J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Nggak Cuma Software, 7 Hardware PC Ini Butuh Perawatan Ekstra Juga

              Nggak Cuma Software, 7 Hardware PC Ini Butuh Perawatan Ekstra Juga

              00
              Sabtu, 22 Jul 2017, 18:30 WIB
              Nah, kali ini Jaka akan kasih tahu kamu daftar perawatan komputer yang harus kamu lakukan secara rutin. Simak selengkapnya yuk!

              Tahukah kamu kalau pemeliharaan perangkat keras komputer secara rutin bisa meningkatkan kinerja PC, walaupun PC yang kamu miliki sudah cukup tua. Banyak yang malas melakukan pemeliharaan perangkat keras atau hardrawe PC karena beranggapan prosesnya merepotkan. Padahal, hal ini ternyata sangat mudah untuk dilakukan.

              Lalu, perangkat apa saja yang perlu kamu perhatikan saat melakukan pemeliharaan? Nah, kali ini Jaka akan kasih tahu kamu daftar perawatan komputer yang harus kamu lakukan secara rutin. Di sini kamu bisa mengetahui alat dan aksesori apa yang kamu butuhkan untuk memulainya dan komponen apa yang harus kamu periksa dan bagaimana caranya. Simak selengkapnya yuk!

              BACA JUGA
              • Cara Menyembunyikan File, Foto dan Video di Android Tanpa Aplikasi Tambahan
              • Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Smartphone Android
              • Cara Mudah Menyembunyikan File di Android (Tanpa Aplikasi)

              Nggak Cuma Software, 7 Hardware PC Ini Butuh Perawatan Ekstra Juga

              1. Unit Power Supply

              4c1a737591476450d4d03306f8f9c2e3

              Berfungsi sebagai sumber daya untuk perangkat komputer kamu. Cara pemeliharaannya cukup dengan menggunakan kuas yang disapukan secara lembut di sekitar fan/kipas untuk membersihkannya dari debu dan kotoran. Sebaiknya kamu melakukannya secara rutin setiap 6-12 bulan sekali.

              2. Fan/Kipas

              69c6cf015301a728937b858b9a0a5f0a

              Berfungsi untuk mengontrol dan meredam suhu panas yang dihasilkan oleh CPU kamu. Fan ini biasanya menempel pada motherboard. Cara pemeliharaanya, cabut dan angkat fan yang akan dibersihkan, sapukan debu dan kotoran dengan kuas secara halus. Setelah itu, tiup dengan kompresor udara untuk membersihkan kotoran yang tersisa. Lakukan setiap 2-3 bulan sekali.

              3. Motherboard

              59029e18df08a1ead96ae143c37f2cfc

              Berfungsi sebagai pusat dari sirkuit komputer yang menghubungkan komponen-komponen utama. Cara pemeliharaannya dengan menggunakan kompresor udara yang ditiupkan dari arah dalam ke luar. Sebaiknya kamu rutin melakukan hal ini setiap 6-12 bulan sekali.

              4. Port/Colokan di CPU

              3a0c0b43c615503bb0e150aac71ec345

              Berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan seperti keyboard, mouse, speaker, dan lainnya. Cara pemeliharaannya, dengan menggunakan ujung kuas yang lembut, bersihkan lubang-lubang colokan dari debu dan kotoran. Lakukan ini setiap 3-4 bulan sekali.

              5. Monitor

              E714b96052d31752604fd2638dfd0124
              source : Amazon.co.in

              Display monitor biasanya terbuat dari kaca atau material dengan permukaan yang lembut. Cara pemeliharaannya, gunakan mikrofiber atau kain halus lainnya untuk membersihkan permukaan monitor dari arah atas ke bawah. Bila perlu, gunakan sedikit air untuk membersihkan kotoran yang menempel, namun hindari penggunaan bahan kimia yang mengandung alkohol. Lakukan hal ini secara rutin setiap minggu.

              6. Keyboard

              4a987e239112fc841a8bc05f31caca9d

              Berfungsi sebagai sarana untuk mengetik. Perangkat ini sangat mudah terkena kotoran dan debu. Cara pemeliharaanya, gunakan kain yang halus untuk membersihkan permukaan tombol dari atas ke bawah. Bisa juga menggunakan kompresor udara untuk meniup kotoran yang berada di antara tombol-tombol. Lakukan secara rutin setiap minggu.

              7. Mouse

              75d234fb00d3b6a6ba61e7313cad4d1e

              Memiliki fungsi yang hampir sama dengan keyboard, biasanya menggunakan laser. Gunakan kain yang bersih dan lembut untuk membersihkan permukaan mouse serta lampu sensor yang berada di bagian bawah. lakukan setiap 2-3 bulan sekali bila sudah mulai terkontaminasi kotoran yang mengganggu kinerja mouse.

              Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan secara rutin agar perangkat keras komputer kamu tetap dalam kondisi baik. Jadi jangan malas ya, guys, untuk mulai memperhatikan kebersihan perangkat komputer kamu!

              APPS TERKAIT
              Hidesmsncallrec Icon
              Hide SMS and Call Recorder 1.0.6
              Apps New Softwares.net
              Hidden File Scanner
              Hidden File Scanner 1.0.0.14
              Apps Peaklabs
              Hidden Camera Detector Icon
              Hidden camera detector 4.0
              Apps FutureApps
              Application Hider Icon
              Application Hider 2.2
              Apps King Kong Lock
              v>

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal