J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Awas, 10 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Merusak Smartphone!

Awas, 10 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Merusak Smartphone!

Selasa, 8 Agt 2017, 16:00 WIB
Menyadari betapa pentingnya smartphone dalam kegiatan sehari-hari, maka kamu jangan lakukan kebiasaan yang membahayakan smartphone kamu..

Sejak ada smartphone, segalanya menjadi mudah. Ngobrol lintas benua bisa lewat aplikasi chatting, mau kirim surat nggak perlu pergi ke kantor pos, bahkan main game HD sekali pun sudah bisa dipenuhi oleh smartphone yang semakin canggih.

Menyadari pentingnya smartphone dalam kehidupan, kamu harus menjaga smartphone agar tetap awet. Makanya, jangan lakukan kebiasaan yang bisa merusak smartphone kamu ya!

BACA JUGA
  • 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gadget dan Cara Mencegahnya
  • Hentikan 5 Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Kuota Kamu JEBOL

Kebiasaan yang Bisa Merusak Smartphone

Selama ini mungkin kamu tahunya hanya menggunakan smartphone kamu saja. Saat baterai habis ya di-charge, saat nge-hang ya di-restart, dan hal-hal lainnya. Padahal jika salah, kebiasaan yang sering kamu lakukan justru bisa merusak smartphone lho.

1. Jangan Biarkan Baterai Terlalu Lama Kosong

Baterai smartphone berisi sel-sel baterai yang akan menampung arus listrik. Saat daya yang ditampungnya habis, sel-sel baterai akan mulai tidur. Jika semua sel kehabisan daya yang ditampungnya, maka akan membuat proses 'membangunkan' sel baterai semakin lama.

Kebiasaan Yang Merusak Smartphone 8

Bahkan bukan tidak mungkin sel baterai akan kehilangan kemampuannya dalam menyimpan arus listrik. Makanya jika dalam keadaan darurat, gunakan bantuan power bank; pokoknya segera isi baterai kamu begitu kosong. Minimal 20% lah.

2. Nge-charge Smartphone Pake Laptop

Dengan menghubungkan smartphone ke laptop kamu jadi bisa melakukan transfer data dengan mudah dan cepat tanpa menggunakan koneksi internet. Selain bertukar file, laptop kamu bisa digunakan untuk nge-charge smartphone.

Kebiasaan Yang Merusak Smartphone

Tapi tahukah kamu, bahwa nge-charge laptop itu bisa membahayakan smartphone? Bukan hanya smartphone, terlalu sering nge-charge smartphone menggunakan laptop juga bisa merusak laptop kamu.

11aaf1224ab4ec9333766be9acc7c852
BAHAYA!
Kalau kamu rutin nge-charge smartphone pakai laptop, kebiasaan itu harus segera dihilangkan loh. Berbahaya dan bikin perangkat kesayangan kamu cepat rusak. Apa aja sih bahaya nge-charge baterai smartphone pakai laptop? NIh, Jaka kasih tahu.
LIHAT ARTIKEL

3. Nge-charge dengan Charger Mobil

Kebiasaan Yang Merusak Smartphone 5

Dengan memanfaatkan arus listrik yang dihasilkan dari aki di mobil, kamu bisa menggunakan daya yang ada untuk mengisi ulang smartphone kamu dengan bantuan USB car charger. Tapi apa kamu yakin output yang dihasilkan dari port USB car charger kamu itu stabil? Jika tidak stabil, apalagi saat berkendara di jalan yang tidak mulus, dampaknya justru membuat arus yang masuk jadi merusak komponen smartphone kamu.

4. Pake Power Bank Abal-abal

Saat ini mulai banyak beredar power bank yang kualitasnya buruk. Selain kapasitas yang tertulis tidak sesuai aslinya, beberapa power bank bahkan memiliki output arus yang tidak cocok untuk digunakan pada smartphone. Dampak lanjutan dari nge-charge smartphone pake power bank abal-abal adalah membuat baterai smartphone kamu cepat aus.

Kebiasaan Yang Merusak Smartphone 3

Jika kamu memang butuh power bank untuk aktivitas mobile, belilah power bank yang memiliki kualitas terjamin, bukan hanya harga murah. Baca juga artikel Cara Cek Keaslian dan Kualitas Power Bank Harga Murah dan Tips Merawat Power Bank Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak.

5. Budaya Numpang Nge-charge

Kebiasaan Yang Merusak Smartphone 4

Entah karena lupa atau karena gak mau ribet di tasnya banyak kabel, ada saja orang yang pinjam kabel atau charger untuk numpang nge-charge. Padahal jika kamu terus-terusan menggunakan charger yang bukan bawaan akan membuat proses isi ulang smartphone kamu jadi lambat. Karena lambat, akan membuat baterai cepat rusak akibat overheat.

6. Charge Baterai Semalaman

Kebiasaan Yang Merusak Smartphone 6

Kebiasaan yang paling sering dan pernah dilakukan semua pengguna smartphone ini adalah sering nge-charge baterai semalaman. Dampaknya smartphone jadi over charging. Untuk smartphone yang charger-nya tidak dibekali sertifikat over charging protection, hal ini akan membuat baterai jadi cepat rusak. Sebagai solusi untuk kamu yang sering meninggalkan charge saat tidur, belilah adaptor yang dibekali timer.

7. Overheat Itu Masalah Serius!

Kebiasaan Yang Merusak Smartphone 2

Jangan hanya karena mau smartphone mahal dengan fitur menarik, kamu mengabaikan masalah overheat. Pasalnya kebanyakan smartphone itu diciptakan untuk bekerja di antara suhu -10 derajat Celsius hingga 35 derajat Celsius. Jika suhu smartphone kamu mencapai lebih dari batas suhu tersebut, bisa dipastikan komponen di dalamnya akan cepat rusak. Dan juga hindari menyimpan smartphone di dalam mobil yang terkena sinar matahari langsung.

8. Smartphone Juga Butuh Istirahat

Kebiasaan Yang Merusak Smartphone 9

Biarkan smartphone istirahat agar performanya tetap terjaga. Aktifkan fitur jadwal otomatis ON/OFF agar saat kamu istirahat, smartphone kamu juga ikut istirahat. Dengan begitu kamu juga jadi bisa tidur dengan tenang.

9. Bluetooth dan WiFi ON Terus

Saat tidak sedang terhubung dengan perangkat lain, selalu matikan Bluetooth dan WiFi di smartphone kamu. Pasalnya saat tidak sedang terhubung dengan suatu perangkat, WiFi dan Bluetooth kamu akan terus menerus aktif memindai, sehingga membuat baterai cepat habis dan merusak smartphone.

Kebiasaan Yang Merusak Smartphone 7

Selain membuat baterai cepat habis, saat Bluetooth dan WiFi ON tapi tidak terhubung itu sangat beresiko terhadap serangan hacker. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itu sebaiknya matikan Bluetooth dan WiFi jika tidak digunakan. Atau aktifkan Smart WiFi yang akan membuat smartphone kamu otomatis terhubung dengan WiFi yang kamu percaya.

10. Menyimpan Smartphone di Saku Celana Ketat

Ukuran layar smartphone yang tidak terlalu besar, maksimal 5,5 inci masih bisa masuk ke saku celana. Tapi jangan keseringan menyimpan smartphone di saku celana yang ketat karena kebiasaan ini bisa merusak smartphopne.

Kebiasaan Yang Merusak Smartphone 10

Selain beresiko layar jadi tergores, dikhawatirkan smartphone kamu jadi bengkok karena tertekuk. Jika bengkok, bisa-bisa menyebabkan baterai smartphone meledak dan menyebabkan luka bakar. Ngeri, kan?

Itu dia artikel tentang 10 kebiasaan yang bisa merusak smartphone kamu. Dengan menghindarinya, semoga smartphone kamu jadi awet ya. Meski kelihatannya sepele, tapi jika terus menerus kamu lakukan akan membahayakan smartphone kamu kan?

ARTIKEL TERKAIT
Tips Live Streaming Banyak Yang Nonton

8 Cara 'Hack' Live Streaming Agar Banyak yang Nonton!

Alasan Orang Indonesia Suka Gonta Ganti Nomor Hp

5 Alasan Kenapa Orang Indonesia Suka Gonta-ganti Nomor HP

Youtuber Terkaya Di Indonesia 27032

7 YouTuber Terkaya di Indonesia 2020, Posisi Atta Tergeser?

Game Moba Terbaik Banner2 A5d58

15 Game MOBA Terbaik 2020 di Android dan PC, Lebih Bagus dari ML dan Dota 2!

49f0d8ad 44c2 4720 Bc04 9578cfbef027 1210 680

8 Gadget Populer ini Berhasil Dikalahkan Oleh Smartphone

APPS TERKAIT
Xender Transfer Bagi File Icon
Xender: File Transfer, Sharing 3.1.0329
Apps Xender Team
20130902135423_772
AirDroid
Apps Sand Studio
Portal Wifi File Transfers Icon
Portal - WiFi File Transfers 1.1.1
Apps The Power
Airdroid Dekstop Pc Icon Icon
AirDroid Desktop 3.1.4.1
Apps Sand Studio
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Mitos Seputar Smartphone Ini Salah, Tapi Masih Banyak Dipercaya!

10 Mitos Seputar Smartphone Ini Salah, Tapi Masih Banyak Dipercaya!

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

Jangan Ngecas Smartphone dengan Laptop, Ini 3 Bahayanya!

Jangan Ngecas Smartphone dengan Laptop, Ini 3 Bahayanya!

Cara Paling Jitu Perpanjang Usia Baterai Smartphone

Cara Paling Jitu Perpanjang Usia Baterai Smartphone

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal