J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • FILM
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 HP Pertama dari Brand Legendaris di Dunia, Paling Canggih Pada Masanya!

              7 HP Pertama dari Brand Legendaris di Dunia, Paling Canggih Pada Masanya!

              00
              Kamis, 12 Des 2019, 11:00 WIB
              HP atau smartphone yang kamu genggam sekarang merupakan bukti evolusi teknologi selama puluhan tahun. Penasaran dengan HP pertama yang dirilis setiap brand HP legendaris?

              Di usia berapakah kamu memiliki handphone pertamamu? Handphone pertama kali dijual secara global pada tahun 1973 dengan perusahaan Motorola sebagai produsen pertamanya.

              Dulu, jumlah produsen HP bisa dihitung oleh jari karena HP merupakan barang yang mahal dan langka. Namun kini hampir semua orang di dunia dari segala kalangan memiliki handphone.

              HP yang awalnya cuma bisa digunakan untuk bertelepon dan berkirim SMS kini sudah semakin canggih pula. Kamu bisa main game, mendengarkan musik, hingga berselancar di internet.

              7 HP Pertama dari Brand Legendaris di Dunia

              HP canggih yang ada di tanganmu saat ini nggak akan tercipta tanpa adanya riset mendalam dan perkembangan teknologi.

              Smartphone yang kini menggunakan layar sentuh, kamera berkualitas tinggi, dan sistem operasi mutakhir merupakan evolusi dari HP berbobot berat, layar hitam putih, dan antena besar.

              Dalam artikel ini, Jaka mau membahas soal 7 HP pertama yang diciptakan oleh brand legendaris di dunia, terutama yang sempat populer di Indonesia. Check it out!

              1. Nokia

              1 Db275

              Nokia merupakan brand HP paling fenomenal di era '90-an hingga tahun 2000-an awal. Produsen asal Finlandia ini merajai pasar HP dunia hingga kejatuhannya pada tahun 2014.

              HP pertama buatan Nokia adalah Mobira Cityman 900 yang dirilis pada tahun 1987. Namun, HP pertama yang dijual secara massal dan menggunakan nama Nokia adalah Nokia 1011 yang dirilis pada tahun 1992.

              HP jadul ini memiliki antena yang bisa dipanjangkan untuk meningkatkan sinyal. Memori Nokia 1011 sangat kecil sehingga hanya bisa menyimpan 99 nomor telepon saja, geng.

              2. Apple

              2 39f57

              Apple memiliki banyak sekali produk. Pada tahun 2007, perusahaan Steve Jobs ini membuat terobosan dengan meluncurkan smartphone pertama mereka, iPhone.

              iPhone pertama Apple seringkali disebut iPhone 2G atau iPhone 1. HP ini juga cukup revolusioner di mana pengoperasiannya menggunakan Touchscreen di saat HP lain masih pake stylus atau tombol biasa.

              Nggak disangka, iPhone yang dulu sempat diremehkan malah kini menjadi salah satu brand smartphone dengan nilai tertinggi di dunia.

              3. Blackberry

              3 4a35b

              Blackberry merupakan produk HP asal Kanada yang populer dengan tombol fisik QWERTY-nya. HP ini dipopulerkan oleh mantan presiden AS, Barrack Obama dalam kampanye kepresidenan tahun 2008.

              Blackberry 850 adalah device pertama mereka yang diperkenalkan pada tahun 1999. Namun, device ini hanya bisa dipakai untuk mengirim email dan browsing saja.

              Device pertama Blackberry yang layak disebut sebagai HP adalah Blackberry 5810. Device ini sudah bisa digunakan untuk bertelepon meskipun harus menggunakan headset.

              4. Samsung

              4 990af

              Samsung saat ini adalah raja yang menguasai seluruh pasar smartphone di dunia disusul oleh Huawei, Oppo, dan Apple.

              Kecanggihan HP Samsung yang kita kenal sekarang diawali oleh HP pertama mereka, SH-100 yang rilis pertama kali tahun 1988.

              SH-100 merupakan HP pertama yang didesain dan dibuat oleh Korea. Sayangnya, HP Samsung zaman itu hanya dapat terjual sekitar seribu hingga dua ribu unit saja karena kurang populer.

              5. Motorola

              5 88d63

              Motorola merupakan perusahaan pertama di dunia yang menciptakan dan menjual telepon genggam. HP pertama Motorola berjuluk Motorola DynaTAC 8000X.

              Dirilis pada tahun 1983, tentunya HP menjadi teknologi paling canggih saat itu. HP ini menawarkan 30 menit talktime, standby 6 jam, dan dapat menyimpan hingga 30 nomor telepon.

              Oleh karena itu, wajar saja kalau HP ini dijual dengan harga 2639 Pound sterling atau jika dicocokkan dengan kurs saat ini menjadi sekitar Rp56 juta. Gokil!

              6. Sony Ericsson

              6 D072e

              Ericsson merupakan perusahaan handphone asal Swedia yang telah memproduksi HP semenjak tahun 1980-an. Pada tahun 2001, Ericsson merger dengan Sony karena bisnis HP mereka terus menurun.

              Upaya tersebut ternyata berhasil, geng. Menggabungkan teknologi Ericsson dan inovasi Sony, Sony Ericsson menciptakan seri P800 yang sukses besar.

              HP ini memiliki fungsi seperti PDA hanya saja lebih canggih. Layar sentuh berwarna, dukungan memori eksternal, dan kamera belakang bikin HP ini dapat kembali bersaing dengan raja pasar saat itu, Nokia dan Motorola.

              7. Xiaomi

              7 Bf3e5

              Meskipun OPPO dan Huawei kini merajai HP China, namun kita tetap nggak boleh melupakan jasa Xiaomi. Xiaomi merusakan produsen HP canggih dengan harga murah meriah.

              Sejalan dengan mottonya "Innovation for Everyone", Xiaomi merilis HP canggihnya, Xiaomi Mi 1, dengan harga yang cukup terjangkau pada tahun 2011.

              Berbekal Snapdragon S3 dan pengolah grafis Adreno 220, Xiaomi Mi 1 dilepas dengan harga sekitar Rp2,3 juta saja. Nggak heran kalau HP ini dipesan sebanyak 300 ribu unit dalam waktu 34 jam saja.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai 7 HP pertama dari brand smartphone legendaris di dunia. Ada brand yang makin sukses, namun ada juga brand yang malah bangkrut.

              Sampai jumpa lagi di artikel Jaka selanjutnya ya, geng!

              Baca juga artikel seputar Handphone atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Tags Terkait:

              Tunggu sebentar...

              Keluar dari JalanTikus

              Popup External Background JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal