J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y12, Triple Camera Termurah?

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y12, Triple Camera Termurah?

Senin, 30 Mar 2020, 13:30 WIB
Lagi cari HP baterai besar, kamera kece, harga terjangkau? Cek dulu kelebihan dan kekurangan vivo Y12 punya harga di bawah 2 jutaan yang cocok buatmu!

Punya berbagai lini, brand smartphone asal Tiongkok vivo juga menyediakan lini HP murah berkualitas lewat vivo Y Series, geng.

Salah satu Y Series yang masih banyak dicari hingga saat ini adalah vivo Y12 yang kini dibanderol dengan harga di bawah Rp2 jutaan, namun dibekali dengan spesifikasi dan fitur mumpuni.

Misalnya saja baterai berkapasitas besar dan fitur AI Triple Camera yang bikin sektor fotografi jadi salah satu nilai jual utamanya.

Sebelum membeli smartphone kece yang satu ini, simak dulu ulasan kelebihan dan kekurangan vivo Y12 yang sudah Jaka rangkum lengkap di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y12, Baterai Besar dan AI Triple Camera!

Tepat pada September 2019 lalu, vivo Y12 resmi melenggang di pasar Tanah Air dan mengincar pengguna dengan segmen menengah ke bawah mengingat dari banderol harganya.

Dengan begitupun ada sejumlah keunggulan dan kelemahan vivo Y12 yang tentu harus kamu pertimbangkan, terlebih untuk sektor baterai dan kameranya nih! Penasaran?

Kelebihan vivo Y12

Mirip seperti Y Series lainnya, vivo Y12 mengedepan baterai berkapasitas besar yang tahan penggunaan selama seharian lebih. Lalu apa sajakah kelebihan vivo Y12 lainnya yang patut dipertimbangkan?

1. Layar Lega untuk Streaming Film

Kelebihan Vivo Y12 Layar 6947b

vivo bisa dibilang nggak pelit dalam menghadirkan HP Android dengan layar lebar, termasuk pada vivo Y12 yang punya layar dengan ukuran 6,35 inci ini, geng.

Layar vivo Y12 ini mengusung desain Ultra All Screen dengan sebuah waterdrop notch untuk menampung sebuah kamera selfie di bagian atas.

Bezel-nya pun terbilang sangat tipis, sehingga membuat HP vivo ini punya rasio bodi-ke-layar hingga 89%. Rasionya pun berkisar 19.3:9 yang nyaman untuk digunakan untuk streaming film atau drakor.

2. Desain Kece untuk Harga di Bawah 2 Jutaan

Kelebihan Vivo Y12 Desain F1ca1

Jika ponsel lain biasanya menggunakan material plastik tanpa sentuhan apapun, berbeda dengan vivo Y12 yang memberikan desain bodi belakang dengan aksen gradasi.

vivo Y12 membawa gradasi dalam dua pilihan warna, yakni Aqua Blue dan Burgundy Red yang terinspirasi dari pemandangan alam dan danau yang indah.

Desain bodi belakang ini juga memiliki "kesan" seperti kaca, walaupun sebenarnya merupakan material plastik yang tetap ringan dan nggak licin saat kamu gunakan.

3. AI Triple Camera dengan Lensa Ultrawide

Kelebihan Vivo Y12 Kamera F16d9

Nilai jual utama dari vivo Y12 adalah kehadiran fitur AI Triple Camera dengan tiga buah modul lensa, masing-masing 13MP Main Camera, 8MP Super Wide-Angle Camera, dan 2MP Depth Camera.

Sesuai dengan namanya, kamera belakang pada vivo Y12 ini nggak ketinggalan dilengkapi dengan algoritma artificial intelligence (AI) untuk optimalisasi hasil foto.

Fitur unggulan dari kamera belakang ini adalah lensa sekunder 8MP AI Super Wide-Angle Camera yang mampu menangkap pemandangan hingga 120 derajat.

Sehingga kamu bisa menangkap lebih banyak pemandangan, teman saat foto bareng, dan gambar lainnya yang nggak kalah mengesankan.

Sementara untuk kamera depan vivo Y12 kamu akan mendapati sebuah kamera selfie 8MP, geng.

4. Kapasitas Baterai Besar 5.000 mAh

Kelebihan Vivo Y12 Baterai 92271

Kemudian vivo Y12 juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, 5.000 mAh yang tahan untuk penggunaan selama seharian.

vivo sendiri mengklaim HP Android baterai besarnya ini dilengkapi dengan fitur hemat daya yang cerdas guna mengoptimalisasi daya tahan baterai yang lebih lama.

5. Sudah Mendukung Bluetooth 5.0

Kelebihan Vivo Y12 Bluetooth 603a6

Walau hadir untuk segmen menengah ke bawah, vivo ternyata nggak mau tinggal diam di tengah tren headphone Bluetooth atau True Wireless (TWS) yang kian meningkat.

vivo 12 ini dilengkapi dengan teknologi Bluetooth 5.0 yang bukan hanya lebih cepat dalam transfer data, namun punya jangkauan yang luas dan stabil untuk terkoneksi dengan perangkat audio wireless.

Buat kamu yang suka ngegame yang butuh akurasi, seperti PUBG atau COD Mobile pasti bakal nggak keganggu lagi sama delay pada headset Bluetooth, geng.

6. Dual SIM + MicroSD Terpisah

Kelebihan Vivo Y12 Sim Cc0ed

Buat kamu yang kebiasaan memakai dua kartu SIM sekaligus, kamu bakal dimanjakan dengan fitur dual SIM bertipe Nano SIM dengan slot terpisah dengan microSD.

Terlebih kamu tampaknya juga harus menambahkan memori eksternal, karena vivo Y12 punya memori internal tergolong cukup kecil di tahun 2020, yakni 32GB dan 64GB.

Sementara menurut Jaka sendiri untuk tahun ini minimal kamu memiliki kapasitas memori minimal 128GB untuk menampung aplikasi, game, hingga foto, dan video.

Kekurangan vivo Y12

Kalau kamu memang mengincar sektor performa, tampaknya beberapa kekurangan vivo Y12 ini mungkin bisa mengurungkan niat kamu membeli HP yang satu ini. Apa sajakah kekurangan itu?

1. Performa Chipset Kurang Bertenaga

Kekurangan Vivo Y12 Chipset D937f

Pada sektor dapur pacunya, vivo Y12 hanya dibekali dengan chipset Mediatek Helio P22 yang dikhususkan menyasar segmen HP low budget.

Dengan harga sekitaran Rp1 jutaan, masih ada beberapa HP Android lainnya yang sudah dibekali dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 600 Series, lho.

Walaupun begitu, vivo juga sadar akan kebutuhan gamer pada vivo Y12 dengan tetap menyertakan fitur Ultra Game Mode untuk meningkatkan performa saat bermain game.

2. Belum Didukung dengan Fast Charging

Kekurangan Vivo Y12 Charger 6efcc

Nggak seperti HP vivo lainnya, fitur Dual-Engine Fast Charging 18W tampaknya absen pada vivo Y12 ini, geng. Dengan begini tentu kamu nggak bisa mengandalkan kecepatan pengisian daya padanya.

Menurut Jaka sendiri, untuk mengisi daya baterai pada vivo Y12 ini akan membutuhkan waktu agak sedikit lebih lama, berkisar 2-2,5 jam sampai keadaan terisi penuh.

3. Perlindungan Layar Tidak Dijelaskan

Kekurangan Vivo Y12 Proteksi 732ef

Melihat spesifikasi vivo Y12, baik pada laman situs resminya maupun pada situs GSMArena, ponsel ini tampaknya belum dilengkapi dengan proteksi layar semacam Corning Gorilla Glass.

Ukuran layarnya yang bongsor ini tentu akan lebih berisiko pecah saat nggak sengaja terjatuh dari genggaman. Kemudian juga ada risiko tergores, baik itu saat kamu letakkan dalam kantung celana.

Untungnya, vivo Y12 telah menggunakan sebuah lembaran film tipis untuk melindungi layar. Untuk mencegah risiko retak saat terjatuh, kamu bisa menambahkan casing sebagai proteksi tambahan.

Spesifikasi dan Harga vivo Y12 di Indonesia

Spesifikasi Harga Vivo Y12 A3f81
Sumber foto: vivo.com (Harga vivo Y12 terjangkau dan punya desain yang stylish, sehingga masih banyak diincar orang hingga saat ini.)
Detail Spesifikasi vivo Y12
Dimensi 159.4 x 76.8 x 8.9 mm
Bobot 190.5 gram
Layar IPS LCD capacitive touchscreen

6.35 inci 720 x 1544 piksel (HD+)
Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12nm)

Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR GE8320
Sistem Operasi Android 9.0 Pie

Funtouch OS 9
RAM 3GB
Memori Internal 32/64GB

microSDXC (slot terpisah)
Kamera Belakang 13MP, f/2.2, PDAF (wide)

8MP, f/2.2, 16mm (ultrawide)

2MP, f/2.4 (depth)

LED flash, HDR, panorama
Kamera Depan 8MP, f/2.0
Baterai 5.000 mAh
Jaringan GSM/HSPA/LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Fitur microUSB 2.0, fingerprint (rear-mounted)
Warna Aqua Blue, Burgundy Red
Tanggal Rilis September 2019 (Indonesia)

Pada saat perdana rilis di Indonesia, harga vivo Y12 dibanderol mulai Rp2.199.000,- dengan membawa dua pilihan warna, yakni Aqua Blue dan Burgundy Red.

Sementara untuk tahun 2020, harga vivo Y12 bisa kamu temukan pada berbagai toko online maupun ritel dengan kisaran sebagai berikut, geng.

  • vivo Y12 (3/32GB) - Rp1.749.000,-
  • vivo Y12 (3/64GB) - Rp1.899.000,-

DISCLAIMER:

Harga vivo Y12 Indonesia di atas merupakan harga baru per Maret 2020. Untuk harga lebih akurat, lebih baik cek di platform e-commerce terlebih dulu.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan vivo Y12 yang masih banyak dicari di tahun 2020 ini.

Dengan banderol harga vivo Y12 saat ini, apakah HP Android di bawah Rp2 jutaan ini masih worth it untuk kamu miliki, geng? Yuk tulis pendapatmu pada kolom komentar di bawah!

Baca juga artikel seputar vivo atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Daftar Harga Hp Vivo Terbaru Mei 2020 Banner 0dbd5

Daftar Harga HP vivo Terbaru Mei 2020, Harga vivo Y Series Mulai 1 Jutaan!

Hp Vivo Harga 1 Jutaan F3902

7 HP vivo Harga 1 Jutaan Terbaik 2020, Murah Tapi Gak Murahan!

Kelebihan Dan Kekurangan Vivo Y19 Banner 03f53

7 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y19, Punya Baterai Segede Gaban!

Kelebihan Dan Kekurangan Vivo V19 Banner 17bb9

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo V19, Jawaranya Foto Malam Hari?

Kelebihan Dan Kekurangan Vivo S1 Pro Banner 283af

8 Kelebihan dan Kekurangan vivo S1 Pro, HP Quad Camera vivo Termurah?

Vivo Z1pro 6gb Vs Oppo A9 2020 Afa90

vivo Z1 Pro 6GB Vs Oppo A9 2020: Mencari Jawara HP Harga 3 Juta-an

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal