Do Not Disturb dibuat segmen terpisah agar memudahkan penggunaannya.

              8. Atur Kunci

              Mumpung masih kosong, belum berisi foto atau video apa-apa, sebaiknya segera atur kunci smartphone kamu. Tujuannya jelas agar kamu bisa menggunakannya dengan aman saat nanti mulai banyak dokumen pribadi di dalamnya. Kamu bisa pake password, PIN, kunci pola, atau bahkan sidik jari jika ada.

              langkah-wajib-setelah-membeli-smartphone-baru-3

              Jika tidak puas dengan fitur pengunci Layar bawaan smartphone, kamu bisa gunakan aplikasi lock screen yang pernah JalanTikus bagikan. Beberapa aplikasi lock screen terbaik rekomendasi JalanTikus adalah Cashtree atau DroidLock.

              Cashtree: Bagi bagi Hadiah Terus 1.6.2.1
              Apps Productivity VITI GLOBAL LIMITED
              DOWNLOAD
              Droidlock 1.0.2b
              Apps Antivirus & Security Epicgames
              DOWNLOAD

              9. Aktifkan Android Device Manager

              Baru juga beli smartphone baru, nggak asyik kan kalo terus hilang? Untuk berjaga-jaga jika hal tidak diinginkan itu terjadi, jangan lupa download dan aktifkan fitur Android Device Manager.

              langkah-wajib-setelah-membeli-smartphone-baru-7

              Dengan Android Device Manager, kamu bisa memaksa Android kamu berbunyi jika lupa menyimpannya, sehingga mudah ditemukan. Bahkan jika hilang atau dicuri, bisa dilacak loh!

              Android Device Manager 1.1.9
              Apps Drivers & Smartphone Google Inc.
              DOWNLOAD

              10. Login Media Sosial

              Punya smartphone baru masa nggak dipamerin ke teman-teman sih? Biar berasa banget nuansa smartphone barunya, kamu wajib tuh share foto-foto atau video smartphone baru ke media sosial seperti Facebook, Path atau Instagram. Jika perlu, jadikan DP BBM deh biar orang nggak bosen lihat foto selfie kamu terus.

              Setelah 10 langkah tadi dilakukan, sekarang kamu siap menjajal dan berpetualang dengan smartphone baru kamu!

              APPS TERKAIT
              Android Device Manager 1.1.9
              Apps Google Inc.
              AnTuTu Benchmark
              Apps AnTuTu
              Cashtree: Bagi bagi Hadiah Terus 1.6.2.1
              Apps VITI GLOBAL LIMITED
              Ampere 2.13
              Apps Braintrapp
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal