5 Cara Mencuri Smartphone yang Sering Dipake Penjahat

Default

Saat ini smartphone telah menjadi barang penting yang tidak boleh tertinggal, apalagi hilang. Soalnya di smartphone kamu pasti terdapat banyak data penting yang tidak ingin dimiliki oleh orang lain bukan? Termasuk oleh pencuri.

Bicara soal pencuri, apa kamu pernah mengalami kejadian smartphone kamu dicuri oleh penjahat? Untuk berjaga-jaga, berikut JalanTikus akan berikan cara penjahat mencuri smartphone.

Cara Pejahat Mencuri Smartphone

Agar smartphone kamu tidak dicuri oleh orang lain, kamu harus waspada dalam setiap suasana. Cara terbaik agar lebih waspada dan mencegah smartphone dicuri adalah mengenali teknik penjahat mencuri smartphone. Adapun cara mencuri smartphone yang banyak dilakukan adalah:

1. Pengalihan

Cara mencuri smartphone yang banyak digunakan penjahat adalah dengan cara mengalihkan perhatian target. Biasanya dilakukan oleh lebih dari satu orang. Cara ini biasanya dilakukan di tempat yang ramai orang.

Cara Mencuri Smartphone

Misalnya pencuri 1 menjatuhkan barang-barang miliknya di depan kamu, dan secara otomatis kamu pun membantunya karena simpati. Begitu perhatianmu terfokus pada pencuri 1, pencuri 2 akan mulai mengambil smartphone kamu dari saku atau di lantai. Jika nekat, bisa dari tanganmu!

2. Memperlambat

Untuk kamu yang sering terburu-buru saat menuju kantor atau suatu tempat dengan berjalan kaki, waspada dengan cara mencuri ini. Sama seperti cara pengalihan perhatian, pelaku akan melakukan cara ini lebih dari satu orang.

Cara Mencuri Smartphone 4

Saat terburu-buru, pelaku akan menanyakan sesuat padamu, bisa arah atau jam atau apapun. Karena terburu-buru, kamu akan teralihkan dan tidak fokus. Saat itulah pelaku yang bertugas mencuri akan mengambil smartphone milikmu.

3. Sembunyi Tangan!

Cara Mencuri Smartphone 3

Hati-hati jika kamu sering berdesak-desakan di kereta api atau bus, banyak pencuri menggunakan teknik mencuri smartphone yang satu ini. Pelaku akan menutupi tangannya dengan koran atau majalah, untuk mengambil barang-barangmu (termasuk smartphone) agar tidak terlihat orang lain. Jika melihat gerak mencurigakan, segera tegur!

4. Tukang Kabur!

Jadi orang baik tidaklah salah, tapi yang salah adalah jika kebaikan kamu disalahgunakan orang lain. Misalnya memberi pinjam smartphone pada orang lain karena mereka bilang mendesak, tapi kemudian mereka malah kabur!

Cara Mencuri Smartphone 2

Nah, cara mencuri smartphone seperti ini banyak terjadi di kota besar. Dengan memanfaatkan simpati orang, pelaku akan meminta tolong untuk pinjam smartphone dan kabur begitu smartphonenya di tangan. Waspada teknik ini saat di tempat sepi ataupun ramai ya!

5. Pura-pura Nubruk

Cara Mencuri Smartphone 5

Jangan pake smartphone sambil jalan di tempat ramai. Soalnya bisa saja ada orang yang pura-pura nubruk kamu di jalan, lalu mengambil smartphone milikmu. Cara ini lazim ditemui di sekitar tempat yang ramai pengguna smartphonenya!

Itu dia 5 cara mencuri smartphone yang banyak digunakan penjahat di sekitar kita. Dengan mengetahui cara mereka mencuri, semoga kamu bisa jadi lebih waspada ya. Jangan mudah tertipu oleh lingkungan di sekitar.

Ayo lebih waspada!

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal