Nggak Usah Panik! Begini Cara Mengeringkan Laptop yang Terkena Air

23 August 2017

Selain smartphone, laptop adalah harta berharga milik generasi millenial. Tanpa laptop, hidup kamu pasti terasa hampa. Apalagi bagi mahasiswa tingkat akhir, laptop adalah segalanya.

Jadi barang elektronik, banyak komponen laptop yang tidak tahan air. Makanya bahaya banget kalo laptop kamu sampe kena air. Tapi gak usah panik, JalanTikus kasih tau nih cara mengeringkan laptop yang terkena air.

Cara Mengeringkan Laptop yang Terkena Air

Korsleting pada komponen laptop bisa memicu kerusakan parah pada laptop. Namun hal ini bisa dicegah jika kamu bisa segera mengeringkannya. Makanya lakukan langkah-langkah berikut jika laptop kamu kena air:

1. Matikan Laptop

laptop-kena-air-2

Untuk mencegah air yang masuk ke laptop berinteraksi dengan komponen di dalamnya dan menyebabkan korslet, segera matikan laptop kamu jika terkena air. Atau cabut baterai laptop kamu. Dengan begitu arus listrik yang berinteraksi dengan air di dalam laptop tidak akan memicu kerusakan komponen.

2. Keringkan Laptop

Untuk mengeluarkan air yang masuk ke laptop, balik permukaan laptop kamu. Dengan bagitu air bisa merembes keluar dari dalam laptop lewat celah-celah yang ada di laptop. Tips mengeringkan laptop ini bisa kamu coba jika laptop kamu tidak tersiram air kopi atau soda.

laptop-kena-air-3

Jika bagian baterai dan tempat baterai laptop juga ikut terkena air, segera keringkan bagiannya menggunakan lap lembut. Bagian kutub positif dan negatif tempat baterai yang berwarna kuning sangat sensitif. Jadi keringkan dengan hati-hati, jangan sampai merusaknya.

Penting: Diamkan laptop kurang lebih selama 10 jam untuk proses pengeringan.

3. Jemur Baterai

laptop-kena-air-5

Selagi menunggu permukaan laptop yang kena air mengering, kamu bisa menjemur baterai laptop yang basah. Tapi ingat, jangan sampai kena sinar matahari langsung. Kamu bisa menjemur baterai lithium sambil ditutupi dengan kain kering untuk mencegah struktur kimiawinya rusak.

5 Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removable Biar Lebih Awet
Lebih Hemat Jadinya
5 Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removable Biar Lebih Awet
Baca

4. Bongkar Bagian Penting Laptop

Jika laptop terendam air dan basahnya parah, bongkar juga bagian penting laptop, seperti keyboard dan motherboard atau mainboard. Jangan lupa lepaskan komponen-komponen yang penting seperti processor, RAM, WiFi, Optical Drive, maupun Harddisk untuk dikeringkan agar tidak terjadi korosi.

laptop-kena-air-4

Untuk mengatasi air yang masuk laptop merusak layar, kamu bisa juga melepas bagian LCD. Tapi ingat, hanya lakukan pembongkaran laptop kena air jika kamu paham dan berani saja. Lalu keringkan semua komponennya.

5. Uji Pasang Ulang

Setelah cara mengeringkan laptop di atas kamu lakukan dan semua komponen laptopnya kering, segera pasang ulang semuanya. Lalu silakan hubungkan laptop kamu dengan adapter tanpa baterai. Jika tiba-tiba tercium bau hangus, segera lepas kembali. Jika tidak, kamu bisa lanjut menggunakannya seperti biasa.

Nah, itu dia tips atau cara mengeringkan laptop yang terkena air. Kamu bisa melakukannya sendiri, jadi tidak perlu panik lagi jika laptop kamu tersiram atau kena air saat sedang digunakan. Akan lebih baik jika kamu lebih berhati-hati selama menggunakan laptop.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar