J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              3 Fakta Tentang IMEI yang Jarang Diketahui | Gak Cuma Buat Blokir HP BM!

              3 Fakta Tentang IMEI yang Jarang Diketahui | Gak Cuma Buat Blokir HP BM!

              10
              Jumat, 26 Jul 2019, 20:00 WIB
              Apa itu IMEI? Berikut akan Jaka jelaskan pengertian IMEI, fungsinya IMEI itu sendiri dan bagaimana cara melihat IMEI di smartphone.

              Setiap HP baik Android atau iOS, mahal atau murah, merek terkenal atau nggak, semuanya pasti memiliki nomor IMEI yang bersifat unik alias berbeda satu sama lain.

              Jika dulu banyak orang yang acuh tak acuh dengan keberadaan nomor IMEI, kini semenjak hebohnya pemberitaan mengenai pemblokiran HP black market oleh pemerintah, banyak orang yang mulai mencari tahu mengenai IMEI itu sendiri.

              Terkait pemblokiran HP BM, belakangan ini pemerintah juga masih disibukkan dengan aturan-aturan yang akan diberlakukan nantinya, termasuk menetapkan kapan regulasi baru ini mulai diterapkan, geng.

              Meskipun pemblokiran HP BM di Indonesia sepertinya masih sulit dilakukan karena terkendala masih mentahnya aturan-aturan yang akan ditetapkan, tapi pemerintah terus berupaya untuk merealisasikannya.

              Supaya kamu nggak buta dengan regulasi baru pemerintah yang akan memblokir HP BM melalui nomor IMEI, mending kamu baca dulu artikel Jaka selengkapnya mengenai IMEI berikut ini.

              Apa Itu IMEI?

              Apa Itu Imei Custom 43f01

              Meskipun menjadi hal umum yang seringkali ditemui pada perangkat HP, tapi kenyataannya masih banyak lho orang yang nggak tahu tentang IMEI, geng.

              Menurut Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail MT, International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

              Dikarenakan dikeluarkan untuk tiap slot SIM, maka HP yang mendukung slot kartu SIM ganda akan memiliki dua nomor IMEI, geng.

              Seperti yang sudah Jaka katakan sebelumnya, nomor IMEI ini bersifat unik sehingga tidak akan sama dengan pengguna lainnya.

              Nomor IMEI sendiri terdiri dari 15 hingga 16 digit di mana salah satu nomor serinya berisi informasi tipe HP.

              Cek IMEI Android dan iPhone

              Cek Imei Iphone Dan Android Custom 947e8

              Setelah diumumkannya regulasi mengenai pemblokiran HP BM lewat nomor IMEI, wajib hukumnya untuk kamu mengecek nomor IMEI di HP sekarang juga, geng.

              Meskipun cara untuk mengecek nomor IMEI ini sangat mudah sekali, tapi ternyata masih ada saja orang yang belum tahu cara untuk melakukannya.

              Nah, buat kamu yang masih bingung mengenai bagaimana cara untuk mengeceknya, kamu bisa baca artikel Jaka sebelumnya mengenai cara cek IMEI di semua HP baik Android ataupun iPhone, geng.

              Dengan begitu, kamu bisa tahu secara pasti deh kalau HP yang kamu punya tersebut nggak bakal jadi korban pemblokiran HP BM oleh pemerintah.

              Apakah Fungsi IMEI?

              Seringkali diabaikan oleh para penggunanya, ternyata nomor IMEI pada HP bukan hanya sekadar kumpulan angka biasa melainkan punya fungsi yang sangat penting lho, geng.

              Mau tahu apa saja fungsi IMEI sampai bisa dikatakan penting? Berikut adalah fungsi-fungsi dari nomor IMEI.

              1. Mengetahui Identitas HP

              Fungsi Imei Untuk Cek Identitas Hp 71be2

              Bingung mau cari tahu identitas HP kamu lewat mana? Tenang, geng! Kamu juga bisa lho memanfaatkan nomor IMEI yang tertera pada HP untuk mengetahui hal ini.

              Kamu bisa mengunjungi situs untuk cek IMEI seperti www.imei.info untuk mengecek identitas HP secara detail.

              2. Untuk Mengecek Garansi

              Fungsi Imei Untuk Cek Garansi 33475

              Fungsi lain dari nomor IMEI adalah untuk mengecek masa garansi yang dimiliki oleh HP kamu, geng.

              Hal ini menjadi sangat penting buat kamu yang ingin membeli HP secara online. Dengan begitu, kamu bisa mengecek terlebih dahulu apakah HP yang mau kamu beli masih dalam kondisi baru atau nggak.

              Entah Android maupun iPhone, kamu tetap bisa mengecek sisa garansi HP kamu lewat situs resmi mereka, lho!

              3. Untuk Melacak HP Hilang

              Fungsi Imei Untuk Melacak Hp Hilang 80d1c

              Selain untuk mencari info mengenai perangkat HP yang kamu punya, fungsi lain dari nomor IMEI yang juga sangatlah penting adalah untuk melacak HP yang hilang, geng.

              Jika selama ini kamu hanya mengandalkan aplikasi untuk melacak HP yang banyak beredar di internet, ternyata kamu juga bisa lho menegcek HP hilang menggunakan IMEI.

              Tapi, untuk melakukan hal ini kamu nggak bisa melakukannya sendiri melainkan menghubungi pihak provider kartu SIM yang kamu gunakan dan meminta untuk memblokir HP yang hilang lewat nomor IMEI.

              Akhir Kata

              Nah, itulah informasi seputar IMEI yang perlu kamu ketahui terkait dengan pemblokiran HP BM yang bakal diberlakukan oleh pemerintah dalam waktu dekat ini, geng.

              Dengan mengetahui lebih dalam mengenai IMEI, kamu jadi nggak perlu khawatir lagi dengan regulasi baru pemerintah yang heboh dibicarakan saat ini.

              Baca juga artikel seputar Nomor IMEI atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal