Google Cardboard, Cara Mudah Nikmati Virtual Reality dengan Murah

Default

Selamat datang di dunia Virtual Reality! Kini kamu sudah bisa mencoba sensasi 3D Virtual Reality langsung di smartphone kesayangan kamu lho. Gak perlu perangkat yang mahal-mahal, Google sudah mempersembahkan tool yang dapat membantu kamu dalam menikmati teknologi seru tersebut namun dengan cost yang sangat murah, menggunakan Google Cardboard namanya.

Google Cardboard 01

Google Cardboard merupakan produk Google yang akan membantu kamu untuk merasakan dunia virtual, hanya melalui kotak karton dan smartphone. Tim JalanTikus sudah mencobanya, dan ini dia penilaian kami terhadap Google Cardboard dan Cardboard Viewer.

Cardboard Viewer

Untuk menikmati sensasi dalam dunia Virtual Reality, kamu tentu membutuhkan dua komponen utama, Cardboard Viewer dan smartphone yang dilengkapi aplikasi Virtual Reality. Cardboard Viewer merupakan alat utama yang berbentuk seperti kacamata dan disematkan tepat di depan mata kamu. Benda karton ini dilengkapi juga dengan dua lensa cembung sebagai media adaptasi antara mata kamu dengan layar smartphone.

Google Cardboard 05

Selain itu, alat murah meriah ini juga harus dilengkapi dengan dua keping magnet di sebelah kirinya yang berfungsi sebagai alat navigasi atau switch ketika kamu memainkan beberapa game yang memang membutuhkan switch atau kontrol navigasi.

Google Cardboard 06 1

(catatan: alat ini masih cocok dan nyaman untuk digunakan bersamaan dengan kacamata, in case si pengguna membutuhkan dua benda tersebut sekaligus)

Smartphone yang dilengkapi dengan Aplikasi Virtual Reality (VR)

Google Cardboard 02
Sebagai media untuk menampilkan Virtual Reality tersebut, kamu juga membutuhkan device berupa smartphone yang cocok atau muat dengan Cardboard Viewer yang kamu punya. Secara umum, di pasaran akan ada beberapa versi Cardboard viewer bergantung kepada ukuran layar smartphone, material cardboard, dan kualitas dari komponen itu sendiri.
Google Cardboard 04

Apabila sudah, kamu hanya perlu menginstall aplikasi/game yang didesain khusus untuk Virtual Reality di smartphone kamu melalui Google Play Store atau bahkan kamu juga bisa download langsung melalui JalanTikus. Google menyediakan aplikasi resmi bernama Cardboard untuk memudahkan kamu mencari aplikasi/game VR yang diinginkan.

Cardboard Icon
Cardboard
Apps Productivity Google Inc.
DOWNLOAD

Ada banyak sekali pilihan aplikasi yang tersedia dengan berbagai genre, mulai dari cerita interaktif, simulasi, arcade, bahkan horror. Setiap aplikasi/game tersebut memiliki instruksi dan cara bermain yang berbeda-beda bergantung kepada jalan cerita yang disediakan. Namun ada satu persamaan dari semuanya, kamu bisa menikmati aplikasi tersebut dalam mode 360 derajat! Berterimakasihlah kepada sensor accelerometer dan gyroscope yang dimiliki smartphone kamu karena berkat mereka, kamu bisa merasakan dunia virtual dengan sangat menakjubkan.

Lalu, harganya berapa?

Karena device ini terdiri dari komponen yang sederhana, kamu bisa mendapatkannya di berbagai situs jual beli di Indonesia dengan harga yang bervariasi. Menurut pantauan kami, alat ini bisa kamu dapatkan dengan harga termurah Rp. 70 ribu hingga Rp. 300 ribu. Bahkan, kamu juga bisa membuatnya sendiri menggunakan karton/kardus bekas mengikuti template yang banyak tersedia di internet. Namun memang untuk komponen seperti magnet dan lensa, cukup tricky untuk didapatkan.

Google Cardboard 03 1

Akan tetapi, perlu diingat bahwa teknologi ini membutuhkan pengawasan lebih lanjut. Kami sarankan untuk tidak menggunakannya seorang diri dalam keadaan berdiri karena kamu bisa saja kehilangan orientasi dan keseimbangan ketika menggunakannya. Virtual Reality juga kami nilai perlu pengawasan lebih serius apabila digunakan oleh orang yang menderita sakit jantung dan epilepsi. Jadi, kamu sudah siap untuk ikut serta dalam dunia virtual yang seru dan penuh tantangan?

(sstt.. garis kuning yang melingkari cardboard diatas sebenarnya ialah karet gelang. Itu kami lakukan agar cardboard tersebut mudah dibongkar pasang. Untuk kamu yang berniat untuk membeli cardboard, jangan lupa untuk merekatkan setiap bagiannya dengan lem ya)

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat juga video demo Cardboard berikut ini:

Jangan lupa untuk lihat juga video review Jalantikus mengenai Google Cardboard melalui link berikut ini.

Chair In A Room Icon Icon
Chair In A Room 1.1
Apps Productivity Ryan Bousfield
DOWNLOAD

Artikel menarik lainnya:

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal