J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kamera Digital Vs Kamera Smartphone; Mana yang Lebih Baik?

Kamera Digital Vs Kamera Smartphone; Mana yang Lebih Baik?

Jumat, 14 Jul 2017, 13:00 WIB
Kamera Sistem Kompak (atau kamera tanpa cermin) cukup stabil, namun penjualan kamera compact turun, menurut data dari CIPA, yang oleh fotografer Sven Skafisk dimasukkan ke dalam grafik.

Salah satu efek samping dari kenaikan popularitas smartphone adalah penurunan penjualan kamera kompak/digital. Pada 2016 penjualan DSLR dan Kamera Sistem Kompak (atau kamera mirrorless) cukup stabil, namun penjualan kamera digital turun, menurut data dari CIPA.

Ini tidak berarti orang telah berhenti memotret dengan kamera konvensional. Lima kamera paling populer yang digunakan oleh anggota situs berbagi foto Flickr adalah versi dari iPhone Apple. Jadi kamera apa yang harus kamu beli? Apakah masih ada tempat untuk kamera konvensional?

BACA JUGA
  • Daftar Perangkat Apple yang Mendapatkan Update iOS 11, Catat Ya!
  • Android Sama dengan iOS, Ini 6 Buktinya!
  • Langsung Edit Hasil Screenshot Foto Gebetan? BISA dengan Fitur Terbaru iOS 11

Kamera Digital Vs Kamera Smartphone; Mana yang Lebih Baik?

1483a75c981cb03bdeb83ffb680410af

Mengapa memilih smartphone?

Kenyamanan

Ada beberapa kelebihan menggunakan smartphone dibanding kamera digital, dan yang pertama adalah kenyamanan.

"Anda tidak bisa mengalahkan kenyamanan ponsel, selalu bersama Anda, unit tampilan pemutaran yang hebat dengan sendirinya, dan selalu terhubung untuk berbagi foto Anda," ujar Ian Savage, manajer pelatihan dan pengembangan dari Akademi Jessops.

Kecuali Anda seorang fotografer profesional, sangat tidak mungkin Anda akan meninggalkan rumah dengan membawa kamera digital setiap hari, sementara smartphone mudah dibawa.

Berbagi foto

Mayoritas smartphone modern dapat dengan mudah terhubung ke internet, entah dengan paket data maupun WiFi. Setelah terhubung dengan internet, Anda dapat berbagi foto dari telepon Anda dalam hitungan detik, melalui pesan teks, dengan melampirkannya ke email, atau mempostingnya ke Facebook.

Sharing dari kamera digital sedikit lebih rumit, karena Anda harus membawa kabel USB atau kartu memori ke mana-mana plus Anda harus memiliki akses ke komputer.

Salah satu alternatifnya adalah memiliki kamera dengan fitur WiFi yang disebut Smart Camera, yang dibuat oleh produsen seperti Canon, Panasonic, dan Samsung dan memungkinkan Anda mengunggah foto ke situs penyimpanan foto atau media sosial dan terhubung ke aplikasi smartphone khusus.

Namun opsi berbagi ini tidak begitu lengkap seperti yang ditawarkan oleh smartphone, yang dapat mencakup solusi instan seperti SMS, Facebook/Messenger, Skype, dan solusi penyimpanan awan seperti WhatsApp, Dropbox, Google Drive, dan lainnya.

Pengeditan gambar

Ada ratusan bahkan ribuan aplikasi smartphone yang didedikasikan untuk fotografi, mereka membiarkan Anda mengubah eksposur dan menambahkan bingkai (Snapseed), menambahkan filter (Instagram), menghapus warna (Cloud Splash FX), dan bahkan membuat film gerak lambat (SloPro). Hal ini membuat ide kreatifitas Anda lebih mudah mengalir dan bereksperimen dengan foto Anda, di dalam smartphone sendiri

Untuk foto yang lebih serius, sebuah aplikasi tidak dapat menawarkan kontrol perangkat lunak pengedit foto khusus seperti Photoshop, namun dengan begitu banyak aplikasi yang tersedia, ada pilihan yang jauh lebih banyak daripada menggunakan fitur pengeditan bawaan yang terdapat di kamera digital.

Dfd8c1191c59576eb2acde13c7086972

Mengapa memilih kamera digital?

Kualitas gambar

Foto-foto smartphone bisa jadi menakjubkan, tapi mereka tidak selengkap dan sebaik kamera kompak. Ponsel kamera bagus untuk memotret subjek statis dengan cahaya yang bagus namun kamera khusus masih unggul dengan subjek yang bergerak atau pencahayaan yang sulit.

Sensor kamera digital yang lebih besar memastikan kualitas gambar lebih baik dalam segala jenis cahaya, masa pakai baterai biasanya lebih baik, lampu kilat lebih kuat dan lensa umumnya menawarkan zoom minimal 10x, tidak ada yang dapat bersaing dengan ponsel.

Kualitas gambar yang sangat baik terutama ditentukan oleh kualitas lensa dan ukuran sensor, kamera compact mampu menampung keduanya, sedangkan ponsel memiliki kemampuan terbatas karena desainnya yang ramping.

Ukuran aperture dan sensor sangat penting. Semakin lebar aperture, maka semakin banyak cahaya yang masuk dan sensor yang lebih besar berarti kamera harus tampil lebih baik dalam cahaya rendah. Smartphone kelas atas cenderung menawarkan ini, namun kameranya tetap tidak sebagus kamera digital.

Lensa yang bagus

Bagi kebanyakan fotografer, bisa mengendalikan zoom berarti sangat berharga untuk komposisi dan cara untuk menangkap subjek jarak jauh. Keuntungan utama kamera kompak adalah kemampuan lensa zoom optik sejati. Beberapa kamera mencapai faktor pembesaran yang mengejutkan yang sempurna untuk membawa yang tidak terjangkau lebih dekat tanpa perangkat tambahan digital.

Hampir semua kamera compact memiliki zoom optik minimal 3x, namun disebut superzoom bisa mencapai 30x. Hal ini menawarkan sejumlah besar kontrol kreatif pada fotografer.

Mayoritas ponsel kamera memiliki lensa fokus tetap. Untuk mendekati objek, kamu harus lakukan secara fisik atau memotong gambar secara digital yang berarti hanya memperbesar piksel sehingga tampilannya terlihat buram. Namun saat ini beberapa smartphone kelas atas sudah menyertakan optical zoom.

Kontrol manual

Mayoritas kamera smartphone pada dasarnya adalah model titik dan pemotretan. Anda dapat mengatur ISO dan white balance. Sebaliknya banyak kamera kompak membiarkan mode manual sebagai pengaturan default.

Baterai

Smartphone cenderung lebih cepat kehabisan daya daripada kamera digital. Terutama jika Anda menjelajah web dan bermain game dengan smartphone yang sama. Kamera kompak biasanya dapat mengambil antara 300 dan 500 foto dalam sekali charge.

Harga

Kamera digital telah mengalami penurunan harga secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Anda sekarang bisa mendapatkan kamera yang layak seperti Sony DSCW800, yang mencakup zoom optik 5x, lensa sudut lebar dan jarak fokus makro 5 cm hanya seharga sejutaan, jika Anda menginginkan zoom yang lebih besar, Sony DSCH300 memiliki zoom optik 35x, dengan Optical SteadyShot image stabilization dan biaya 2.5 jutaan.

Jika Anda adalah fotografer yang lebih serius yang ingin bereksperimen dengan mengembangkan kemampuan fotografi Anda, ada baiknya membeli kamera compact, terutama dengan kontrol manual dan lensa serbaguna.

Jika Anda adalah tipe orang yang hanya ingin mengambil foto dan membagikannya secara digital, smartphone lebih pantas untuk Anda. Tapi sangat penting untuk memilih kamera smartphone yang tepat. Smartphone murah cenderung memiliki komponen fotografi yang lebih murah untuk menghemat biaya, jadi gambarnya tidak akan sebagus apa yang Anda inginkan. Semuanya kembali pada Anda.

ARTIKEL TERKAIT
Daftar Perangkat Apple Yang Mendapatkan Update Ios 11 Catat Ya

Daftar Perangkat Apple yang Mendapatkan Update iOS 11, Catat Ya!

Persamaan Android Dan Ios Banner

Android Sama dengan iOS, Ini 6 Buktinya!

Screenshot Ios11

Langsung Edit Hasil Screenshot Foto Gebetan? BISA dengan Fitur Terbaru iOS 11

Game Fighting Android Terbaik Banner 91a7b

15 Game Fighting Android Terbaik Offline & Online di 2019, Rasakan Pertarungan Sesungguhnya!

Ios11

Apple Rilis iOS 11 Versi Beta 3 Hari Ini, Tapi..

APPS TERKAIT
IOS 7 Lockscreen Parallax HD Icon
iOS 7 Lockscreen Parallax HD 3.0.8
Apps Apper Shopper
Ios 9 Lockscreen Apk Icon
Lock Screen IOS 9 - iPhone 7 2.6
Apps AppPro IOS Studio
Ios 9 Logo Icon
iOS 9 & OS X El Capitan Wallpaper 1.0
Apps Apple
Ios 7 Live Wallpaper 3d Icon
iOS 7 Live Wallpaper 3D 1.3.3
Apps Dutadev
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Trik Kamera Smartphone Professional Ini Patut Kamu Coba

10 Trik Kamera Smartphone Professional Ini Patut Kamu Coba

Tips Memilih Kamera Digital, Kamera DSLR Atau Mirrorless?

Tips Memilih Kamera Digital, Kamera DSLR Atau Mirrorless?

Cara Mudah Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram

Cara Mudah Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram

Kenapa Kamera Smartphone Lebih Menonjol dari Bodi Smartphone?

Kenapa Kamera Smartphone Lebih Menonjol dari Bodi Smartphone?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal