J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              AWAS Bahaya Radiasi Smartphone Bisa Menyerang Otak!

              AWAS Bahaya Radiasi Smartphone Bisa Menyerang Otak!

              00
              Sabtu, 14 Mei 2016, 11:00 WIB
              Di balik kehebatan smartphone, ternyata ada dampak besar terhadap kesehatan kamu di masa depan. Ini dampak buruk dan cara menangkalnya, kamu harus peduli pada diri sendiri.

              Smartphone memang sudah sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari, karena memiliki banyak keunggulan yang memenuhi semua kebutuhan penggunanya. Harus diakui kita telah kecanduan dan tak bisa lepas dari ponsel, parahnya lagi kita tidak begitu peduli akan dampak bahaya dari HP. Padahal tersembunyi dampak kesehatan sangat besar yang dapat terjadi pada manusia.

              Menurut peneliti rata-rata orang mengecek smartphone mereka hingga 150 kali per hari, 15 jam per hari smartphone berada dalam kantung atau saku dan 22 kali per hari smartphone menempel ke kepala kita. Berbagai penelitian menunjukkan radiasi smartphone dapat mengganggu beberapa organ dan sistem tubuh manusia, bahkan dampaknya lebih besar pada anak-anak.

              Radiasi Smartphone Dampak Kepada Anak

              (Ilustrasi dampak radiasi smartphone kepada anak hingga dewasa)

              BACA JUGA
              • 10 Bahaya WiFi untuk Kesehatan Manusia, Termasuk Merusak SPERMA!
              • 4 Teknologi yang Wajib Ada di Smartphone Baru 2016
              • Inilah BAHAYA dari Radiasi Smartphone Kamu dan Cara Mengetahuinya!

              Dampak Bahaya Radiasi Smartphone dan Cara Menangkalnya

              Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, demikian juga penggunaan smartphone. Pasalnya, smartphone memancarkan medan elektromagnetik atau radiasi (EMF/EMR) yang berdampak buruk pada tubuh manusia dalam jangka panjang. Apa saja dampak kesehatan yang bisa terjadi dan bagaimana pencegahannya?

              1. Insomnia

              Radiasi Smartphone Insomnia

              Kurang tidur berkualitas memiliki efek buruk terhadap kesehatan mental, untuk mendapatkan tidur yang bagus sendiri itu tidak mudah. Kemampuan untuk memejamkan mata semakin rumit dengan hadirnya smartphone, bukannya tidur malah kita masih asyik dengan mengotak-atik sampai larut malam.

              Menggunakan smartphone sebelum jam tidur bisa mengganggu pola tidur dan memicu insomnia. Radiasi juga dapat menurunkan durasi tidur lelap sehingga mengganggu kemampuan tubuh untuk memulihkan diri.

              2. Kebingungan dan Cemas

              Radiasi Smartphone Kecemasan

              Smartphone juga dapat memicu kebingungan dan kecemasan. Tak dipungkiri smartphone merupakan perangkat revolusioner, yang mampu menunjang kegiatan kita sehari-hari. Namun smartphone juga menyebabkan ketergantungan dan bisa merusak konsentrasi sehingga meningkatkan kadar stress. Tingkat stress bisa lebih parah jika kamu sangat bergantung terhadap smartphone dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

              3. Mengganggu Fungsi Otak

              Radiasi Smartphone Mengganggu Otak

              Radiasi smartphone juga telah lama dikaitkan dengan berbagai gangguan fungsi otak atau susunan saraf pusat. Gangguan ke otak tersebut meliputi mulai dari sakit kepala atau pusing-pusing, tumor, hingga insomnia.

              4. Mengganggu Sperma

              Radiasi Smartphone Menurunkan Kualitas Sperma

              Salah satu tempat paling aman dan nyaman untuk mengantongi smartphone adalah di saku alias kantung celana karena mudah diakses. Namun mengantongi smartphone dapat menyebabkan rusak dan berkurangnya kualitas sperma, yang akhirnya menyebabkan kemandulan.

              Tips Menangkal Radiasi Smartphone

              Sebenarnya masih banyak bahaya dari radiasi smartphone yang diungkap oleh para peneliti. Karena kita sudah mengetahuinya, tak ada ruginya jika kita melakukan beberapa langkah pencegahan sederhana. Berikut 8 tips untuk mengurangi radiasi smartphone.

              1. Menggunakan Dua Telinga

              Radiasi Smartphone Gunakan Dua Telinga

              Sebisa mungkin hindari penggunaan satu bagian telinga ketika ada telepon masuk. Jika kamu selalu menerima telepon dengan telinga bagian kiri saja, menurut para ahli hal itu justru tidak baik. Sangat disarankan manfaatkan kedua telinga kamu secara bergantian untuk meminimalisir radiasi yang terpancar.

              2. Menggunakan Headset atau Earphone

              Radiasi Smartphone Headphone

              Tidak mungkin dong kita menolak panggilan telepon yang masuk karena khawatir dampak buruk radiasi smartphone. Agar telepon tidak selalu menempel di kepala, kamu bisa menggunakan headset atau earphone. Intinya adalah agar smartphone tidak terlalu dekat dengan otak.

              3. Kurangi Penggunaan Bluetooth dan Headset Wireless

              Radiasi Smartphone Headset Wirelles

              Menggunakan headset memang bisa menjadi pilihan untuk mengurangi radiasi smartphone. Namun pilih headset yang konvensional alias yang masih menggunakan kabel untuk terhubung dengan smartphone. Bukan headset wireless dan fitur bluetooth juga jangan terus menerus aktif, cukup pakai bila dibutuhkan.

              4. Loudspeaker

              Radiasi Smartphone Dampak Speaker

              Cara lain untuk mengurangi smartphone nempel di telinga adalah dengan mengaktifkan loudspeaker ketika bertelepon. Tapi kamu lihat situasi dan kondisi ya, tentunya kurang nyaman ketika hal tersebut dilakukan di tempat umum. Kecuali jika kamu sedang berada di rumah atau di tempat yang memungkinkan lainnya.

              5. Jangan Banyak Bergerak Ketika Menelpon

              Radiasi Smartphone Jangan Telepon Sambil Jalan

              Buat kamu yang sedang asyik teleponan, sebaiknya kamu tidak sambil melakukan banyak aktivitas apalagi sambil berjalan. Karena dalam keadaan bergerak sinyal smartphone akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari base transceiver station (BTS), hal ini justru akan meningkatkan radiasi.

              6. Hindari Sudut Ruangan

              Radiasi Smartphone Sinyal Smartphone

              Kenapa harus menghindari sudut ruangan saat menerima telepon? Karena biasanya sudut ruangan sinyal lemah, akibatnya memicu radiasi yang lebih tinggi. Intinya sih kurangi meerima telepon di tempat yang sinyal jaringannya lemah.

              7. Casing Penahan Radiasi

              Radiasi

              Para produsen aksesoris smartphone rupanya sadar akan bahaya radiasi, sehingga menciptakan casing yang mampu mengurangi hantaran radiasi smartphone. Jika kamu tertarik pastikan kamu beli produk yang original ya, agar fungsinya optimal.

              8. Jangan Dekat-dekat Smartphone

              Radiasi Smartphone Jangan Dekat Dekat Smartphone

              Kita mungkin tak bisa lepas dari smartphone dalam aktivitas sehari-hari, tapi masa ketika mau tidur pun harus dekat-dekat. Ada baiknya kamu matikan smartphone kamu dan cobalah pejamkan mata untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kamu dapat meletakkan smartphone di tempat khusus, yang agak jauh dari jangkauan kamu.

              Itulah dampak buruk dari smartphone dan cara menangkalnya. Memang sederhana tapi perlu dibiasakan. Artikel ini diambil dari berbagai sumber di internet, jika ada tambahan sematkan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya.

              APPS TERKAIT
              Wifi Key Recovery Android
              WiFi Key Recovery 0.0.8
              Apps Alexandros Schillings
              3g4g Icon
              3G 4G WiFi Maps & Speed Test 3.49
              Apps OpenSignal.com
              Internetspeedtest Icon
              Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
              Apps Optimal Software s.r.o.
              Fifipass Icon
              wifiPass 1.1
              Apps Nibble Software

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal