J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Penting! 5 Tips Membersihkan HP Supaya Terhindar dari Virus Corona

Penting! 5 Tips Membersihkan HP Supaya Terhindar dari Virus Corona

Selasa, 17 Mar 2020, 14:00 WIB
Smartphone yang kamu genggam sehari-hari menyumbang resiko terbesar dalam penularan virus Corona. Simak artikel berikut untuk mengetahui tips membersihkan smartphone

Benda apa yang paling sering kamu pegang seharian? Jaka yakin jawabannya adalah smartphone. Meskipun begitu, kebersihan smartphone sering banget diabaikan para pengguna.

Berdasarkan riset yang dilakukan para ahli, smartphone yang kamu genggam sehari-hari ternyata 10 kali lebih kotor dibandingkan dudukan WC, lho!

Apalagi saat ini Indonesia sedang mengalami pandemi Corona yang jumlah penderitanya kini sudah tembus lebih dari 100 orang. Wah, kita harus mulai berhati-hati, geng.

Pentingnya Membersihkan Smartphone

JtVH5Khvihib7dBDFY9ZDR 80bf7

Novel Coronavirus (COVID-19) atau yang biasa kita kenal dengan nama virus Corona merupakan penyakit saluran pernapasan menular yang sangat berbahaya.

Yang lebih ngeri lagi, virus ini mampu bertahan di beberapa jenis permukaan hingga 9 hari, salah satunya adalah permukaan layar smartphone yang kita sentuh.

Berdasarkan statistik, seorang pengguna smartphone rata-rata bakal menyentuh smartphone-nya sebanyak 2.617 kali dalam 1 hari.

Padahal, hal tersebut sangat beresiko dalam menularkan bakter dan virus secara langsung ke dalam kulit. Apalagi kita nggak pernah membersihkan smartphone.

Mencuci tangan dengan benar dan menggunakan hand sanitizer adalah salah satu langkah yang baik untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Sayangnya, semua terasa percuma kalau kamu sering menggenggam smartphone-mu yang nggak pernah dibersihkan. Jadi, kamu mengerti, kan, seberapa pentingnya membersihkan smartphone kamu?

Tips Membersihkan Smartphone

2 B37ba

Layar smartphone masa kini dilapisi oleh lapisan oleophobic yang dirancang untuk mengurangi cetakan sidik jari dan mencegah layar menjadi lembab.

Selain itu, ada juga lapisan hydrophobic yang membantu melindungi layar dari air dan minyak yang dapat merusak display serta port yang ada di smartphone.

Oleh karena itu, produsen HP raksasa seperti Samsung dan Apple tidak menyarankan pengguna untuk membersihkan layar dengan produk pembersih alat rumah tangga yang mengandung amonia dan hidrogen peroksida.

Alasannya adalah karena kandungan-kandungan ini bakal mengikis lapisan oleophobic dan hydrophobic sehingga membuat HP kamu jadi lecet dan cepat rusak.

Nah, daripada HP kamu rusak karena misinformasi, mendingan simak beberapa tips dari Jaka yang dikutip dari ctvnews & sumber lainnya, untuk membersihkan serta mendisinfeksi smartphone kamu.

1. Jangan Gunakan Alkohol Gosok

3 12038

Ketika kamu baru saja menyentuh gagang pintu toilet yang kotor, mungkin kamu berpikiran untuk langsung membersihkan HP dengan alkohol gosok.

Eits.., tunggu dulu, geng. Justru alkohol gosok yang terkandung dalam hand sanitizer bakal mengikis lapisan olephobic dan hydrophobic pada layar.

Beberapa ahli justru menyarankan untuk membuat larutan alkohol campur air tersendiri. Meskipun begitu, salah perbandingan sedikit malah bisa bikin layar HP kamu jadi rusak.

Supaya bersih dan tetap aman, Jaka menyarankan kamu untuk menggunakan tisu alkohol dengan kandungan 70% isopropil alkohol.

Kamu juga bisa menyemprotkan larutan yang mengandung isopropil alkohol 70% ke kain linen halus, lalu menggosokkannya ke smartphone yang telah dimatikan dan nggak tersambung ke kabel apapun.

2. Membersihkan Bekas Sidik Jari

4 88cac

Meskipun kokoh, material body smartphone zaman sekarang terkenal fingerprint-magnet. Setiap kali kita menggenggam smartphone, pasti ada saja jejak sidik jari di body HP.

Hal tersebut terjadi karena tubuh kita selalu menghasilkan minyak. Alhasil, membersihkannya pun jadi sulit karena minyak nggak bisa dibersihkan dengan air biasa.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan kain dengan kain microfiber yang dibasahi oleh air distilasi.

3. Membersihkan Make Up

5 A6888

Kalau kamu menggunakan make up dan perlu melakukan panggilan, pastinya sebagian make up bakal menempel di layar smartphone kamu.

Namun, jangan pernah menggunakan make up remover yang kamu gunakan di wajah untuk membersihkan bekas make up di layar smartphone, geng.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kain microfiber yang lembab atau produk pembersih lainnya yang tidak mengandung alkohol, amonia, klorin, dan fosfat.

4. Jangan Merendam Smartphone Waterproof

6 E18f4

Kalau HP kamu sudah mengantongi sertifikasi IP67 ke atas, artinya HP kamu memiliki ketahanan terhadap air. Sebenarnya, kamu bisa banget membersihkan HP-mu di bawah air tanpa rusak.

Meskipun begitu, membersihkan HP tahan air menggunakan air mengalir cukup repot karena kamu harus benar-benar mengeringkan HP untuk bisa menggunakannya kembali.

Kalau kamu mengisi daya baterai HP sementara port charger HP belum kering, bisa-bisa HP kamu malah korslet dan nggak bisa lagi digunakan.

Nah, daripada mengambil resiko, mendingan kamu menggunakan tips-tips yang Jaka berikan di atas untuk dapat membersihkan smartphone kamu.

5. Produk Haram untuk Membersihkan Smartphone

7 E2d3b

Jaka sebelumnya sudah memberi tahu kamu mengenai kandungan pembersih apa saja yang nggak boleh kamu gunakan untuk membersihkan smartphone.

Meskipun mengandung cairan pembersih dan biasa digunakan untuk membersihkan kaca, belum tentu produk ini aman untuk layar smartphone kamu.

Berikut adalah produk yang haram untuk kamu gunakan ketika membersihkan smartphone:

  • Pembersih Jendela

  • Pembersih Peralatan Dapur

  • Handuk Kertas

  • Alkohol Gosok

  • Pembersih Make Up

  • Kompresor Udara

  • Sabun & Sabun Cuci Tangan

  • Cuka

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai tips membersihkan smartphone kamu supaya terhindar dari bahaya virus Corona. Selain membersihkan smartphone, jangan lupa sering cuci tangan dan konsumsi vitamin ya, geng!

Sekian artikel Jaka, geng. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
4g 1 Jutaan Banner

10 Smartphone Android 4G Terbaik dengan Harga 1 Jutaan

Widget Yang Biasa Dipasang Di Android Banner

4 Widget yang Biasanya Dipasang oleh Orang yang Baru Beli Smartphone

Smartphone Mini

Ini Alasan Kenapa Smartphone dengan Layar Kecil Jauh Lebih Baik Dibandingkan Layar Besar

Banner

Inilah BAHAYA dari Radiasi Smartphone Kamu dan Cara Mengetahuinya!

Aplikasi Mengatasi Kecanduan Smartphone

10 Aplikasi Android Terbaik Mengatasi Kecanduan Smartphone

Baterai Smartphone Panjang Umur Banner

10 Cara Ini Bikin Baterai Smartphone Kamu PANJANG UMUR!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 HP Flagship Terburuk Sepanjang Sejarah, Menang Mahal Doang!

7 HP Flagship Terburuk Sepanjang Sejarah, Menang Mahal Doang!

10 Tanda Smartphone Kamu Disadap Hacker, Cek HP Kamu Sekarang!

10 Tanda Smartphone Kamu Disadap Hacker, Cek HP Kamu Sekarang!

5 HP Xiaomi Terburuk yang Pernah Dibuat, No. 4 Semua Pasti Setuju!

5 HP Xiaomi Terburuk yang Pernah Dibuat, No. 4 Semua Pasti Setuju!

Kenapa Biaya Servis HP Mahal? Ini 6 Alasan Sebenarnya!

Kenapa Biaya Servis HP Mahal? Ini 6 Alasan Sebenarnya!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal