Canggih! Ini 5 Smartphone dengan Fitur Pengukur Detak Jantung

Default

Smartphone terkini dibekali dengan berbagai fitur canggih. Salah satu fitur canggih yang diusung para produsen ialah kemampuan smartphone untuk mendeteksi detak jantung penggunanya.

Smartphone terbaru semakin mendukung kebugaran pengguna dan tidak hanya menampilkan fitur-fitur inovatif, geng. Beberapa produsen yang menyematkan fitur sensor ukur detak jantung seperti realme, Xiaomi, ZTE hingga Samsung.

Dengan fitur ukur detak jantung, ini akan membantu kamu untuk dapat mengetahui kondisi kesehatan jantung maupun kondisi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Fitur ukur detak jantung juga memudahkan kamu saat memonitor status detak jantung. Fitur yang umumnya ada di jam tangan pintar ini juga dapat dimanfaatkan melalui smartphone, lho.

Sebelum mengetahui apa saja smartphone yang memiliki fitur ukur detak jantung, ketahui terlebih dahulu yuk, bagaimana cara kerja serta tingkat akurasi smartphone dalam membaca detak jantung pengguna.

Cara Kerja Smartphone Mendeteksi Detak Jantung

The Video Ink E0e02
Sumber foto: The Video Ink

Situs Cnet melaporkan, berbagai aplikasi dapat memanfaatkan kamera ponsel kamu untuk mengukur detak jantung tanpa perlu menggunakan aksesori tambahan lainnya.

Mirip dengan pelacak detak jantung yang terpasang di sebagian besar perangkat kebugaran, aplikasi di ponsel bisa mengukur detak jantung dengan mendeteksi perubahan volume darah di bawah permukaan kulit. Praktik ini disebut photoplethysmography.

Setiap kali jantung berdetak, jumlah darah yang mencapai kapiler di jari dan wajah kamu membengkak dan kemudian surut. Karena darah menyerap cahaya, aplikasi dapat menangkap pasang surut ini dengan menggunakan lampu kilat kamera ponsel Anda untuk menerangi kulit serta membuat pantulan.

Seberapa Akurat Pelacak Detak Jantung di Smartphone?

Pinterest 1 Cdab7
Sumber foto: Pinterest

Meskipun photoplethysmography adalah praktik yang terbukti benar, namun tidak semua aplikasi pelacakan detak jantung memiliki kemampuan yang sama.

Peneliti membandingkan dengan pengukuran 'standar emas klinis' (EKG dan oksimetri nadi ujung jari), mereka menemukan bahwa pembacaan detak jantung yang dihasilkan oleh aplikasi turun lebih dari 20 detak per menit di lebih dari 20% pengukuran.

Fakta bahwa aplikasi detak jantung tidak bekerja secara konsisten sebaik peralatan tingkat klinis tidak terlalu mengejutkan. Oleh karena itu, pengguna tetap dapat memilih memakai standar medis untuk hasil yang lebih akurat.

Kalaupun harus memakai aplikasi, berdasarkan penelitian, aplikasi yang meminta kamu untuk menyentuhkan jari ke kamera bawaan ponsel cenderung lebih akurat daripada aplikasi yang hanya meminta kamu untuk mendekatkan kamera ponsel ke wajah.

Smartphone apa saja yang mengadopsi fitur pengukur detak jantung? Cek daftarnya di bawah ini, ya, geng.

1. Realme 9 Pro+

Realme A8815
Sumber foto: Realme

Beberapa hari ke depan Realme 9 Pro+ akan meluncur dengan fitur-fitur canggih, salah satunya ialah kemampuan mengukur detak jantung pengguna.

Selain dilengkapi sensor kamera kelas flagship Sony IMX766 + OIS, Realme 9 Pro+ juga menghadirkan pengukuran detak jantung yang pertama kali disematkan di sensor sidik jari Number Series realme.

2. ZTE nubia Red Magic 6s Pro

ZTE Nubia Red Magic 6s Pro GSMARENA A510a
Sumber foto: GSMARENA

ZTE merupakan vendor ponsel asal China yang menghadirkan seri ponsel nubia Red Magic 6s Pro. Smartphone ini memiliki fitur pendeteksi detak jantung.

Smartphone ini hadir dengan layar AMOLED, 6,8 inci, mengusung chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888+ 5G (5 nm) serta triple camera (64 MP wide, 8MP ultrawide dan 2 MP makro). Smartphone yang mendukung jaringan 5G itu menampilkan baterai 5050 mAh.

3. Xiaomi Mi 11 Ultra

Xiaomi Mi 11 Ultra GSMARENA A5a19
Sumber foto: GSMARENA

Xiaomi Mi 11 Ultra masuk dalam deretan ponsel yang memiliki fitur pendeteksi detak jantung, menurut Phonegg. Smartphone dengan layar 6,81 inci ini mengusung chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm) serta kemampuan triple camera.

Kamera utama dari smartphone ini menampilkan kekuatan tembak 50MP (wide), 48MP (periscope telephoto) dan 48MP (ultrawide). Handset ini semakin gahar berkat kapasitas baterai 5.000 mAh.

4. Samsung Galaxy S21 5G

Samsung Galaxy S21 5G GSMARENA F0048
Sumber foto: GSMARENA

Samsung Galaxy S21 5G tidak kalah canggihnya dengan ponsel lainnya, yang memiliki fitur pendeteksi detak jantung. Handset dengan layar 6,2 inci ini diperkuat dengan prosesor Exynos 2100 (5 nm).

Untuk mengabadikan gambar, kamu bisa mengadalkan triple camera (12MP wide), 64MP (telephoto) dan 12MP (ultrawide). Untuk selfie, ponsel ini mendukung lensa depan 10 MP (wide). Smartphone ini dibekali baterai 4000 mAh.

5. Samsung Galaxy S20 Ultra 5G

Samsung Galaxy S20 Ultra 5G GSMARENA Ef6cc
Sumber foto: GSMARENA

Samsung juga memiliki seri ponsel pintar lainnya yang memiliki fitur deteksi denyut jantung. Perangkat ini ialah Samsung Galaxy S20 Ultra 5G. Handset tersebut tampil dengan layar 6,9 inci, didukung chipset Exynos 990 (7 nm+) dan kemampuan quad camera.

Kamera utama dari ponsel ini terdiri dari lensa wide 108 MP, 48MP (periscope telephoto), 12MP (ultrawide) dan 0,3MP (depth). Smartphone yang satu ini berjalan dengan kapasitas baterai 5000 mAh.

Akhir Kata

Nah, itu dia ponsel-ponsel terbaru 2022 yang dapat kamu gunakan untuk mendeteksi detak jantung.

Jika menurutmu fitur ini krusial untuk dimiliki, kamu bisa pilih salah satu dari ponsel rekomendasi Jaka di atas, geng. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel seputar Gadgets, atau artikel menarik lainnya dari Ahmad Luthfi.

BACA JUGA

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy S22 Series, Paling Mahal Dibanderol Rp21 Juta

Telah Hadir Power Bank Berkapasitas 27.000.000 mAh, Bisa Ngecas Gadget Satu Kampung!

Harga dan Spesifikasi Laptop ASUS Zenbook 14X OLED Series, Ideal buat Kreator

Bocoran Realme 9 Pro Series yang Bakal Rilis, Punya Spek Jumawa dengan Harga Mempesona!

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11 dan Note 11s, Harga 3 Jutaan!

Cara Aktifkan Nomor Telkomsel yang Hangus, Hanya Lewat Ponsel!

ARTIKEL TERKAIT
Gadget Teraneh 2015 Banner
14 Gadget Paling Aneh dan Nyeleneh di Tahun 2015
Banner
10 Berita Gadget 7 Hari Terakhir yang WAJIB Kamu Tau!
10 Ciri Power Bank Yang Bagus Dan Aman Untuk Gadget Kamu
10 Ciri Power Bank yang Bagus dan Aman Untuk Gadget Kamu
Gadget Dari Masa Depan Ce28a
10 Gadget Canggih yang Membawamu ke Tahun 3018
Gadgetkeren
10 Gadget Keren yang Belum Kamu Ketahui, Butuh Banget Nomor 4!
Futuristic
10 Gadget Masa Depan Yang Kini Sudah Tersedia
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal