J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jangan Coba-Coba! 7 Hal Ini Sangat Berbahaya Jika Dilakukan di Komputermu!

Jangan Coba-Coba! 7 Hal Ini Sangat Berbahaya Jika Dilakukan di Komputermu!

Jumat, 2 Jun 2017, 13:00 WIB
PC sekarang sudah menjadi alat untuk menopang kehidupan. Mulai dari bekerja, bermain, atau sekadar menghabiskan waktu. Penggunaan **PC** pun menjadi krusial.

PC sekarang sudah menjadi alat untuk menopang kehidupan. Mulai dari bekerja, bermain, atau sekadar menghabiskan waktu. Penggunaan PC pun menjadi krusial. Kita bisa melakukan apa pun itu terhadap PC kita. Kalian bisa menendang atau bahkan membantingnya. Semua bisa kita lakukan asal tidak sampai merusaknya.

Nah, gak mau kan PC kamu rusak karena sesuatu yang belum kamu tau. Dari hal-hal yang bisa kita lakukan terhadap PC ada beberapa hal yang seharusnya itu tidak boleh dilakukan. Apa saja itu? Yuk, simak berikut ini.

BACA JUGA
  • Lakukan Hal Ini Untuk Meningkatkan Kinerja PC Gaming Hingga 200%
  • 8 Cara Memanfaatkan PC Tua, Bisa Jadi Server Pribadi Loh!
  • 5 Game PC Dengan Grafis dan Gameplay Terbaik Sepanjang Masa

7 Hal Ini Sangat Berbahaya Jika Dilakukan di Komputermu!

1. Lupa membersihkannya

Kita harus selalu memperhatikan sirkulasi udara yang terhalang di dalam PC. Jika kita abaikan masalah ini maka hal tersebut bisa mengganggu kinerja dan mengurangi kemampuan komponen di dalamnya. Debu dan kotoran lainnya bisa sangat cepat terbentuk kecuali kita rutin membersihkannya.

Debu yang menempel lama akan menyebabkan panas yang berlebih, mengurangnya performa hardware, dan yang paling parah adalah kerusakan permanen pada komponen PC. Buat jadwal untuk membersihkan PC secara rutin, jangan lupa bersihkan juga keyboard dari kotoran.

2. Membersihkan layar monitor dengan cairan pembersih

Jangan sekali-kali menyemprotkan cairan apa pun di layar monitor. Jika memang ingin membersihkannya bisa menggunakan kain lembut yang kering atau lembab. Boleh ada cairan yang menempel pada kain tapi jangan sampai cairan tersebut menetes masuk ke dalam sela monitor. Bersihkan juga perangkat mouse dengan cara yang sama.

3. Menutup CD Drive dengan didorong

Bagaimana cara kalian membuka CD Drive? Apakah dengan mencongkelnya, pastinya dengan cara memencet tombol untuk membukanya. Lalu kenapa kebanyakan orang menutup CD Drive dengan cara mendorongnya? Cara kuno ini jangan lagi dilakukan dan hal ini bisa membuat CD Drive menjadi patah. Jadi, gunakan juga tombol seperti biasa untuk menutupnya.

4. Mematikan PC tanpa shutdown

Mematikan PC tanpa shutdown dapat langsung memutus arus listrik dari seluruh hardware. Maka dari itu, bisa menyebabkan kerusakan komponen. Meskipun komputer sekarang sudah dibekali teknologi ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) namun, tetap saja kita harus melakukan prosedur untuk mematikan komputer secara hati-hati. ACPI sendiri merupakan teknologi yang berperan terhadap fitur sleep dan hibernate pada sistem komputer.

5. Menginstal Driver dan Software tanpa melakukan restart setelahnya

Microsoft telah mengenali kesalahan yang sering dilakukan oleh penggunanya, yaitu malas melakukan restart setelah melakukan beberapa pekerjaan. Oleh karena itu pada Windows 8 secara otomatis akan melakukan restart ketika selesai melakukan pembaruan. Sekarang pada windows 10 juga secara otomatis akan restart setelah memperbarui produk dari Adobe, menutup tab di Chrome, dan setelah membuka Steam.

6. Melepas Flash disk langsung mencabutnya

Kita mungkin sering melepas flash disk dengan cara langsung mencabutnya tanpa melakukan eject terlebih dahulu di Windows. Lalu apakah hal tersebut berbahaya?

Secara umum kita sangat disarankan untuk melakukan eject terlebih dahulu sebelum mencabutnya langsung. Hal ini bisa merusak flashdisk sekaligus isi di dalamnya. Karena file-file yang seharusnya bisa dibaca oleh sistem Windows akan berubah menjadi file RAW yang tidak lagi bisa dikenali. Maka dari itu kita sering menemukan kasus yang mana sistem Windows meminta untuk terus melakukan format flashdisk.

7. Mencampur semua jenis file

Apa kalian masih melakukan kebiasaan buruk ini, yaitu mencampur semua jenis file menjadi satu. Entah itu file gambar, dokumen, video, musik, dan lain sebagainya. Jika semua file itu menjadi satu maka kita bisa bingung mencarinya saat dibutuhkan, belum lagi file-file tersebut pasti ada yang lama menumpuk sehingga dapat memberatkan harddisk jika dibiarkan terus-menerus.

Jadi hentikan kebiasaan ini mulai sekarang, kita perlu menyortir semua file menjadi beberapa folder yang terpisah sesuai jenisnya. Cara ini akan membantu kita saat mencari file atau menyortir file yang terduplikat dan file junk yang membutuhkan untuk segera dihapus.

Itulah 7 Hal yang seharusnya tidak dilakukan di Komputermu. Kalian mau menambahkan? Yuk, bagikan melalui komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT

Gak Ada Google dan 9 Hal yang Tidak Bisa Kamu Temukan di China

Anti Lemot, Ini Cara Menambah RAM HP Android | No Root!

5 Alasan Kenapa iPhone Masih JAUH Lebih Baik daripada Android

Cara Mudah Menambah RAM di PC Menggunakan Harddisk Internal

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Save di Semua Program PC Windows

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal