J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Menyedihkan! Ini 5 Fakta Seputar Dunia Teknologi di Korea Utara!

Jumat, 17 Feb 2017, 15:00 WIB
Negara yang dikenal akan kekuatan militernya ini, memang dikenal sangat mengekang warganya. Kamu pastinya penasaran fakta teknologi di Korea Utara?

China mungkin dikenal sebagai negara yang tertutup dan sangat membatasi akses internet warganya. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan Korea Utara, pembatasan tersebut sebenarnya masih belum ada apa-apanya.

Negara yang dikenal akan kekuatan militernya ini, memang dikenal sangat mengekang warganya. Akibatnya, adopsi teknologi di negara ini terbilang sangat lambat dan sangat berkebalikan dengan negara tetangganya, Korea Selatan. Kamu pastinya penasaran fakta teknologi di Korea Utara?

BACA JUGA
  • 7 Kejahatan Teknologi Internet dan Cara Mencegahnya
  • 6 Teknologi Unik yang WAJIB Dimiliki Pemalas
  • YAKIN! Tanpa Teknologi 'Sepele' Ini, Kamu Gak Akan Bisa Hidup

Namun, apa sih pembatasan-pembatasan yang ditetapkan oleh pemerintah Korea Utara? Berikut ini beberapa fakta menyedihkan seputar dunia teknologi di Korea Utara yang mungkin belum kamu tahu.

Fakta Teknologi di Korea Utara

1. Internet sangat Terbatas

39919ade1f15ffe7b79aba703fbce625
Sumber foto: Foto: gazettereview.com

Tak seperti di Indonesia, penetrasi internet di Korea Utara sangatlah lambat. Itu karena internet di negara tersebut memang sangat terbatas, bahkan menjadi barang langka. Hanya orang-orang tertentu seperti turis dan eksekutif saja yang memperoleh akses ini. Sedangkan untuk masyarakat Korea Utara secara umum, mereka hanya bisa mengakses jaringan internal yang disebut Kwangmyong.

Karena sifatnya yang internal, bisa dipastikan penggunanya tidak dapat mengakses situs-situs dan layanan global seperti Facebook, Google, Twitter dan sebagainya. Bahkan jumlah situs yang dapat diakses dalam jaringan tersebut hanya berjumlah sekitar 22 situs saja.

2. Smartphone adalah Produk tak Dikenal yang Berasal dari Masa Depan

73ae0e9380777eebb9289a8a25010c0d
Sumber foto: Foto: asiancorrespondent.com

Di Indonesia, smartphone sangat jamak dijumpai. Bahkan tak sedikit yang kerap berganti smartphone setiap 1 tahun sekali. Namun, fakta Korea Utara berbeda dengan Indonesia. Di negara tersebut, smartphone adalah barang yang sangat asing, bahkan terlihat seperti produk dari masa depan.

Meski demikian, featured phone atau ponsel klasik sudah ada di sana. Masyarakat masih bisa melakukan komunikasi via SMS atau panggilan suara. Hanya saja, komunikasi tersebut hanya bisa dilakukan di dalam negeri saja. Itu karena pemerintah memang sengaja membatasi panggilan internasional.

Fakta Aneh Tapi Nyata Teknologi
Fakta Aneh yang Secara Nyata Terjadi di Dunia Teknologi
Tidak ada yang ragu bahwa teknologi sekarang semakin maju. Tanpa mengesampingkan fakta teknologi yang ada sekarang, kamu pasti tidak akan percaya dengan fakta aneh di dunia teknologi barikut.
LIHAT ARTIKEL

3. Sosial Media Tiruan Facebook

27099cf585803e04ffbeedc45a86dacf
Sumber foto: Foto: foxnews.com

Meski internet di Korea Utara sangat dibatasi, ternyata negara ini masih memiliki media sosial untuk warganya. Media sosial tersebut bernama Best Korea s Social Network. Uniknya, interface media sosial tersebut terlihat sangat mirip dengan Facebook.

Fitur-fitur yang ada pada media sosial tersebut juga sangat mirip dengan yang ada di Facebook seperti halaman profile, newsfeed dan likes. Sayangnya media sosial tersebut lebih terlihat seperti proyek uji coba. Bahkan tingkat keamanan yang dimilikinya masih terbilang rendah. Meskipun masih banyak kekurangan, teknologi di Korea Utara yang satu ini setidaknya dapat membuat masyarakat merasakan komunikasi lewat sosial media.

4. Komputer Hanyalah untuk Orang Kaya

2dc321fbe309cda5cdec933f77506e3b
Sumber foto: Foto: businessinsider.com

Fakta teknologi di Korea Utara selanjutnya ialah tentang penggunaan komputer yang terbatas hanya untuk orang kaya. Ya, meski komputer sejatinya bukan lagi barang mahal. Bahkan, komputer kini sudah seperti barang yang wajib dimiliki oleh masyarakat.

Namun fakta di Korea Utara berbicara lain, komputer bukanlah barang murah yang bisa dimiliki oleh siapa saja. Hanya orang-orang kaya saja yang bisa membeli dan menggunakan komputer. Tak berhenti di situ saja, penggunaan komputer di negara ini juga sangat dibatasi. Jadi meski bisa menggunakan komputer, jangan harap bisa sebebas di Indonesia.

5. OS Khusus Korea Utara

A3ec87e51d62e0d7ba51f92cc2a9a649
Sumber foto: Foto: extremetech.com

Sistem operasi apa yang paling banyak digunakan di dunia saat ini? Jika berbicara tentang sistem operasi desktop, Windows memang masih terlihat mendominasi. Akan tetapi hal tersebut tak berarti di Korea Utara.

Di negara ini, satu-satunya sistem operasi yang bisa digunakan oleh masyarakat adalah OS Red Star. Fitur yang tersedia juga sangat terbatas, begitu pula dengan kompatibilitasnya dengan aplikasi yang tersedia secara global. Karena itu, jangan harap kamu bisa menggunakannya untuk bermain game sekelas Call of Duty ataupun Final Fantasy.

Nah, itulah 5 fakta teknologi di Korea Utara yang mungkin belum kamu tau. Jika kamu punya fakta Korea Utara lainnya, jangan lupa share di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
Game Steam 400 Ribuan Banner
Redeem Sekarang! Rp400 Ribu Kamu Dapat 40+ Game Steam Harga Rp8 Jutaan
3d
Unik! 5 Foto 3D di Jalan Ini PASTI Bakal Bikin Kamu Bengong!
Populele Ukulele Xiaomi
Xiaomi Rilis Ukulele Pintar! Mau Beli?
Lifehack Anak Kost
15 Teknologi Khas Anak Kost yang Kocak dan Bikin Ngakak!
APPS TERKAIT
Windows 8 Logo
Windows 10 Technical Preview (64bit) Build 10049
Apps Microsoft Corporation
Jurassic World Icon
Jurassic World The Game 1.7.26
Games Ludia Inc
World Warships Combat Icon Icon
World Warships Combat
Games Blade Of Game
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
KASIHAN! Ini 5 Perbedaan Cara Ber-Internet Di Korea Utara Dan Negara Lainnya
KASIHAN! Ini 5 Perbedaan Cara Ber-Internet Di Korea Utara Dan Negara Lainnya
10 Fakta Mencengangkan Kehidupan Masyarakat Korea Utara
10 Fakta Mencengangkan Kehidupan Masyarakat Korea Utara
Gokil, Korea Utara Punya iPad Buatan Sendiri! Kayak Gimana?
Gokil, Korea Utara Punya iPad Buatan Sendiri! Kayak Gimana?
10+ Situs Download Drama & Film Korea Subtitle Indonesia Terbaru 2020
10+ Situs Download Drama & Film Korea Subtitle Indonesia Terbaru 2020

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal