• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

8 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y11, Baterai Besar Sejutaan!

8 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y11, Baterai Besar Sejutaan!

00
Selasa, 31 Mar 2020, 19:30 WIB
Hadir diam-diam, vivo Y11 akhirnya hadir resmi di Indonesia. Sebelum beli HP sejutaan ini, yuk simak kelebihan dan kekurangan vivo Y11 berikut, cek di sini!

Perdana melenggang secara global pada Oktober 2019 lalu, vivo Mobile Indonesia akhirnya memboyong HP kelas entry level, vivo Y11 ke pasar Indonesia.

Kesuksesan vivo Y12 sendiri Jaka nilai menjadi alasan vivo akhirnya merilis HP Android murah berkualitas ini ke Tanah Air, geng.

Digadang-gadang menjadi "adiknya" vivo Y12 dengan harga lebih terjangkau, tentu membuat vivo Y11 ini mengalami sejumlah pemangkasan fitur guna menekan harganya.

Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangan vivo Y11 ini? Sebelum tertarik untuk membelinya, simak dulu ulasan lengkapnya dari Jaka seperti di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y11, Cuma Unggul di Baterai Besar Doang?

Seperti kamu ketahui, vivo Y11 datang dari lini Y Series yang konsisten dalam menghadirkan HP Android dengan baterai besar dengan kapasitas rata-rata sekitar 5.000 mAh.

Sektor baterai besar inilah menjadi menjadi incaran utama dari sebagian besar kalangan pengguna HP yang membutuhkan daya hingga seharian pemakaian.

Lalu bagaimanakah kumpulan fitur yang ada pada HP vivo Y11 memenuhi kebutuhan ini?

Kelebihan vivo Y11

Biarpun terdapat pemangkasan fitur dibanding "kakaknya", namun tetap saja ada beberapa kelebihan vivo Y11 yang masih cukup mengakomodir kebutuhan pengguna kelas entry level. Apa sajakah itu?

1. Baterai Besar Kapasitas 5.000 mAh

Kelebihan Vivo Y11 Baterai 762b2

Pertama tentu datang dari sektor daya, di mana vivo Y11 datang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan daya tahan lama hingga seharian.

vivo Y11 juga diklaim sudah dilengkapi dengan teknologi manajemen daya cerdas milik vivo yang membuat daya tahan baterai lebih lama dibanding kompetitornya.

Sayangnya, vivo dalam situs resminya nggak menjelaskan berapa daya tahan baterai dalam berbagai pengujian, misal menonton video kualitas HD, bermain game, hingga waktu stand-by.

Terlebih vivo Y11 juga nggak datang dengan teknologi pengisian daya khas vivo, yakni Dual-Engine Fast Charging 18W. Di mana pada perangkat ini hanya mendapatkan adapter charger 10W saja, geng.

2. Layar Luas dengan Desain Elegan

Kelebihan Vivo Y11 Layar 4b8ba

Dari segi dimensi, vivo Y11 juga sama-sama datang dengan layar 6,35 inci yang sudah mengusung konsel Ultra All Screen dengan bezel berukuran tipis pada bagian sisinya.

HP vivo ini mengusung waterdrop notch untuk menampung sebuah kamera selfie di bagian depan. Layar panel IPS berukuran besar dan resolusi HD+ (720 x 1544 piksel) ini tentu cukup untuk streaming film.

Beralih ke desain bagian belakang juga terbilang elegen untuk HP harga Rp1 jutaan. Di sini kamu akan mendapatkan bodi bermaterial mirip kaca dengan gradasi vertikal.

Pilihan warnanya sendiri ada Mineral Blue dan Agate Red di mana tone warnanya agak lebih gelap apabila dibandingkan "kakaknya", vivo Y12, geng.

3. AI Dual Camera Mumpuni di Segmennya

Kelebihan Vivo Y11 Kamera 69024

Umumnya HP harga sejutaan, vivo Y11 juga masih mengandalkan dua buah lensa utama dengan AI Dual Camera dengan pengaturan kamera utama 13MP (f/2.2) dan kamera depth 2MP (f/2.4).

Kemudian ada juga kamera depan 8MP (f/1.8), di mana kalau dilihat dari bukaan (aperture) yang diberikan cukup besar yang jelas mampu menangkap lebih banyak cahaya.

Bukan hanya itu, kedua kamera ini juga telah dilengkapi ftur optimalisasi seperti AI Face Beauty dan Selfie Natural yang bikin foto wajah tampak lebih detail, jernih, dan menakjubkan.

4. Dilengkapi Fingerprint Sensor

Kelebihan Vivo Y11 Fingerprint Ba6ae

Untuk sektor keamanan, HP vivo Y11 ini nggak ketinggalan dalam menghadirkan sensor sidik jari (fingerprint sensor) dengan tipe fisik.

Sensor sidik jari yang diletakkan di bagian belakang ini punya kemampuan untuk membuka smartphone dengan cepat, mudah, dan lebih aman.

Namun dapat situs resminya juga, belum dijelaskan seberapa cepat vivo Y11 mampu membuka smartphone dari keadaan mati menggunakan fingerprint ini, geng.

5. Dual SIM + microSD Slot Terpisah

Kelebihan Vivo Y11 Sim A8ef1

Mengingat opsi memori internal pada vivo Y11 ini tergolong kecil, vivo akhirnya memberikan opsi untuk menambahkan microSD lewat slot yang terpisah dengan SIM.

Kamu pun tetap bisa menggunakan dua nomor telepon sekaligus lewat slot dual SIM dengan tipe Nano SIM yang bisa kamu gunakan bersamaan.

Lumayan banget kan, geng? Kamu masih bisa pakai 2 SIM Card tanpa mengorbankan Micro SD.

Kekurangan vivo Y11

Kalau memang berniat mencari HP dengan harga Rp1 jutaan, tentu kamu harus bersiap dengan kekurangan vivo Y11 dan tipe smartphone lainnya yang dijual pada range harga ini, geng.

1. Desain Monoton untuk Lini Y Series

Kekurangan Vivo Y11 Desain 7da75

Karena development-nya yang terbilang singkat dan nggak membutuhkan biaya besar, membuat desain hampir semua lini Y Series serupa, monoton, dan agak sulit dibedakan. Biarpun tetap elegan saat digunakan.

Misalnya saja seperti pada vivo Y11 ini yang Jaka katakan mirip seperti vivo Y12, di mana perbedaan hanya terlihat pada tone warnanya saja. vivo Y11 tampak lebih gelap dan vivo Y12 lebih terang.

Skema warna yang digunakan pun sama persis, di mana pada ketua tipe ini mengandalkan varian warna merah dan biru kehijauan sebagai pilihan yang diberikan pada pengguna.

2. Kapasitas RAM dan Memori Internal Kecil

Kekurangan Vivo Y11 Memori D9226

Lalu pada sektor performa, vivo Y11 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 439 yang jamak ditemui pada HP Android harga sejutaan. Sebut saja pada kompetitornya, Redmi 8 dan Redmi 8A.

Namun yang jadi kekurangan vivo Y11 terletak pada kapasitas RAM dan memori internal yang tergolong kecil untuk penggunaan di tahun 2020.

vivo Y11 hanya dibekali dengan RAM 2GB dan memori internal 32GB. Nah, RAM 2GB sendiri menurut Jaka bakal "ngos-ngosan" untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Kemudian memori internal 32GB tentu bakal terasa sempit untuk menampung data foto, video, hingga aplikasi yang terpasang.

Untunglah sektor ini masih terbantu dengan slot microSD untuk menambahkan memori eksternal, geng.

3. Minim Fitur Pendukung

Kekurangan Vivo Y11 Fitur Cb618

Dengan harga Rp1,7 jutaan atau tepatnya Rp1.699.000,- di pasar Tanah Air, tentu membuat vivo Y11 bakal menjadi kompetitor yang sebanding dengan brand lain, misal Redmi 8.

Kedua ponsel ini dibekali dengan chipset Snapdragon 439, kamera utama bertipe dual camera, dan baterai 5.000 mAh. Lalu apa perbedaannya?

Menurut Jaka sendiri, vivo Y11 ini lebih minim fitur, geng. Misalnya saja vivo Y11 belum dilengkapi dengan port USB Type-C, ditiadakannya fast charging, hingga minus proteksi layarnya.

Di mana ketiga fitur tersebut sudah ada di Redmi 8. Mungkin hal inilah yang mesti diantisipasi vivo di masa mendatang, terutama untuk pengguna yang aware akan masalah ini deh!

Spesifikasi dan Harga vivo Y11 Resmi di Indonesia

Spesifikasi Harga Vivo Y11 3746f
Sumber foto: vivo.com (Spek vivo Y11 banyak diperbincangkan, apakah worth it berbanding dengan harganya?)
Detail Spesifikasi vivo Y11
Dimensi 159.4 x 76.8 x 8.9 mm
Bobot 190.5 gram
Layar IPS LCD capacitive touchscreen
6.35 inci 720 x 1544 piksel (HD+)
Chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12nm)
Octa-core (4x1.95 GHz Cortex-A53 & 4x1.45 GHz Cortex A53)
GPU Adremo 505
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
Funtouch OS 9.1
RAM 2GB
Memori Internal 32GB
microSDXC (slot terpisah)
Kamera Belakang 13MP, f/2.2, PDAF
2MP, f/2.4 (depth)
LED flash, HDR, panorama
Kamera Depan 8MP, f/1.8
Baterai 5.000 mAh
Jaringan GSM/HSPA/LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Fitur microUSB 2.0, USB On-The-Go, fingerprint (rear-mounted)
Warna Mineral Blue, Agate Red
Tanggal Rilis Maret 2020 (Indonesia)

vivo Y11 secara resmi dirilis secara ekslusif di e-commerce Lazada untuk pasar Indonesia. HP vivo terbaru ini dijual dalam dua varian warna, yakni Mineral Blue dan Agate Red.

Sementara untuk varian RAM dan memori internalnya, hanya akan tersedia satu pilihan saja dengan detail harga vivo Y11 di Indonesia sebagai berikut.

  • vivo Y11 (2/32GB) - Rp1.699.000,- (ekslusif hanya di Lazada)

Untuk harga lebih terjangkau, vivo Y11 ini bisa kamu beli secara flash sale di Lazada dengan banderol Rp1.599.000,-, lho.

Selain itu vivo juga menggandeng Kredivo untuk memberikan diskon cicilan dan Indosat Ooredoo untuk mendapatkan gratis kuota hingga 21GB.

Akhir Kata

Itulah dia ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan vivo Y11 yang dirilis di Indonesia. Melihat harga dan spesifikasinya, akan vivo Y11 ini bakal sukses menarik minat pengguna, geng?

Yuk tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah dan bagikan artikel ini untuk terus mendapatkan update terbaru dari JalanTikus.com ya!

Baca juga artikel seputar vivo atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Daftar Harga Hp Vivo Terbaru Mei 2020 Banner 0dbd5

Daftar Harga HP vivo Terbaru Mei 2020, Harga vivo Y Series Mulai 1 Jutaan!

Hp Vivo Harga 1 Jutaan F3902

7 HP vivo Harga 1 Jutaan Terbaik 2020, Murah Tapi Gak Murahan!

Hp Vivo Untuk Gaming 373e0

7 Rekomendasi HP vivo Untuk Gaming | Main PUBG Lancar Jaya Tanpa Gangguan!

Kelebihan Dan Kekurangan Vivo Y19 Banner 03f53

7 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y19, Punya Baterai Segede Gaban!

Kelebihan Dan Kekurangan Vivo S1 Pro Banner 283af

8 Kelebihan dan Kekurangan vivo S1 Pro, HP Quad Camera vivo Termurah?

Kelebihan Dan Kekurangan Vivo V19 Banner 17bb9

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo V19, Jawaranya Foto Malam Hari?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal