J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Dampak Positif yang Terjadi Jika Kamu Tidak MEN-TUHANI Smartphone

5 Dampak Positif yang Terjadi Jika Kamu Tidak MEN-TUHANI Smartphone

Minggu, 27 Agt 2017, 09:00 WIB
Nah, kira-kira seperti apa ya jika hidup kamu tidak terpengaruh smartphone, akan jadi seperti apa ya? Mau tahu? Berikut 5 dampak positif tanpa smartphone kalau hidup kamu tidak terpengaruh oleh benda itu.

Sadar nggak sih, pemakaian smartphone yang berlebihan ternyata dapat membawa dampak buruk lho. Nah kamu pernah membayangkan nggak, hal apa yang bisa kamu lakukan jika hidup kamu yang indah nggak dipengaruhi smartphone?

Kamu bisa hemat uang dan bisa beli hal berguna lainnya. Atau, kamu jadi bisa punya waktu untuk melakukan kegiatan yang menguntungkan kamu seperti membuat karya seni dan dijual dengan harga tinggi.

Nah, kira-kira seperti apa ya jika hidup kamu tidak terpengaruh smartphone, akan jadi seperti apa ya? Mau tahu? Berikut 5 dampak positif tanpa smartphone jika kalian tidak ketergantungan.

BACA JUGA
  • Selain Bikin Buta, Ini 10 Dampak Smartphone Bagi Remaja!
  • Sebelum Menyesal! 7 Kesalahan Pengguna Smartphone Ini Harus Dihindari
  • 10 Aplikasi Android Terbaik Mengatasi Kecanduan Smartphone

5 Dampak Positif yang Terjadi Jika Kamu Tidak MEN-TUHANI Smartphone

1. Tidak Terikat

Dampak Positif Tanpa Smartphone 1

Pertama, tentunya kita tidak akan lagi terikat. Terikat gimana sih? Coba kamu pikir, pernah nggak kamu panik ketika kamu lupa dimana kamu terakhir menaruh smartphone kamu.

Ngaku! Rasa-rasanya semua pengguna smartphone pasti gelisah ya ketika harus jauh dari smartphone mereka dan kalau dekat nggak lepas-lepas.

Kamu pasti sering dong ya lihat orang lagi pacaran, tapi dua-duanya asyik sendiri sama smartphone masing-masing. Atau lagi nongkrong rame-rame tapi pada main smartphone semua.

Yang paling gawat pastinya ketika orang-orang tua yang punya anak kecil pada asyik sama smartphone mereka, sampai lupa ngawasin anak-anak mereka.

Ketinggalan Dompet Atau Smartphone
Pilih Mana Ketinggalan Dompet atau Smartphone?
Seirng majunya teknologi, smartphone mulai menjadi kebutuhan utama. Nah, Jaka mau tanya nih, kamu lebih rela ketinggalan smartphone atau dompet? Coba jawab.
LIHAT ARTIKEL

2. Lebih Produktif dan Kreatif

Dampak Positif Tanpa Smartphone 2

Kedua, kita bisa menjadi lebih kreatif dan produktif. Tapi bukannya justru pakai smartphone bikin kita lebih produktif ya?

Menurut studi yang dilakukan oleh Journal of Digital Information, terlalu banyak "ONLINE" justru malah bikin kita kehilangan fokus dan kreatifitas.

Karena namanya online, pastinya banyak informasi yang tersedia. Kita pasti klik sini klik sana, padahal yang dibuka pertama aja belum beres dilihat.

Gara-gara banyak pilihan-pilihan yang menarik perhatian. Sehingga informasi yang kita lihat nggak meresap dengan baik.

Bahkan, terlalu banyak online merangsang bagian otak yang mengatur ingatan jangka pendek tapi kurang merangsang ingatan jangka panjang. Padahal bagian jangka panjang ini lah yang mengatur kemampuan kita untuk fokus, berpikir kritis, mengorganisir pikiran dan yang paling penting kemampuan untuk bersabar.

Bagaimana mau produktif dan kreatif kalau pada nggak sabar dan pikirannya kemana-mana, ya kan?

Aplikasi Kantoran Untuk Android
7 Aplikasi Android Ini Wajib Dimiliki Kamu Para Pekerja Kantoran
keberadaan smartphone tentu bisa meningkatkan produktivitas dan menunjang pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.
LIHAT ARTIKEL

3. Pikiran Lebih Positif

Dampak Positif Tanpa Smartphone 3

Ketiga, pikiran jadi lebih positif. Bukannya segala hal jadi positif ya, tapi seenggaknya mood kita jadi berubah jadi lebih positif.

Kamu suka pada pantengin update-an orang kan? Terlalu banyak baca berita, apalagi status update orang, mampu membuat kamu depresi loh.

Misalnya kamu ngeliat update Instagram sosialita atau seleb deh, pasti kamu akan berpikir, enak banget sih hidupnya. Atau teman kamu mungkin pamer kerjaan baru atau mungkin calon istri, jujur, pasti kamu ngerasa nggak enak kan?

Dampaknya, kamu pasti akan langsung membandingkan hidup kamu sama hidup mereka, padahal di balik status atau foto mereka, mungkin ceritanya berbeda.

Kamu yang ikut group chat dan ada anggota group yang hobi share broadcast aneh-aneh, pasti ujung-ujungnya stres dan pingin left group aja. Iya kan? Hidup sudah stres, jangan ditambah lagi dengan pengaruh dari smartphone deh.

4. Interaksi Sosial

Dampak Positif Tanpa Smartphone 4

Keempat, nggak pake smartphone tentunya ngasih kita lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi sosial. Tadi kita baru ngobrolin kalau kebanyakan liat status bisa berdampak negatif pada pikiran kamu. Nah ternyata geng, interaksi sosial lewat chatting atau sosmed juga loh! Kenapa?

Selain bikin kecanduan yang kayanya sudah jadi rahasia umum, ternyata interaksi di dunia maya alias online malah bikin kita makin terisolasi loh.

Tapi kan, temen dan followers ribuan, masa terisolasi sih? Coba, pernah nggak, kamu sibuk chatting di smartphone kamu, dan balas-balasin komentar tapi dalam hati kamu masih merasa sepi? Atau ngerasa garing kayak ayam crispy?

Bagaimana pun kita pastinya butuh lah interaksi dengan orang lain secara langsung. Terus coba pikir juga, dari sekian banyak followers kamu, berapa banyak yang memang kamu kenal orang aslinya? Pasti mikir kan kamu?

5. Hemat Uang

Dampak Positif Tanpa Smartphone 5

Yang terakhir, kalau nggak pake smartphone, yang paling jelas dan pasti adalah kamu jadi lebih hemat. Pertama, kamu nggak perlu ribet beli paket kuota yang mahal dan borosnya minta ampun.

Coba deh berapa kira-kira kamu ngeluarin uang sebulan buat kuota. Kaliin 12, keliatan berapa banyak tuh yang sudah kamu keluarin dalam setahun buat kuota doang.

Dari yang kamu keluarin setahun itu, bisa kamu pakai buat apa coba? Udah gitu kamu juga pasti nggak pusing ketika ada versi terbaru smartphone keluar, karena kan udah nggak pakai.

Dan pastinya, buat yang main game nggak ada lagi yang namanya beli-beli dalam aplikasi.

Akhir Kata

Itu dia 5 dampak positif tanpa smartphone kalau hidup kamu nggak terpengaruh sama benda itu. Pastinya susah sih untuk bener-bener lepas, namanya juga dari udah jadi sebagian dari hidup, ya kan? Tapi mulai-mulai lah dikurangi yaa. Dan supaya melatih ingatan jangka panjang kamu!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Fitur S Pen Samsung Galaxy Note 8

Canggihnya 7 Fitur S Pen Samsung Galaxy Note 8 dan RAHASIA Dibalik S Pen!

Fitur Samsung Galaxy Note 8

Canggihnya 8 Fitur Samsung Galaxy Note 8, Bikin Smartphone Lain Kuno!

Harga Spesifikasi Samsung Galaxy Note 8

Samsung Galaxy Note 8 Resmi, Smartphone Paling CANGGIH di Dunia. Harganya?

Aplikasi Android Terbaik

10+ Aplikasi Android GRATIS Terbaik Edisi 2017

Game Android Terbaik Agustus 2017

7 Game Android Gratis Terbaik dengan Grafis Memukau Edisi Agustus 2017

APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Butuh Uang? Jangan Jual Smartphone Android Kamu, Ini 5 Alasannya!

Butuh Uang? Jangan Jual Smartphone Android Kamu, Ini 5 Alasannya!

Anti Nyesel! 4 Hal WAJIB Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Smartphone Baru

Anti Nyesel! 4 Hal WAJIB Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Smartphone Baru

Selain Bikin Buta, Ini 10 Dampak Smartphone Bagi Remaja!

Selain Bikin Buta, Ini 10 Dampak Smartphone Bagi Remaja!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal