J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Hands On Huawei P30 Lite: Tampil Flagship dengan Harga Terjangkau

Hands On Huawei P30 Lite: Tampil Flagship dengan Harga Terjangkau

Jumat, 5 Apr 2019, 16:00 WIB
Seri Huawei P30 memiliki 3 jenis varian, salah satunya adalah Lite. Tampang premium dengan harga yang terjangkau, bagaimana impresi pertama Jaka terhadap smartphone satu ini?

Pertandingan HP flagship tahun ini semakin ketat, setelah Samsung, kini Huawei merilis smartphone terbarunya yaitu seri Huawei P30.

Pada peluncurannya tanggal 26 Maret 2019 lalu, Huawei hanya mempekenalkan 2 varian. Namun, diam-diam ada satu varian lagi yaitu Huawei P30 Lite.

Adik paling bontot dari keluarga Huawei P30 yaitu P30 Lite ternyata cukup mencuri perhatian. Walau tidak diumumkan berbarengan dengan pe30 Pro dan P30, tapi HP ini punya fitur yang tidak kalah canggih.

Kini, Jaka diberi kesempatan untuk mencoba Huawei P30 Lite untuk pertama kali, bagaimana impresinya? Yuk simak selengkapnya!

Huawei P30 Lite, Adik Paling Kecil yang Bawa Segudang Fitur Flagship

Sebelumnya Jaka sudah melakukan hands on Huawei P30 Pro, kali ini Jaka akan hands on Huawei P30 Lite berwarna Peacock Blue.

Lantas apa yang membuat HP ini berbeda dengan kakaknya?

Desain Premium & Warna yang Cantik

Hands On Huawei P30 Lite 11 4808f

Bicara tentang desain dan warna, Huawei P30 Lite memiliki desain ala smartphone flagship dengan pilihan warna gradasi yang manawan. HP ini memiliki berat 159 gram, dengan bentuk yang ramping.

Dilihat dari bagian belakang HP, warna Peacock Blue mengingatkan warna khas dari Huawei P20 Pro. Tentu mambuatnya jadi terasa premium walau bahan yang digunakan bukan kaca.

Konfigurasi triple camera yang digunakan oleh HP ini mirip dengan kakaknya dari segi penempatan. Kecuali di sini tidak ada tulisan Leica, melainkan 'triple camera'.

Kamu juga akan menemukan tulisan Huawei dan sedikit informasi tentang lokasi pembuatan HP.

Hands On Huawei P30 Lite 2 665ef

Di sisi depan, pada bagian layar terlihat jelas notch berbentuk huruf U. Tidak ada hal yang cukup spesial dengan tampilan dari depan. Hanya saja bezel yang ada pada HP ini, Jaka nilai cukup ramping.

Namun, saat kamu menyalakan HP-nya, baru terlihat kualitas layar beresolusi 1080 x 2312 pixels akan memanjakan mata kamu. Ketajaman layar IPS pada Huawei P30 Lite cukup membuat Jaka puas.

Perbandingan layar dengan bodi HP berada pada angka 84,2%, cukup keren untuk HP sekelasnya. Sayang, layar dengan notch seperti ini cukup mengganggu saat bermain game.

Hands On Huawei P30 Lite 3 Ca31d

Contohnya saja saat bermain PUBG dengan pengaturan full screen, tombol tembak di kiri layar sedikit tertutup oleh notch. Membuat permainan kamu jadi sedikit terganggu.

Untuk masalah nonton drama Korea atau Youtube, tak terlalu mengganggu, kok! Mata kamu akan terbiasa dengan notch seperti ini.

Di sisi kanan HP, terdapat tombol volume dan power. Sedangkan pada sisi kiri polos. Bagian atas HP ini terdapat slot untuk SIM card + microSD dan Mic.

Hands On Huawei P30 Lite 4 B59d3

Sedangkan pada bagian bawah, terdapat port USB-C untuk cas dan kebutuhan transfer data apapun dengan kabel. Lalu ada speaker (HP ini hanya menggunakan satu speaker) dan headphone jack 3.5mm (yey!).

Selebihnya, kamu bisa memandang HP ini seharian karena tampilannya yang memesona.

Performa Bandel untuk Main Game

Tentu kamu membutuhkan HP yang bandel dan bisa dipakai bermain game selain media sosial. Huawei P30 Lite menggunakan prosesor Kirin 710 dengan RAM 6GB dan kapasitas penyimpanan 128GB.

Cocok untuk main game dan melakukan aktivitas multimedia sehari-hari tanpa lag yang mengganggu. HP ini menggunakan OS Android 9 (Pie) dengan sistem antarmuka EMUI 9.

Untuk Baterai, Huawei P30 Lite hanya diberikan baterai 3340mAH. Jauh lebih kecil dari kakaknya, tapi setelah Jaka coba gunakan hasilnya cukup baik, geng.

Kamu dapat menggunakan HP ini seharian tanpa terganggu baterai habis, lalu melakukan pengisian daya secara cepat dengan fitur fast charging 18W.

Dari hasil uji Benchmark AnTuTu, Huawei P30 Lite mencetak angka total 116380. Angka ini cukup impresif untuk sebuah seri Lite pada HP flagship.

Jaka juga melakukan beberapa pengujian Benchmark yang dapat kamu lihat di sini:

Jaka sempat menggunakan HP ini untuk bermain game PUBG, setting yang direkomendasikan oleh game adalah Medium. Game ini Jaka mainkan tanpa kendala walaupun terkadang ada sedikit lag saat bermain.

Panas atau tidak saat main game?

Cukup hangat saat kamu bermain game seperti PUBG, Jaka mendapat angka 43 derajat Celcius pada suhu prosesor. Membuat bagian atas HP di sekitar notch menjadi lebih panas dibanding area lain.

Satu kali bermain game PUBG dengan durasi 15 hingga 30 menit, menghabiskan baterai kira-kira 20%. Jadi, kamu bisa main sebanyak kurang lebih 5 kali tanpa harus melakukan pengisian daya. Nice!

Triple Camera dengan Depth Sensor

Hands On Huawei P30 Lite 5 3377b

Beralih ke segmen kamera, seri Huawei P dikenal dengan teknologi kameranya. Seperti halnya Huawei P30 Pro, mengusung kamera dengan fitur optik Leica.

Namun, untuk versi Lite ini tidak didukung Leica, geng. Apakah hasil foto yang didapat jadi lebih buruk atau lebih baik?

Kualitas foto yang didapat dari HP ini memang tak sebaik Huawei P30 Pro, tapi tetap menghasilkan gambar yang mengesankan dengan ciri khas sendiri.

Konfigurasi triple camera yang digunakan mampu memberi hasil foto yang memuaskan. Kamu dapat menangkap gambar yang jernih dan detail dengan kamera utama beresolusi 24MP.

Kalau mau foto dengan efek blur juga bisa, karena ada kamera depth sensor 2MP. Pemisahan area blur pada hasil foto patut diacungi jempol.

Sedangkan, satu kamera lainnya digunakan untuk melakukan fotografi yang mencakup area luas, karena ada kamera ultrawide 8MP. Cocok deh buat kamu gunakan untuk foto alam.

Sayangnya, teknologi sensor RYYB dan kamera periscope zoom yang ada pada Huawei P30 Pro tidak tersedia di HP ini. Berikut adalah beberapa contoh foto yang Jaka ambil menggunakan Huawei P30 Lite:

Hasil Foto Ultra Wide - Wide - Zoom:

Hasil Foto Portrait:

Portrait Camera 1 Custom 49fea

Hasil Foto Selfie:

Spesifikasi dan Harga Huawei P30 Lite

Huawei P30 Lite dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan kakaknya, geng. Huawei hanya membuat satu varian Huawei P30 Lite dengan harga 370 Euro, atau setara dengan Rp6 juta.

Harga belum resmi diberikan untuk pasar Indonesia, mungkin akan sedikit lebih mahal saat resmi dijual. Kamu sudah bisa pre-order Huwei P30 Lite ini pada 12 April 2019.

Berikut adalah spesifikasi lengkap Huawei P30 Lite:

Detail Spesifikasi Huawei P30 Lite
Resolusi Layar IPS LCD, 1080 x 2312 pixels (~415 ppi)
OS Android 9 (pie), EMUI 9
Prosesor HUAWEI Kirin 710
GPU Mali-G51 MP4
RAM 6 GB RAM
Penyimapanan Internal 128 GB ROM
Kamera Belakang Triple camera: 24 MP (Wide Angle Lens, f/1.8 aperture,PDAF)

8 MP (Ultra Wide Angle Lens)

8 MP (Telephoto, f/2.4 aperture)

2 MP (f/2.4, depth sensor)
Kamera Depan 32 MP, f/2.0 aperture
Baterai 3340 mAh

Baca juga artikel seputar smartphone atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Review Huawei P30 Lite: Saat Kualitas Melebihi Harga!

Review Huawei P30 Lite: Saat Kualitas Melebihi Harga!

Review Huawei P30: Si Anak Tengah yang Cukup Bikin Kakaknya 'Gerah'

Review Huawei P30: Si Anak Tengah yang Cukup Bikin Kakaknya 'Gerah'

Hands-On Huawei P30: Pilihan Tepat untuk HP Flagship Versi Hemat?

Hands-On Huawei P30: Pilihan Tepat untuk HP Flagship Versi Hemat?

Resmi Rilis, Ini Fitur Huawei P30 Pro yang Tak Dimiliki HP Lain! Bisa 50x Zoom!

Resmi Rilis, Ini Fitur Huawei P30 Pro yang Tak Dimiliki HP Lain! Bisa 50x Zoom!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal