J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Jangan Salah Beli, Kenali Dulu Jenis-jenis Layar Smartphone Ini!

              Jangan Salah Beli, Kenali Dulu Jenis-jenis Layar Smartphone Ini!

              00
              Mau beli smartphone baru? Coba pertimbangin masalah jenis layar smartphone yang digunakan deh biar ngga salah beli. Ini daftar jenis layarnya.

              Membeli sebuah smartphone memang harus melalui beberapa pertimbangan karena akan digunakan dalam jangka panjang. Prosesor, kapasitas RAM, kapasitas memori internal, dan kamera biasanya menjadi keputusan dalam membeli smartphone.

              Tapi, ada satu lagi komponen penting yang harus kamu perhatikan ketika membeli smartphone baru lho guys! Yaitu jenis layar yang digunakan pada sebuah smartphone. Kenapa begitu?

              BACA JUGA
              • 7 Tips Membeli Komputer Bekas dengan Kualitas Terbaik
              • Tips Membeli Kamera DSLR Bekas agar Tidak Mudah Tertipu

              Jenis-jenis Layar Smartphone

              Ternyata, jenis layar yang digunakan pada smartphone juga harus kamu pertimbangkan ketika membeli sebuah smartphone lho. Ini karena jenis layar yang digunakan itu berpengaruh terhadap interface yang ditunjukkan di layar smartphone.

              Bukan hanya itu saja, jenis layar juga berpengaruh terhadap ketahanan baterai juga lho. Lalu apa saja sih jenis-jenis layar smartphone yang sudah beredar saat ini? Langsung disimak aja ya guys!

              1. LCD (Liquid Crystal Display)

              Layar LCD menjadi layar yang populer digunakan di smartphone dalam beberapa tahun kebelakang ini. Kepopulerannya ini dikarenakan LCD masih tetap tampil apik walaupun digunakan di bawah sinar matahari langsung.

              Jenis Layar Smartphone

              Ini semua berkat elemen yang terdiri dari kristal cair untuk menghasilkan warna dan dibantu dengan cahaya backlight juga. Namun, sayangnya warna yang dikeluarkan oleh layar LCD kurang detail dan mempunyai viewing angle yang sempit. Belum lagi masalah konsumsi dayanya yang masih besar.

              2. TFT LCD (Thin Film Transistor LCD)

              Layar ini merupakan pengembangan dari jenis layar LCD yang populer digunakan di banyak perangkat. Selain peningkatan kualitas gambar dengan mendukung jutaan warna di tiap pikselnya dan memiliki resolusi yang tinggi, layar TFT ini juga mempunyai harga produksi yang tidak terlalu mahal.

              Jenis Layar Smartphone 1

              Walaupun mempunyai respon sentuhan yang baik, layar TFT LCD mempunyai beberapa kekurangan seperti boros baterai dan sudut pandang yang sempit ketika digunakan di bawah sinar matahari. Selain itu, kualitas gambarnya juga masih belum terlalu bagus.

              3. IPS LCD (In Place Switching)

              IPS LCD adalah layar pengembangan LCD termutakhir yang masih digunakan oleh banyak HP jaman sekarang. Walaupun biaya produksi lebih mahal dari TFT, namun layar IPS mempunyai sudut pandang lebih luas dari TFT dan mempunyai kualitas layar lebih baik.

              Jenis Layar Smartphone 2

              Konsumsi daya IPS juga jauh lebih sedikit ketimbang generasi sebelumnya. Makanya tidak mengherankan jika layar ini masih digunakan oleh vendor seperti Lenovo, Xiaomi, Samsung, Oppo, Asus, dan masih banyak yang liannya.

              Tips Membeli Anti Gores 4
              Tentukan Pilihanmu Guys!
              Untuk kamu yang ingin membeli anti gores untuk layar smartphone kamu, alangkah baiknya kamu membaca tips sebelum membeli anti gores untuk layar smartphone kamu. Agar kamu tidak salah memilih dan membeli anti gores yang berujung penyesalan uangmu terbuang sia-sia.
              LIHAT ARTIKEL

              4. OLED (Organic Light Emitting Diode)

              Layar berjenis OLED dikembangkan memang untuk mengungguli layar generasi sebelumnya, yaitu LCD. Karena mempunyai layar yang fleksibel dan tipis, membuat layar berjenis OLED lebih sering digunakan para vendor smartphone yang mengusung dimensi smartphone yang tipis.

              Jenis Layar Smartphone 3

              OLED sendiri diklaim mampu menghasilkan warna yang lebih pekat dan memiliki kecerahan yang sangat tinggi. Sayangnya, beberapa kelebihan dari layar OLED ini harus dibayar dengan biaya produksi yang enggak murah guys.

              5. AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode)

              Samsung sebagai salah satu perusahaan teknologi besar dunia berinovasi dengan menggabungkan teknologi OLED dengan TFT dan menghasilkan layar AMOLED. Layar ini dinilai lebih efisien dari segi dimensi dan juga konsumsi dayanya.

              Jenis Layar Smartphone 4

              Warna yang dihasilkan oleh layar AMOLED juga sangat tajam dan sangat baik digunakan di bawah sinar matahari langsung. Tapi, layar berjenis AMOLED ini hanya dapat kita lihat di smartphone-smartphone flagship karena biaya produksinya yang tergolong mahal.

              6. Retina Display

              Sebenarnya Retina Display adalah istilah yang digunakan oleh Apple Inc. untuk jenis layar IPS yang sangat tajam dengan densites piksel yang sangat tinggi. Saking tingginya, mata kita pun tidak dapat mendeteksi piksel terpisah pada jarak pandang normal lho!

              Jenis Layar Smartphone 6

              Layar Retina Display sendiri memang memiliki kualitas gambar yang sangat tajam dan jernih dengan warna yang natural. Namun, ini harus terbayarkan dengan konsumsi daya yang lebih tinggi. Selain itu, layar berjenis Retina Display juga hanya bisa kamu temukan di produk Apple saja.

              7. Super AMOLED

              Sebenarnya layar hasil pengembangan termutakhir dari layar OLED ini memiliki kekurangan yang sangat fatal, yaitu jika rusak, kamu harus menggantinya sepaket antara layar dan touchscreen sekaligus. Ini semua karena layar ini memiliki sensor sentuh yang berada pada layar itu.

              Jenis Layar Smartphone 5

              Tapi, dengan begitu menghasilkan jenis layar yang sangat tipis yang mampu ditanam pada smartphone dengan dimensi yang tipis pula. Selain itu, sebenarnya layar ini tidak jauh berbeda dari layar AMOLED biasa, yaitu warna yang tajam dan konsumsi daya yang sangat sedikit.

              Akhir Kata

              Itulah beberapa jenis layar smartphone yang telah beredar di smartphone-smartphone di seluruh dunia. Jadi, kamu pilih layar yang mana guys? Yang pasti usahakan mencari layar dengan mempunyai kepadatan piksel di atas 300 ppi dan sudah mempunyai pelindung layar seperti Dragontail, Gorilla Glass, dan yang lainnya.

              APPS TERKAIT
              Jalantikus Icon
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Facebook Icon
              Facebook for Android
              Apps Facebook, Inc.
              Framaroot Icon
              Framaroot 1.9.3
              Apps alephzain
              Babe Baca Berita Indonesia Icon
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal