J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

8 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 8A Pro, Apa Saja Perbedaannya dengan Redmi 8A?

8 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 8A Pro, Apa Saja Perbedaannya dengan Redmi 8A?

WIB
Xiaomi melakukan upgrade dengan merilis Redmi 8A Pro. Apa perbedaannya sama sebelumnya? Yuk, simak dulu kelebihan dan kekurangan Redmi 8A sebagai berikut.

Xiaomi Indonesia kembali melakukan upgrade pada lini Redmi 8 Series, yakni Redmi 8 dan Redmi 8A yang mulai dijual di Indonesia pada Desember 2019 lalu.

Kini kamu kehadiran Redmi 8A Pro yang menjadi upgrade perdana dari HP Xiaomi murah dengan label "A" untuk pasar Tanah Air.

Lalu apa saja perbedaan antara Redmi 8A Pro dan Redmi 8A yang sebelumnya dirilis? Yuk, simak dulu ulasan kelebihan dan kekurangan Redmi 8A Pro Indonesia selengkapnya di bawah ini, geng.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 8A Pro, Sekarang Sudah Dual Camera!

Redmi 8A Pro atau Redmi 8A Dual ini mendapatkan upgrade terutama pada sektor fotografinya, di mana perbedaan Redmi 8A dan Redmi 8A Pro ini terdapat pada jumlah modul kamera yang digunakan.

Jika sebelumnya Redmi 8A hanya dilengkapi sebuah kamera utama saja, kini kamu akan mendapatkan teknologi dual camera pada Redmi 8A Pro yang punya fungsi lebih lengkap.

Makanya biar kamu nggak penasaran beli yang mana, berikut Jaka ulas kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi Redmi 8A Pro buat jadi bahan pertimbangan.

Kelebihan Redmi 8A Pro

Nggak cuma dari sektor kameranya saja, ada juga beberapa kelebihan HP Redmi 8A Pro yang tetap dipertahankan dari dua seri pendahulunya. Apa sajakah itu?

1. Dual Camera dengan Fitur Lebih Lengkap

Kelebihan Redmi 8a Pro Kamera 6a62b

Seperti nama lainnya, Redmi 8A Dual membuat HP Xiaomi terbaru ini sudah dilengkapi dengan dual camera mirip seperti "kakaknya", Redmi 8.

Spesifikasi dual camera pada Redmi 8A Pro ini adalah kamera utama 13MP (f/2.2) dan kamera depth 2MP (f/2.4) yang sudah dilengkapi fitur seperti AI Scene Detection dan Mode AI.

Berbekal fitur AI Scene Detection, membuat HP kamera ganda ini mampu mengenali 27 skenario berbeda dan melakukan optimalisasi foto secara otomatis.

Tambahan lensa 2MP depth sensor juga semakin mempermudah kamu untuk mendapatkan foto bokeh yang lebih mumpuni. Apalagi ada juga tambahan LED flash untuk membantu foto di kondisi low light.

Sementara untuk selfie, Redmi 8A Pro masih sama dengan kedua pendahulunya dengan kamera depan 8MP (f/2.0), geng.

2. Desain Bodi Belakang Lebih Solid

Kelebihan Redmi 8a Pro Desain 3fdea

Dibanding Redmi 8 dan Redmi 8A yang punya kesan modis, Xiaomi membekali Redmi 8A Pro ini dengan desain yang lebih kokoh jika melihat bodi belakang dan pilihan warna yang digunakan.

Punya layout sama seperti Redmi 8A, HP ini memiliki desain bodi belakang dengan pola X-line yang nggak meninggalkan sidik jari dan lebih enak digenggam karena nggak licin.

Xiaomi pun juga mengklaim bekerja sama dengan P2i untuk menambahkan teknologi nano coating yang membuat Redmi 8A Pro ini tahan dari percikan air.

Sementara untuk pilihan warnanya, Redmi 8A Pro punya tiga versi yakni Sky White, Sea Blue, dan Midnight Grey yang punya kesan lebih tegas.

3. Layar IPS dengan Proteksi Gorilla Glass 5

Kelebihan Redmi 8a Pro Layar 7816f

Redmi 8A Pro ini dibekali dengan layar 6.22 inci yang sudah menggunakan panel IPS, sehingga bakal lebih jernih untuk menikmati berbagai konten di dalamnya.

Layar ini juga mengadopsi desain waterdrop notch dan punya resolusi HD+ (720 x 1520 piksel) yang sudah lebih dari cukup untuk HP Android harga Rp1 jutaan.

Bahkan untuk proteksinya, kamu sudah akan mendapatkan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 yang membuat layar minim pecah saat jatuh dengan tidak disengaja.

4. Baterai Besar 5.000 mAh Support QuickCharge 3.0

Kelebihan Redmi 8a Pro Baterai 0fab7

Untuk sektor daya, ketiga perangkat ini punya kapasitas dan teknologi yang serupa, geng. Redmi 8A Pro dibekali dengan baterai berkapasitas tinggi, 5.000 mAh.

HP Android baterai besar ini juga sudah bisa mendukung fast charging 18W dengan teknologi Qualcomm QuickCharge 3.0 (QC 3.0) untuk pengisian daya cepat lewat port USB Type-C.

Xiaomi sendiri mengklaim Redmi 8A Pro sanggup bertahan hingga 2 hari untuk menonton film atau bermain game lebih lama. Tapi tergantung tipe pemakaianmu juga ya!

5. Performa Mumpuni dengan RAM dan ROM Lebih Besar

Kelebihan Redmi 8a Pro Chipset A4741

Masih sama seperti sebelumnya juga, Redmi 8A Pro ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 439 dengan delapan inti (octa-core) yang punya kecepatan hingga 2.0 GHz.

Nggak cuma kencang di kelasnya, chipset ini juga lebih hemat baterai dengan konstruksi big.LITTLE dan fabrikasi 12nm, geng. Sehingga cukup untuk bermain game-game grafis HD deh!

Perbedaan Redmi 8A Pro dan Redmi 8A biasa terletak pada opsi RAM dan memori internal yang kini sedikit lebih lega.

Di sini kamu akan mendapatkan pilihan RAM dan memori internal 2GB+32GB dan 3GB+32GB yang bisa diekspansi dengan slot microSD hingga 512GB, lho.

6. Fitur Radio FM Nirkabel

Kelebihan Redmi 8a Pro Radio F68b6

Walau mungkin sudah jarang digunakan, tapi pasti kamu pernah ribet harus mencolokkan headset saat menggunakan fitur Radio FM di HP Android, kan?

Nah, pada Redmi 8 Series ini kamu nggak perlu repot seperti itu. Soalnya sudah ada built-in antenna yang memungkinkan penggunaan fitur Radio FM nirkabel. Menarik nih!

Kekurangan Redmi 8A Pro

Walau dilengkapi dengan fitur gahar, sayangnya Xiaomi belum memberikan fitur pendukung untuk memenuhinya, geng. Mungkin itulah yang jadi salah satu kekurangan HP Redmi 8A Pro ini, geng.

1. Belum Dilengkapi Fingerprint Sensor

Kekurangan Redmi 8a Pro Fingerprint 73b2e

Sayangnya Redmi 8A Pro nggak membawa upgrade dengan menghadirkan sensor sidik jari (fingerprint sensor) pada perangkat terbarunya ini.

Sama seperti Redmi 8A, kamu tetap akan mendapatkan fitur AI Face Unlock alias pemindai wajah untuk membuka HP dari keadaan terkunci dengan aman, cepat, dan praktis.

Kamu pun juga masih mendapatkan fitur keamanan dasar, seperti PIN, password, dan pola, geng.

2. Adapter Charger Bawaan Hanya 5V/2A

Kekurangan Redmi 8a Pro Charger 50a2c

Walau mendukung fast charging 18W, sayangnya Redmi 8A Pro nggak menghadirkan adapter charger yang mendukung dalam paket penjualannya.

Di sini kamu hanya akan mendapatkan adapter charger 5V/2A (10W) dengan kecepatan standar. Jaka sadar hal ini dijadikan salah satu langkah Xiaomi untuk menekan harga jual dari Redmi 8A Pro.

Sebagaimana kamu ketahui adapter charger QC 3.0 di pasaran dibanderol Rp100-300 ribuan. Cukup memakan kocekmu, kan?

Spesifikasi dan Harga Redmi 8A Pro yang Rilis di Indonesia

Spesifikasi Harga Redmi 8a Pro 3c7d3
Sumber foto: mi.com (Xiaomi Redmi 8A Pro spesifikasinya tidak berbeda jauh dibanding Redmi 8A, hanya berbeda di sektor kamera. Worth-it kah?)
Detail Spesifikasi Redmi 8A Pro
Dimensi 156.5 x 75.4 x 9.4 mm
Bobot 188 gram
Layar IPS LCD capacitive touchscreen
6.22 inci 720 x 1520 piksel (HD+)
Chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12nm)
Octa-core (4x1.95 GHz Cortex-A53 & 4x1.45 GHz Cortex A53)
GPU Adreno 505
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
MIUI 11
RAM 2/3GB
Memori Internal 32GB
microSDXC (slot terpisah)
Kamera Belakang 13MP, f/2.2, PDAF (wide)
2MP, f/2.4 (depth)
LED flash, HDR, panorama
Kamera Depan 8MP, f/2.0 (wide)
HDR
Baterai 5.000 mAh
Jaringan GSM/HSPA/LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Fitur USB Type-C, USB On-The-Go
Warna Sky White, Sea Blue, Midnight Grey
Tanggal Rilis April 2020 (Indonesia)

Untuk pasar Indonesia, Redmi 8A Pro akan dijual dalam tiga pilihan warna, yakni Sky White, Sea Blue, dan Midnight Grey.

Ada pun untuk versi RAM dan memori internal, serta harga Redmi 8A Pro di Indonesia selengkapnya seperti berikut.

  • Redmi 8A Pro (2/32GB) - Rp1.599.000,-
  • Redmi 8A Pro (3/32GB) - Rp1.699.000,-

Redmi 8A Pro sendiri mulai bisa didapatkan secara online mulai 7 April 2020 mendatang di beberapa e-commerce, seperti Lazada, Akulaku, Erafone, dan Mi.com.

Penjualan offline Redmi 8A Pro juga akan menyusul pada 14 April 2020 di toko resmi Mi Store dan Erafone di seluruh Indonesia.

Akhir Kata

Begitulah kelebihan dan kekurangan dari Redmi 8A Pro yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membelinya, geng.

Perbedaannya sendiri paling jelas terlihat dari sektor kamera utama yang kini lebih banyak fitur. Dengan selisih harga Rp200 ribuan, menurutmu lebih worth it yang mana antara Redmi 8A Pro dan Redmi 8A?

Yuk, tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah dan sampai jumpa pada artikel JalanTikus yang berikutnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel seputar Xiaomi atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Daftar Harga Hp Xiaomi Terbaru 2020 Banner A6ab3

Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru Mei 2020, Akhirnya Ada Seri Flagship Beneran!

Hp Gaming Xiaomi 2020 Banner F05c4

10 HP Gaming Xiaomi Terbaik 2020 yang Cocok untuk Game Berat

Tips Penting Sebelum Beli Hp Xiaomi Banner 96d4a

7 Tips Penting Sebelum Beli HP Xiaomi, Jangan Asal Beli!

Kelebihan Kekurangan Redmi Note 9 Pro Max 062a8

8 Kelebihan & Kekurangan Redmi Note 9 Pro Max, Rajanya HP Gaming Murah!

Kelebihan Dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro Eb0d1

8 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8 Pro | Si Manis Perusak Harga Pasar!

Kelebihan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Banner 89ac0

8 Kelebihan & Kekurangan Redmi Note 8 yang harus Kamu Tahu , Yakin Gak Ghoib?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal