J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Batas Aman Suhu Terpanas untuk Notebook dan Smartphone Kamu

Rabu, 19 Agt 2015, 09:51 WIB
Ponsel saat ini (smartphone) sudah menggunakan hardware yang setara seperti hardware PC. Karenya, suhu panas yang dihasilkan jadi lebih tinggi, bahkan mengganggu.

Dulu di era ponsel biasa atau feature phone seperti Nokia 3310 atau Nokia 6600, kita tidak akan menemui permasalahan panas pada ponsel. Wajar memang, karena hardware yang digunakan masih jauh dari kata canggih. Sementara ponsel saat ini (smartphone) sudah menggunakan hardware yang setara seperti hardware PC. Karenanya, suhu panas yang dihasilkan jadi lebih tinggi, bahkan mengganggu.

Batas aman suhu notebook

Berbeda dari desktop PC atau notebook yang memiliki bentuk lebih besar dan lubang sirkulasi udara yang jauh lebih memadai, smartphone tidak dirancang seperti itu. Hasilnya, batas toleransi temperatur yang bisa ditangani pun berbeda. Pada PC, suhu panas di atas 70 derajat Celcius masih bisa dimaklumi, meski tidak direkomendasikan. Begitu pun pada notebook, terutama notebook gaming.

Notbuk Operhit

Suhu yang dihasilkan bahkan bisa melebihi suhu desktop PC. Hal tersebut wajar karena semakin kecil bentuk sebuah perangkat komputasi, semakin sulit pula pertukaran udara yang bisa dilakukan. Jadi, bagi kamu pengguna notebook, jangan khawatir bila suhu notebook meningkat drastis. Setidaknya, kamu baru boleh panik bila suhu notebook melebihi angka 80 derajat Celcius, padahal hanya digunakan untuk browsing atau menonton saja. Jika sudah seperti itu, ada baiknya kamu mengecek dan membersihkan debu dari notebook.

Batas Aman Suhu Smartphone

Meski hampir mendekati kecanggihan hardware desktop PC atau notebook, bukan berarti smartphone bisa menangani temperatur yang sama seperti notebook. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bentuk ramping pada smartphone membuatnya tidak memiliki lubang sirkulasi udara. Hasilnya, perputaran suhu dari dan ke smartphone jadi tidak bisa dilakukan.

Android Panas

Pada smartphone, hampir tidak ada hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi temperatur selain menutup aplikasi berat yang sedang berjalan. Agar umur smartphone panjang, kamu juga wajib memerhatikan batasan aman temperatur yang bisa diterima sebuah smartphone. Berbeda dari notebook yang bisa menangani panas hingga 70 derajat Celcius, rata-rata smartphone dirancang untuk bisa beroperasi dengan suhu di bawah 60 derajat Celcius. Sementara rata-rata suhu Android saat kondisi biasa ada di kisaran 40 derajat Celcius.

Baca juga: Sony Xperia M4 Aqua, Smartphone Anti Air dan Debu dengan Android Lollipop

Ketika suhu smartphone ada di atas 60 derajat Celcius, selain bisa memperpendek umur hardware, suhu di atas 60 derajat Celcius juga tak akan nyaman di tangan karena akan terasa sangat menyengat. Bagaimana cara mengecek suhu smartphone? Salah satu cara paling mudah adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama AIDA64. Aplikasi ini bisa didapat di Google Play secara gratis.

Artikel Menarik Lainnya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
HP Android Terpanas 2015 yang Bisa Bikin Kamu Keringetan
HP Android Terpanas 2015 yang Bisa Bikin Kamu Keringetan
Inilah 4 Solusi Buat HP Android yang Sering Overheat
Inilah 4 Solusi Buat HP Android yang Sering Overheat
Cara Mudah Cek Jeroan di dalam Android Tanpa Perlu Membongkar HP Kamu
Cara Mudah Cek Jeroan di dalam Android Tanpa Perlu Membongkar HP Kamu
Sepanas Apa CPU Kamu? Cek Sebelum CPU Kepanasan
Sepanas Apa CPU Kamu? Cek Sebelum CPU Kepanasan

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal