J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

PC Berisik? Gak Perlu Service! Redamkan Dengan Cara Ini...

PC Berisik? Gak Perlu Service! Redamkan Dengan Cara Ini...

Selasa, 18 Jul 2017, 13:00 WIB
Komputer sekarang sudah banyak yang menggunakan prosesor tingkat tinggi yang artinya akan membutuhkan kekuatan yang lebih.

Komputer sekarang sudah banyak yang menggunakan prosesor tingkat tinggi, yang artinya akan membutuhkan kekuatan yang lebih. Kondisi ini akan membuat sistem bekerja keras dan mengeluarkan suara yang sangat mengganggu sehingga kamu merasa tidak nyaman.

Kamu merasakannya juga? Jangan khawatir, kami akan memberikan sedikit trik dan mantra untuk mengusir sesuatu yang mengganggu itu. Berikut ini beberapa cara untuk menenangkan suara komputer kamu.

BACA JUGA
  • Cara Akses Internet yang Diblokir Menggunakan Google
  • 5 Efek Negatif dari Penggunaan Internet Sehari-hari
  • Inilah 10 Negara dengan Koneksi Internet Terlambat di Dunia

PC Berisik? Gak Perlu Service! Redamkan Dengan Cara Ini

Periksa Bagian Dalam Komputer

1e03641107c8021789704ddeee070db0
Ini adalah cara paling mudah yang mungkin semua orang bisa melakukannya. Kamu harus berhati-hati melepaskan bagian dalam komputer kamu dan periksa semua bagian-bagiannya. Grommet, gasket dan dan juga sekrup harus kamu diperhatikan. Kalau ada yang terlepas atau longgar, mereka bisa membuat PC kamu bergetar lebih keras dari yang seharusnya.

Periksa semuanya, kencangkan semua yang terlihat belum kencang, dan pastikan kipasnya juga sudah terpasang dengan benar atau tidak longgar. Kalau bisa kamu bisa membeli padding atau gel untuk menahan lebih getaran.

Juga, kalau kamu melihat kipas PC kamu kotor, jangan lupa dibersihkan. Pakai sikat yang lembut untuk membersihkannya. Debu juga dapat membuat PC kamu menjadi panas dan membuat kipas(fan) PC kamu lebih berisik.

Tambahkan Isolasi Suara

Tidak sedikit komputer dibuat tanpa mempertimbangkan akustik yang bisa memperkuat suara mengalir ke telinga kamu.

Masalah seperti ini bisa diatasi dengan insulasi suara. Cara ini memang terdengar sedikit lebih ekstrem, tapi sebenarnya tidak juga. Insulasi suara ini tidak lebih dari busa cetakan yang bisa kamu beli antara 250 sampai 800 ribu rupiah yang ditempel di dalam PC. Busa ini bisa digunakan untuk memasang fan(kipas) yang tidak digunakan dan dilapisi di sisi panel.

Masalahnya, tidak semua busa sama. Pastikan kamu menggunakan busa untuk untuk barang elektronik, bukan busa untuk mencuci piring(haha). Busa ini dapat menurunkan aliran udara di PC kamu dan pastikan kamu tidak menghalangi kipas atau ventilasi kipas.

Ganti Kipas Lama dengan yang Baru

Sistem yang berisik bisa saja berasal dari kipas yang sudah usang, atau terlalu banyak kipas, atau bisa keduanya. Perhatikan lagi bagian dalam PC kamu. Apakah kamu memiliki satu atau dua kipas? Lalu, apakah kipas kamu murah atau tua? Hal tersebut bisa saja yang membuat PC kamu akan mengeluarkan bunyi yang lebih keras dari yang seharusnya.

Nah, kalau kasus yang seperti itu kami punya kabar baik dan buruk. Kabar buruknya kamu perlu kipas yang baru. Kabar baiknya harga kipas tidak terlalu mahal. Banyak orang yang menginginkan kipas yang kecepatannya bisa diatur atau mendukung modulasi kecepatan via program seperti SpeedFan. Antec's TriCool series contohnya. Kipas ini bisa di set low untuk mengurangi kebisingan atau bahkan tidak mengeluarkan suara apa pun. Kipas ini bisa kamu beli seharga 250 sampai 400 ribuan.

Trik lainnya, kipas yang besar lebih tenang dari kipas yang kecil! Mungkin terdengar aneh tapi begitulah kenyataannya. Aliran udara tergantung dari ukuran dan kecepatan kipas. Kipas besar tidak harus bekerja lebih keras seperti kipas kecil untuk mengeluarkan volume udara uang sama, dan kecepatan kipas adalah generator utama yang menghasilkan kebisingan.

Lepaskan Kipas Secara Keseluruhan

83868f1856f5c437cf1abd205d5b04e6
Kipas PC kamu ada banyak? Buang saja sebagian! Mulailah dari kipas pada sisi atau di atas case, lalu pindahkan ke intake fan di depan dan ke exaust fan di bagian belakang. Pastikan kamu menyisakan setidaknya satu kipas intake dan satu kipas exhaust.

Setelah kamu melepaskan beberapa kipas dan memasang dengan yang baru, sekarang kamu harus memerhatikan kinerja pendingin itu. SpeedFan bisa melaporkan suhu pada PC kita. Harusnya suhu prosesor kamu sekarang tidak lebih dari 50 derajat Celsius, dan tetap berada dibawah 70 derajat Celsius saat loading.

Kalau kamu memiliki graphic card, kamu harus memonitornya juga. Seharusnya berada dibawah 60 derajat Celsius dan tetap berada di bawah 95 derajat Celsius saat loading atau sedang memuat sesuatu.

Beralihkan ke SSD

1991dee83cac3a9916c9b46f45f7c0b9
Jika hard drive SATA kamu membuat kebisingan saat dioperasikan, sebaiknya kamu beralih ke SSD. Data akan disimpan melalui circuit yang tetap sehingga akan tetap tenang walaupun sedang bekerja dengan keras. Kalau kamu punya uang lebih untuk mengganti hard drive lama kamu dan kebetulan kamu juga ingin meng-upgrade penyimpanan kamu, kenapa tidak?

Bagaimana dengan Laptop?

Fc9c4fcdfcad45ec6eb733de6975fd4a
Memang secara umum sistem fan(kipas) laptop tidak dapat diganti. Kalau sistem di laptop mengeluarkan suara yang tidak wajar, kamu akan berpikir itu adalah suatu masalah dan kamu akan pergi ke counter. Belum lagi kamu ngga bisa membuka case laptop kamu.

Jadi gimana? Apa yang bisa kamu lakukan? Cara ini mungkin bisa membuat laptop sedikit lebih dingin yaitu dengan menambahkan kipas pihak ketiga. Dengan mentransfer kipas internal yang kecil, berisik dan cepat ke kipas eksternal yang besar, dan lebih tenang. Hasilnya tidak bisa dijamin, jadi kamu harus mengecek budget sebelum memilih cara ini.

Nah, itulah trik yang bisa kamu lakukan untuk meredam kebisingan yang dikeluarkan PC kamu. Kamu sudah mencoba cara di atas? Berhasilkah? Atau kamu punya cara lain? Komen di bawah ya...

ARTIKEL TERKAIT
69fb735fe0c0a863387c66f020e37b1a

REKOR! Inilah Jaringan Internet Tercepat Dengan Kecepatan 100 Gbps

10 Negara Dengan Jaringan Internet 4g Tercepat Di Dunia

10 Negara Dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia

Ingin Internetan Gratis Anak Ini Berhasil Hack Jaringan 4g T Mobile

Ingin Internetan Gratis, Anak ini Berhasil Hack Jaringan 4G

Cats 1975a

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & PC | Auto Ngebut!

8fbaa5988e3b2e60bf860b25f9f4a4ec

Cara Menstabilkan Koneksi Internet di Komputer Menggunakan Command Prompt

APPS TERKAIT
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Ini Penyebab Komputer Sering Berbunyi Keras Dan Mencurigakan, Bakal Meledak?

Ini Penyebab Komputer Sering Berbunyi Keras Dan Mencurigakan, Bakal Meledak?

15 Kelakuan Aneh Maniak Komputer Ini Bikin Ngakak! Nomor 6 NIAT BANGET

15 Kelakuan Aneh Maniak Komputer Ini Bikin Ngakak! Nomor 6 NIAT BANGET

Lakukan Hal Ini Untuk Meningkatkan Kinerja PC Gaming Hingga 200%

Lakukan Hal Ini Untuk Meningkatkan Kinerja PC Gaming Hingga 200%

Gila RAM 3TB, Spesifikasi PC Paling Canggih Sedunia! Buat Gaming?

Gila RAM 3TB, Spesifikasi PC Paling Canggih Sedunia! Buat Gaming?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal