HP Cepat Panas? Jangan Panik, Ini Batas Aman Suhu Baterai pada Smartphone

Default

Cukup banyak pengguna smartphone yang mengandalkan "jasa" powerbank untuk mengisi baterai, terutama dalam kondisi terdesak. Tujuannya tak lain agar tetap bisa terhubung dengan media sosial dan bisa selalu memantau game yang dimainkan, seperti Clash of Clans misalnya.

Batas Aman Suhu Android

Sebagian pengguna smartphone khawatir jika smartphone terus terhubung dengan powerbank sekaligus digunakan untuk menjalankan game bisa membuat perangkatnya kepanasan dan meledak. Untuk mengurangi risiko tersebut, kamu bisa melakukan cara ini.

Batas Aman Suhu Android2

Install aplikasi CPU-Z. Setelahnya, jalankan aplikasi tersebut dan pilih tab battery. Dari sini kamu bisa memantau temperatur baterai Android kamu secara realtime karena terus diperbarui setiap detik.

Batas Aman Suhu Android3

Ketika temperatur baterai Android-mu sudah melewati angkat 80 derajat celcius, kamu harus segera mengurangi beban kerja perangkat. Biasanya, dalam keadaan standby, temperatur baterai ada di kisaran 20 hingga 35 derajat. Saat browsing, dicas, atau mencari sinyal, temperatur akan naik hingga 60 derajat. Sementara saat bermain game berat minimal selama 30 menit, temperatur bisa meningkat hingga 70 derajat.

Hal tersebut sebenarnya masih tergolong normal. Jadi, kesimpulannya, kamu sudah boleh khawatir ketika temperatur baterai sudah ada di atas suhu 70 derajat celcius.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal