J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Amankan Foto Pribadi Dengan Backup Langsung Dari Smartphone Android Kamu

Amankan Foto Pribadi Dengan Backup Langsung Dari Smartphone Android Kamu

Rabu, 1 Apr 2015, 14:31 WIB
Memotret menggunakan smartphone sudah menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh hampir semua pengguna smartphone. Entah itu memotret alam, orang, makanan, atau memotret diri sendiri (selfie). Bagi sebagian orang, bahkan sebagian besar ka

Memotret menggunakan smartphone sudah menjadi aktifitas yang sering dilakukan oleh hampir semua pengguna smartphone. Entah itu memotret alam, orang, makanan, atau memotret diri sendiri (selfie). Bagi sebagian orang, bahkan sebagian besar kapasitas memori smartphone-nya dipenuhi dengan file foto. Lalu, apa yang terjadi jika semua foto-foto tersebut hilang dari smartphone kamu? Tentu saja pasti akan merasa kecewa, apa lagi foto-foto tersebut merupakan dokumentasi momen penting tentang kehidupan kamu.

Kenapa harus backup foto? Tanpa melakukan backup, risiko kehilangan foto kamu cukup tinggi. Bukan hanya terhapus secara tidak sengaja, bisa juga akibat smartphone di curi atau hilang, jatuh ke air yang menyebabkan memori smartphone rusak, dan banyak lagi. Agar foto-foto tetap terjaga dan aman, kamu bisa melakukan beberapa metode backup secara otomatis ke server atau PC.

Backup menggunakan WiFi atau Mobile Internet

Backup Foto3

Jika kamu melakukan backup foto dengan meng-upload ke server cloud, kamu akan memiliki pilihan upload melalui koneksi WiFi atau mobile internet. Namun, apabila tidak ingin kuota Internet kamu cepat habis, maka harus memastikan bahwa metode upload yang kamu pilih adalah menggunakan jaringan WiFi.

Backup Foto ke PC

Backup Foto2

Untuk membuat backup foto ke PC Windows atau Linux, tidak lain caranya adalah dengan menghubungkan kabel USB dari smartphone ke PC. Kemudian file foto disalin secara manual menggunakan file browser dan disimpan kedalam HardDisk lokal PC kamu. Pada smartphone Android, notIfikasi akan muncul yang menyatakan bahwa perangkat terhubung dan meminta kamu untuk memilih antara MTP atau PTP. Hal ini dimaksudkan akses mentransfer foto yang biasanya ditemukan dalam folder DCIM.

Backup Foto1

Jika foto-foto kamu disimpan dalam kartu micro SD, kamu juga bisa mem-backup langsung dari micro SD ke PC dengan bantuan Card Reader. Hal ini biasanya dilakukan apabila tidak ada kabel data.

Upload Foto Anda ke Cloud

Beberapa aplikasi backup foto telah menyediakan layanan backup secara otomatis yang akan menyinkronkan foto Anda ke penyimpanan cloud. Salah satu yang sering digunakan adalah Dropbox. Dengan memiliki akun Dropbox, kamu dapat dengan mudah membuat pengaturan backup otomatis foto atau video ke penyimpanan cloud. Foto-foto tersebut dapat dengan dilihat di PC dengan menginstal aplikasi Dropbox versi desktop.

Backup Foto4

Selain itu, kamu juga bisa melakukan backup menggunakan Google Drive, Google+ Photo, atau OneDrive dari Microsoft yang menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 15 GB.

Artikel Menarik Lainnya:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Sepanjang 2014

5 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Sepanjang 2014

4 Tips Foto dari Smartphone Agar Terlihat Seperti Foto Profesional

4 Tips Foto dari Smartphone Agar Terlihat Seperti Foto Profesional

20 Foto Pertama yang Paling Bersejarah di Dunia (Part 1)

20 Foto Pertama yang Paling Bersejarah di Dunia (Part 1)

Coba Tebak, Apa yang Salah Dari Foto Ini?

Coba Tebak, Apa yang Salah Dari Foto Ini?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal