J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tips dan Cara Belajar Komputer untuk Pemula, Biar Gak Gaptek!

Tips dan Cara Belajar Komputer untuk Pemula, Biar Gak Gaptek!

Minggu, 28 Jun 2020, 20:00 WIB
Kamu belum bisa pakai komputer alias gaptek? Jangan sedih, simak artikel mengenai tips dan cara belajar komputer untuk pemula berikut ini ya, geng!

Komputer merupakan teknologi modern yang sangat memudahkan kehidupan manusia. Semua alat elektronik yang kamu gunakan saat ini merupakan buah dari terciptanya komputer.

Zaman dahulu, komputer adalah barang yang sangat mewah dan hanya bisa dimiliki oleh segelintir orang saja. Untung saja, kini komputer sudah mudah diakses di mana-mana.

Kemudahan yang ditawarkan oleh komputer bikin semua orang bergantung pada komputer. Mau gak mau, setiap orang harus mampu mengoperasikan komputer.

Sayangnya, masih banyak banget orang yang belum belum paham dengan komputer alias gaptek. Makanya, dalam artikel ini, Jaka akan coba mengulas tentang tips dan cara belajar komputer untuk kamu yang masih pemula.

Tips dan Cara Belajar Komputer untuk Pemula

Sebelum kita mengenali komputer dan segala komponennya, Jaka mau kasih kamu beberapa tips penting dalam mempelajari tentang komputer sendiri di rumah.

Niat dan tujuan memang penting, namun hal itu semua bakal percuma kalau kamu nggak memenuhi beberapa persyaratan yang dibutuhkan dalam belajar komputer.

Oleh karena itu, kamu wajib banget membaca tips belajar komputer untuk pemula sebelum Jaka bahas topik yang lebih dalam. Langsung saja, yuk!

1. Punya Komputer Sendiri

1 A8423

Tips belajar komputer pertama dari Jaka adalah tentu saja kamu harus memiliki komputer sendiri, geng. Sebanyak apapun kita membaca buku, pasti ilmunya kalah dengan yang terbiasa praktik langsung.

Selain itu, dengan memiliki komputer sendiri kamu juga akan lebih leluasa dalam belajar komputer. Gak mungkin, kan, kamu harus ke warnet tiap hari untuk belajar komputer? Adanya malah main game, geng.

Kalaupun komputernya rusak ketika kamu belajar mengutak-atik komputer, kamu gak perlu ganti rugi ke orang lain karena kamu menggunakan komputer kamu sendiri.

2. Jangan Takut Salah

2 48932

Seringkali ketika sedang mencoba sesuatu yang baru, kita merasa takut bakal mengacaukan hal tersebut. Padalah kesuksesan berawal dari ketidakputusasaan ketika mengalami kegagalan.

Memang, sih, mempelajari sesuatu, terutama barang elektronik adalah hal yang beresiko. Salah sedikit, bisa-bisa komputer tersebut malah gak bisa digunakan sama sekali.

Nah, makanya Jaka menyarankan kamu untuk membeli komputer bekas yang harganya murah. Kalaupun salah dan rusak, kamu gak bakal merasa rugi karena kamu gak mengeluarkan biaya yang besar untuk hal yang sia-sia.

3. Membeli Buku Tentang Komputer

3 1d8bc

Membaca buku adalah kegiatan yang membosankan bagi sebagian orang. Padahal, buku adalah sumber pengetahuan yang paling terjangkau dan mudah dicerna, lho.

Begitupun dalam belajar komputer. Ada banyak banget buku yang bisa kamu beli mengenai cara belajar komputer untuk pemula sekaligus bagaimana cara mengoperasikannya.

Dalam buku ini, kamu bakal mengenal tentang beragam istilah rumit dan dasar-dasar belajar komputer yang mungkin gak kamu ketahui ketika kamu mempraktikkannya sendiri.

Kalau kamu mau mencari cara belajar komputer di HP, kamu juga bisa mencari eBook gratis di internet mengenai dasar-dasar belajar komputer untuk pemula.

4. Rajin Berlatih

4 14095

Sama seperti skill-skill lainnya, kamu pun harus banyak berlatih untuk mengasah skill belajar komputer kamu. Gak perlu sampai kursus atau kuliah komputer untuk mengetahui tentang komputer.

Semakin sering kamu berlatih, maka kamu bakal makin hafal dengan segala letak komponen sekaligus bermacam instruksi untuk mengoperasikan komputer.

Sebaliknya, kalau kamu malas ya kamu gak bakal pinter-pinter, geng. Ilmu seperti cara merakit komputer atau menambah RAM penting banget, lho, buat kamu yang suka main game.

Mengenali Komputer Lebih Dalam

Kalau di atas Jaka telah menjelaskan tentang faktor-faktor internal alias dari dalam diri sendiri, kini saatnya kita masuk ke faktor eksternal alias komputer itu sendiri.

Apa aja, sih, yang ada dalam komputer? Program dan sistem operasi apa yang ada dalam komputer? Langsung saja simak di bawah ini ya, geng!

Hardware di dalam Komputer

5 F806b

Biar kamu makin ahli dalam cara belajar komputer, nih Jaka kasih tahu beberapa komponen penting dalam komputer yang harus kamu ketahui.

  • Processor / CPU: Processor bisa dikatakan adalah otak dari semua barang elektronik, termasuk komputer. Processor berfungsi untuk mengolah informasi / kode dalam pengoperasian komputer. Saat ini, terdapat 2 produsen processor paling terkenal, yakni Intel dan AMD.

  • Motherboard: Motherboard atau mainboard merupakan komponen berbentuk papan yang menampung semua komponen-komponen internal dalam komputer, seperti CPU, VGA card, RAM, dan lain-lain.

  • RAM: RAM atau Random Access Memory berfungsi untuk menyimpan memori sementara sebelum diproses oleh processor. Makin besar RAM, makin banyak juga program yang dapat kamu jalankan sekaligus di komputer. Bahkan HP zaman sekarang sudah memiliki RAM yang setara dengan PC, lho.

  • Graphic Processing Unit (GPU): Biasa dikenal dengan istilah VGA Card. Fungsinya mirip dengan processor, bedanya GPU bertugas untuk melakukan render pada gambar, animasi serta video yang akan ditampilkan pada layar.

  • Harddisk: Harddisk memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan permanen ke dalam sektor ke dalam disk. Beda dengan RAM yang hanya sementara. Harddisk kini sudah mulai tergantikan SSD yang memiliki kemampuan membaca dan menulis memori dengan lebih cepat dan lebih tahan lama.

  • Power Suppy Unit: Biasa disingkat PSU. Semua barang elektronik pasti membutuhkan listrik. Nah, fungsi PSU ini adalah memasok aliran listrik ke komputer kamu supaya dapat berfungsi.

  • Casing: Casing adalah bagian terluar dari sebuah komputer dan merupakan rumah dari semua komponen yang terpasang. Fungsi lainnya adalah melindung semua komponen dari guncangan, debu, dan termasuk biar kamu gak kesetrum ketika memakai komputer.

  • Monitor: Monitor adalah layar yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau tulisan yang telah diproses oleh komputer.

Sistem Operasi Komputer

6 8370f

Sistem operasi adalah software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data.

Tanpa sistem operasi, kamu gak akan bisa menjalankan program di komputer kecuali program booting. Saat ini, terdapat 3 sistem operasi yang dibuat untuk komputer.

MacOS dibuat khusus untuk produk komputer Apple. Linux memiliki sifat opensource agar dapat dimodifikasi oleh user. Terakhir adalah Windows buatan Microsoft yang paling umum digunakan di komputer.

Windows 10 merupakan sistem operasi terkini dari Microsoft yang paling banyak digunakan di dunia saat ini.

Program Penting di Komputer

7 84e7a

Komputer nggak hanya terdiri dari hardware saja tapi juga software atau program. Tanpa software, komputer secanggih apapun gak akan ada nilainya.

Tanpa memasukkan program bawaan dari OS, ada banyak program penting yang biasa ter-install di komputer. Masing-masing memiliki kegunaan tersendiri.

Mulai dari Ms. Office (Word, Excel, PPT), Antivirus, Adobe Photoshop, Google Chrome (browser), dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai tips dan cara belajar komputer untuk pemula. Semoga dengan membaca artikel barusan, pengetahuan kamu tentang komputer makin terasah ya, geng.

Baca juga artikel seputar Tutorial atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Cara Screenshot Di Komputer Banner 3d505

7 Cara Mudah Screenshot di Laptop/PC Terbaru 2020 | Tutorial + Gambar!

Alamat Situs Moviegan Terbaru 2019 Cara Download Nonton Film Favorit Makin Mudah 88438

Alamat Situs Moviegan Terbaru 2020 | Lengkap dengan Tutorial Download!

Tips Vsco Cam F9157

Ini Dia Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO, Dijamin Banyak Like!

Tutorial Cara Download Free Fire Di Laptop Pc Booyah Makin Mudah 70f75

Tutorial Cara Download Free Fire di Laptop / PC, Booyah Makin Mudah!

Tutorial Cara Ekstrak File Part Agar Menjadi 1 Folder 100 Works 6f063

Cara Ekstrak File Part agar Menjadi 1 Folder, 100% Works!

Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook Android 93465

Tutorial Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android dan PC

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal