J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

AWAS! Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Mau Laptopmu Rusak

AWAS! Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Mau Laptopmu Rusak

Kamis, 1 Jun 2017, 19:30 WIB
Bagainama sih menjaga laptop supaya nggak cepat rusak? Nih, Jaka kasih tahu hal yang harus dihindari agar laptop kamu tetap awet.

Sekarang laptop sudah menjadi barang yang mudah ditemukan di sekitar kita. Tidak seperti zaman dulu, hanya sebagian orang yang beruntung memiliki barang mewah ini di rumahnya. Meski kini sudah banyak dimiliki, masih banyak pengguna yang tidak perhatian pada laptop mereka sehingga laptop rentan sekali rusak.

Padahal, laptop barang yang mudah rusak jika tidak dirawat dan biaya memperbaikinya sangat menguras kantong. Yang perlu diperhatikan dari laptop adalah kebersihan, cara peletakan, cara pemakaian, dan sebagainya. Maka dari itu, berikut ini Jaka berikan tips untuk menjaga laptop agar tidak cepat rusak.

BACA JUGA
  • Cara Ampuh Perbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector
  • 5 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak & Tidak Terbaca, Mudah Tanpa Ribet!
  • Modal 500 Ribu, Laptop Biasa Kamu Bisa Jadi Laptop Gaming! Mau?

AWAS! Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Mau Laptopmu Rusak

1. Jangan Taruh di Atas Kasur

Nah, tips pertama ini sering kali dilakukan oleh orang yang ingin nonton film sambil ingin tiduran. Sebenarnya hal ini akan membuat laptop cepat panas hingga kasus terparahnya adalah laptop mati karena overheat.

Penyebabnya bisa karena lubang udara di bawah laptop tertutup oleh sprei atau permukaan yang tidak rata lainnya. Letakkanlah laptop di atas permukaan yang keras seperti kayu, agar sirkulasi udara di dalam laptop tetap berjalan.

2. Jangan Membuka Layar Dari samping

Sebenarnya cara ini tidak terlalu membahayakan, namun jika dibuka dari samping, maka efek jangka panjang adalah engselnya akan patah pada satu bagian. Cara yang benarnya adalah tangan kita membuka tepat di tengah atau di atas kamera, jadi tumpuan pembukaannya tepat di kedua engselnya.

Jika kamu membuka dari sisi kanan atau kiri, maka tumpuan pembukaan lebih terbeban pada satu engsel, hingga mengakibatkan patahnya engsel tersebut di kemudian hari.

3. Jangan Biarkan Debu Menumpuk di Atas Keyboard

Kebersihan dari keyboard adalah hal yang wajib dijaga. Jika debu menumpuk di keyboard dan debu tersebut masuk ke bawah tuts keyboard, maka bisa menyebabkan tuts tidak berfungsi.

Jika belum fatal, tinggal dibersihkan dengan kuas, maka akan kembali berfungsi normal. Namun jika sudah parah, maka satu-satunya jalan adalah dengan menggantinya.

4. Jangan Menaruh Barang Berat di Atas Layar

Layar laptop ini rentan mengalami kerusakan. Jika terinjak sedikit saja, atau terhempas, kemungkinan layarnya akan rusak. Nah, maka dari itu, jangan menaruh barang yang berat di atas layar laptop, meski itu buku, karena bisa menyebabkan LCD retak. Ada baiknya laptoplah yang ditaruh di atas buku supaya lebih aman.

5. Jangan Digunakan Terlalu Lama

Laptop adalah mesin. Namun, mesin pun sebenarnya butuh istirahat. Maka dari itu, jika penggunaan lebih dari 3 jam, apalagi jika digunakan untuk bermain game, alangkah baiknya jika diistirahatkan dulu selang beberapa waktu, agar mesin tidak mengalami overheat yang menyebabkan panas berlebih dalam laptop.

Itulah 5 hal yang harus dihindari agar laptop kita tidak cepat rusak. Tentu saja masih banyak tips-tips yang lain yang akan Jaka bagikan nanti. Kamu punya tips lain untuk menjaga laptopmu? Silakan share di kolom komentar di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT

4 Laptop Gaming Merek Langka Berkualitas Setara Alienware!

Terungkap! Ini Dia Sosok Sebenarnya QUEEN di Kartu Remi

Kapasitas 20.100mAh, ASUS ZenPower Ultra Dibanderol 700 Ribuan

Beginilah Bentuk Sinyal WiFi yang Selama Ini Tidak Terlihat

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Recuva 4.2.8.0
Apps Piriform
Avira Free Antivirus 1.2.143.109
Apps Avira GmbH
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal