J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Pengen Beli Smartphone Baru? Hal-Hal Ini Harus Kamu Perhatikan

Selasa, 9 Mei 2017, 19:30 WIB
Begitu banyak pilihan smartphone yang tersedia, mungkin kamu jadi bingung fitur apa yang harus dimiliki oleh smartphone terbaru saat ini. Tenang, nih Jaka kasih tahu apa saja fitur yang wajib ada dan perlu diperhatikan sebelum kamu beli sma

Ada banyak sekali perangkat Android yang muncul tiap tahunnya. Menariknya, jika dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya seperti TV, tablet, laptop, jumlah Android masih lebih banyak. Produksi perangkat Android telah mencapai ribuan dan telah dijual di seluruh dunia. Semua produk tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang berbeda untuk dapat bersaing mendapatkan hati konsumen.

Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, mungkin kita bingung fitur apa yang harus dimiliki oleh smartphone terbaru saat ini, dan produk apa yang harus dibeli agar tidak salah pilih. Jika kamu berniat membeli smartphone baru di tahun 2017 ini, mungkin artikel ini akan membantu untuk memilih fitur-fitur apa saja yang dibutuhkan untuk ponsel baru saat ini. Termasuk fitur mana yang mulai usang dan fitur baru apa saja yang mungkin bisa kamu coba. Penasaran? Yuk, simak uraian berikut ini.

BACA JUGA
  • 10 Smartphone Android Terbaru Februari 2017
  • 6 Smartphone Android Terbaru Januari 2017
  • 10 Smartphone Android Terbaru Desember 2016

Pengen Beli Smartphone Baru? Hal-Hal Ini Harus Kamu Perhatikan

Fitur yang Harus Ada Pada Smartphone Terbaru

Mari kita mulai membahas fitur penting yang harus dimiliki pada smartphone terbaru. Pada akhirnya, keputusan hanya ada di tangan pembeli. Namun, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan salah satu elemen yang penting ini. Karena fitur ini yang secara inti menunjang kinerja smartphone menjadi lebih baik.

1. RAM 4 GB

Jaka rasa tidak berlebihan jika menyebut minimal kapasitas RAM yang harus dimiliki pada ponsel baru saat ini adalah 4 GB. Kenapa demikian? Meskipun beberapa ponsel unggulan yang ada saat ini masih menggunakan ukuran untuk RAM 3 GB, namun perlahan ukuran RAM di bawah 4 GB akan menjadi hal yang biasa dalam waktu 12 bulan ke depan.

Bahkan sudah ada berita terbaru jika ponsel unggulan terbaru yang akan dirilis akhir tahun ini akan menggunakan RAM 8 GB. Sebut saja ASUS ZenFone AR.

Baeec016b0c1acd78178d3882c9a15ca

Nah, jika kamu berencana untuk lebih lama menggunakan smartphone, misalnya selama dua tahun ke depan, setidaknya pertimbangkan smartphone yang memiliki RAM 4 GB. Hal tersebut juga mengantisipasi kebutuhan sistem operasi dan aplikasi yang tiap tahun selalu mengalami peningkatan jumlah konsumsi memori.

2. Processor Qualcomm Snapdragon 835

Saat ini smartphone yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 masih Sony Xperia XZ Premium dan Samsung Galaxy S8. Namun seiring berjalannya waktu, tentu semakin banyak pabrikan yang akan mengembangkan chip Qualcomm yang lebih modern.

Bagaimanapun, prosesor yang paling canggih saat ini dibuat menggunakan teknologi nanopartikel. Jika dibandingkan, berarti komponen yang ada di dalamnya dibuat hanya seukuran molekul air, kecil sekali.

Selain ukuran yang kecil dan dapat memberikan ruang lebih banyak untuk fitur tambahan, keuntungan lainnya yang didapatkan oleh pengguna adalah peningkatan masa pakai baterai akan lebih lama dan peningkatan kinerja ponsel juga mencapai 27 persen.

3. Resolusi 1.440 x 2.560

Setelah memikirkan komponen RAM dan prosesor, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa ponsel terbaru yang harus dimiliki minimal mempunyai resolusi 1.440 x 2.560.

E693230154f979626e49625df7a53862

Saat ini ponsel yang menggunakan resolusi tersebut telah tersedia untuk Samsung Galaxy S7, LG G5, Moto Z, dan HTC 10. Namun kabarnya, pada akhir tahun 2017, ponsel high-end akan sedikit atau bahkan tidak ada lagi yang menggunakan layar resolusi di bawah itu.

4. Headphone Jack

Mungkin kamu belum menyadari keputusan Apple yang tidak lagi menggunakan headphone jack untuk iPhone 7 mereka. Kita tahu, keberadaan headphone Jack ini digantikan dengan USB Type-C yang diklaim lebih mampu memberikan banyak kelebihan dibanding teknologi sebelumnya.

Kelebihan dari USB Type-C yaitu dapat meningkatkan kemampuan data transfer yang lebih baik, pengisian baterai lebih cepat, dan selain itu memiliki bentuk yang lebih fleksibel dan ramping dari sebelumnya. Selain itu, teknologi pengganti headphone jack ini juga dipastikan mampu memberi kualitas audio yang lebih baik dan konsisten.

Fa673f9bcf7b8ea1ae1acb326352c260

Disisi lain, USB Type-C mampu menampilkan gambar ke perangkat seperti TV hingga resolusi 4K. Mungkin tidak lama lagi akan banyak ponsel Android yang juga mengikuti jejak Apple untuk menghilangkan headphone jack.

Cf2b4f63aef578cc0525dd9453206a78
PENTING! Perhatikan Dulu Spesifikasi Minimal Smartphone Baru Pilihanmu
Dengan begitu kamu harus perhatikan terlebih dahulu spesifikasi minimal smartphone baru yang ingin kamu beli, semakin banyak pilihan untuk kamu..
LIHAT ARTIKEL

Fitur yang Harus Diperhatikan Pada Smartphone Terbaru

Fitur yang harus kita perhatikan selanjutnya adalah elemen pendukung untuk menunjang kinerja smartphone. Fitur-fitur ini juga sama pentingnya untuk diperhatikan dan menjadi acuan dalam memilih smartphone terbaru. Apa saja itu? Yuk, langsung saja simak pembahasannya.

1. Baterai 3.000 mAh++

Masa pakai baterai telah menjadi sebuah perbincangan tersendiri sejak perangkat smartphone muncul. Bukan karena kualitas baterai yang belum membaik, namun ada faktor lain yang juga turut berperan menghabiskan daya baterai. Contohnya saja adalah aplikasi yang bekerja di latar belakang, prosesor, dan kecerahan layar.

1359a1aeecf9c609192b195f2f53af4e

Belum lagi jika kita menggunakan smartphone sepanjang hari, maka baterai akan semakin cepat berkurang. Maka dari itu, solusi untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan memilih smartphone yang memiliki kapasitas baterai minimal 3.000 mAh, lebih besar tentu lebih baik.

Saat ini ponsel yang terkenal awet dalam penggunaan baterai adalah Samsung Galaxy S8 yang memiliki baterai 3.000 mAh, sementara untuk S8 Plus memiliki baterai 3.500 mAh, dan terakhir LG G6 memiliki baterai 3.300 mAh.

2. Corning Gorilla Glass

Corning Gorilla Glass 5 yang terbaru saat ini telah tersedia pada beberapa ponsel seperti Galaxy S8 dan Huawei P10. Namun sebagian besar ponsel lainnya masih setia dengan Gorilla Glass 4 atau 3. Meskipun Gorilla Glass 5 yang lebih terbaru, Gorilla Glass 4 tentu saja menawarkan ketahanan yang lebih baik dari seri sebelumnya. Begitu seterusnya jika dibandingkan dengan seri yang ada di bawahnya.

Tetapi jangan puas hanya dengan Gorilla Glass 3 dan 4, walaupun tetap memberikan ketahanan yang baik Gorilla Glass 5 masihlah menjadi pertaruhan yang terbaik jika kamu ingin memastikan layar ponsel tetap aman.

3. Fingerprint Sensor

Fingerprint Sensor atau sensor sidik jari menawarkan cara membuka kunci yang lebih aman dan cepat. Selain itu, sensor ini juga dapat dikombinasikan dengan beberapa aplikasi keamanan yang popular seperti aplikasi LastPass dan Robinhood.

724e8ef554a0046a795598811c07adbf

Hampir semua ponsel unggulan kini memiliki sensor sidik jari, ini artinya budget untuk membeli smartphone high-end akan semakin besar. Jadi tidak ada salahnya mempertimbangkan fitur ini ketika berencana membeli smartphone terbaru.

4. Sertifikat IP67 Atau IP68

Fitur ini lebih mengacu pada smartphone yang tahan air . Apabila ponsel memiliki rating IP67 ini artinya ponsel tersebut bisa berada di bawah air selama 30 menit pada kedalaman satu meter. Sedangkan untuk IP68 dapat bertahan hingga kedalaman 1,5 meter.

Memiliki smartphone yang tahan air tentu jadi kebanggaan tersendiri. Selain itu dengan siklus musim di Indonesia yang sering hujan, memiliki ponsel tahan air merupakan sebuah pilihan yang terbaik.

Fitur Lainnya yang Juga Harus Diperhatikan

Ada banyak fitur lainnya yang juga harus diperhatikan. Setidaknya pertimbangkan pilihan di bawah ini ketika ingin membeli ponsel baru.

  • Penyimpanan internal hingga mencapai 64 GB+
  • Removable SD Card (Kartu SD yang dapat dilepas)
  • Bluetoth 4.2
  • Kamera depan minimal 5 MP

Tambahan

Fitur di bawah ini mungkin tidak akan banyak berubah selama beberapa tahun ke depan. Apa saja itu? Yuk simak!

1. Glass Body

5071bcfd0a4f720556fda6ff3919f89f

Glass Body maksudnya adalah bodi ponsel yang sebagian besar terbuat dari keramik. Ini dapat dilihat pada produk seperti One Plus 5 yang dikabarkan memiliki bodi kaca atau keramik. Fitur ini mungkin tidak akan banyak ditambahkan pada ponsel-ponsel terbaru di masa mendatang, mengingat sifatnya yang mudah tergores dan mudah pecah.

2. Free Button

0edfe29f92e3a796f11fbe788bb9a68e

Menurut bocoran gambar di atas, akan ada smartphone, contohnya HTC Ocean, yang tidak akan menggunakan satu tombol pun yang melekat pada bodi. Itu artinya tombol penting seperti tombol home dan volume akan ditiadakan. Meskipun begitu, fitur terbaru tersebut belum yakin apakah akan diikuti oleh produsen ponsel lainnya pada tahun mendatang. Kita tunggu saja!

3. Wireless Charging

60e4dfa2254bf7353bb8ac5cbaf077b3

Mengisi daya menggunakan wireless merupakan teknologi yang terdengar canggih karena tanpa memerlukan sebuah kabel. Meskipun terdengar bagus, kita tetap harus meninggalkan ponsel di tempat tertentu saat mengisi baterai dan kita juga masih memerlukan sebuah bantalan untuk menyambung ke sumber listrik. Artinya, teknologi ini masih belum efisien untuk dapat diterima oleh setiap konsumen atau kebanyakan orang.

Jadi, itulah fitur-fitur yang harus dimiliki dan juga penting untuk diperhatikan sebelum membeli smartphone terbaru di tahun 2017. Ada banyak pilihan smartphone yang tersedia di pasaran saat ini. Jadi, penting untuk mengetahui motivasi apa yang membuat kita memilih smartphone. Kebutuhan apa yang kita perlukan dari smartphone? Apakah smartphone yang kita beli dapat bertahan hingga 5 tahun? Dan lain sebagainya. Kamu punya pendapat yang berbeda atau mungkin saran dan kritik? Silakan bagikan di kolom komentar di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT
C933e3afb1215ea6b65b2a06d16218b5

5 Konsol Game Berbasis Android, Gamer Wajib Tahu!

8 Smartphone Canggih Yang Menetas Di Mwc 2017

8 Smartphone Canggih yang MENETAS di MWC 2017

Banner Thecountrycaller 1080tigratis

Buruan Ikutan! NVIDIA Indonesia Bagikan GTX 1080TI Sebanyak 108 Unit!

Banner Theverge Rapuhswitch

Waspada! Pemilik Nintendo Switch, Bagian Ini Jangan Sampai Jatuh

Banner Wccftech Windowrestart

Inovasi Windows 10 Terbaru, Selamat Tinggal Restart Update!

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Selain Canggih, 10 Smartphone Baterai Besar Ini Juga Bisa Jadi Power Bank Lho
Selain Canggih, 10 Smartphone Baterai Besar Ini Juga Bisa Jadi Power Bank Lho
Hingga 600 Jam! Ini 5 Smartphone Terbaik Dengan Waktu Stand-by Paling Lama
Hingga 600 Jam! Ini 5 Smartphone Terbaik Dengan Waktu Stand-by Paling Lama
5 Kelebihan HP Jadul yang Gak Ada di Smartphone Jaman Sekarang
5 Kelebihan HP Jadul yang Gak Ada di Smartphone Jaman Sekarang
5 Fitur Berguna Dari Smartphone yang Semakin Hari Semakin Menghilang
5 Fitur Berguna Dari Smartphone yang Semakin Hari Semakin Menghilang

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal