J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Smartphone Kamu Panas? Mungkin Ini Penyebabnya

Smartphone Kamu Panas? Mungkin Ini Penyebabnya

WIB
Mau tahu apa saja komponen yang menjadi penyebab panas pada smartphone? Cek daftarnya di sini.

Ponsel jadul hampir tidak memiliki panas berlebihan. Tanpa sistem operasi dan hanya berbekal hardware "seadanya", ponsel jadul seperti Nokia 3310 misalnya, tidak bisa menjalankan pekerjaan berat. Namun di era smartphone seperti saat ini, masalah panas rasanya menjadi hal yang lumrah namun cukup mengganggu. Mau tahu apa saja komponen yang menjadi penyebab panas pada smartphone?

BACA JUGA
  • HP Android Terpanas 2015 yang Bisa Bikin Kamu Keringetan
  • Smartphone Plastik vs Aluminium, Mana yang Lebih Tahan Panas?
  • Inilah 4 Hal Fatal Penyebab Laptop Panas dan Overheat

Penyebab Smartphone Panas

1. Chipset Prosesor

Hape Cepat Panas

Smartphone pasti memiliki chipset prosesor di dalamnya. Prinsipnya, perangkat apapun yang menggunakan prosesor pasti akan menghasilkan hawa panas. Hal ini adalah hal yang lumrah dan sudah menjadi karakteristik dari prosesor. Pasalnya, apapun kegiatan yang dilakukan menggunakan smartphone, semuanya mengandalkan prosesor.

Semakin tinggi kerja prosesor, semakin besar kemungkinannya menghasilkan panas berlebih. Jenis aplikasi yang bisa menimbulkan hawa panas pada prosesor yakni ketika menjalankan game dengan grafis kompleks dan menonton video dengan resolusi tinggi.

2. GPS

Hape Cepat Panas B

Modul GPS di dalam smartphone juga kerap menjadi penyumbang hawa panas. Pasalnya, GPS tersebut harus terus berinteraksi dengan satelit di langit tanpa terputus dan terus bertukar informasi agar dapat menunjukkan jalan secara update. Jadi, ketika kamu mengaktifkan aplikasi yang membutuhkan kerja GPS seperti Google Maps, Apple Maps, Waze, dan sejenisnya, smartphone akan terasa cepat panas. Hal ini wajar terjadi.

3. Baterai

Hape Cepat Panas C

Komponen ini sudah tidak perlu diragukan lagi fungsinya sebagai penyumbang panas di smartphone. Baterai berisi bahan-bahan kimia di dalamnya yang dapat bereaksi mengeluarkan panas dan bahkan bisa meledak. Jadi, kegiatan apapun yang dilakukan secara terus menerus alias non-stop akan menguras stamina baterai. Contohnya ketika kamu browsing atau streaming video online dalam durasi lebih dari setengah jam. Hal ini secara tak langsung juga membuat smartphone cepat panas.

4. Kamera

Hape Cepat Panas D

Kamera merupakan komponen yang cukup kompleks. Smartphone kelas atas biasanya memiliki kamera yang berkualitas yang memiliki prosesor tersendiri di dalam modul kameranya. Dengan begitu, kamera dapat menjalankan fungsinya dengan responsif serta memiliki banyak fitur. Ketika digunakan untuk memotret atau merekam video dalam waktu lama, kamera yang canggih justru akan lebih cepat panas dari kamera pada smartphone biasa.

Unnamed 13result Icon
Mi Launcher (MIUI) 1.1.3
Apps Productivity Nikao
DOWNLOAD

Artikel Menarik Lainnya:

APPS TERKAIT
Clean Master Icon
Clean Master (Boost & AppLock)
Apps Cheetah Mobile Inc
Cleaner Icon
The Cleaner - Boost & Clean 1.5.7.1
Apps Liquidum Limited
CCleaner_logo_2013
CCleaner for Android 1.18.69
Apps Piriform
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal