J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Rooting Android Sudah Nggak Berguna di 2019!

Rooting Android Sudah Nggak Berguna di 2019!

Selasa, 30 Apr 2019, 12:00 WIB
Kamu berencana untuk melakukan rooting HP Android? sebaiknya kenali terlebih dahulu apakah rooting Android masih layak untuk dilakukan di tahun 2019 berikut ini.

Kamu pernah melakukan rooting pada smartphone Android, geng?

Rooting sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh para pengguna smartphone Android. Karena dengan melakukan rooting, kamu bisa secara bebas mengkustomisasi smartphone Android.

Meskipun begitu, tidak sedikit juga pengguna Android yang tidak berani untuk melakukan rooting karena alasan tertentu seperti kehilangan garansi, atau pun masalah keamanan.

Lalu, apakah rooting Android sebenarnya masih layak dilakukan di 2019? Cari tahu jawabannya di penjelasan di berikut ini.

Manfaat Melakukan Rooting Pada Android

Jika digali lebih dalam ada banyak manfaat yang akan didapat oleh pengguna HP Android yang telah di-root.

Tapi, di artikel ini Jaka hanya memeberikan beberapa manfaat dari melakukan rooting pada Android. Yuk, disimak apa saja manfaatnya, geng!

1. Dapat menghapus bloatware

Bloatware menjadi hal yang paling sering ditemukan di smartphone Android dan tentunya sangat mengganggu, apalagi kalo aplikasinya nggak pernah kamu pakai.

Selain karena dapat mengurangi kapasitas penyimpanan internal dan RAM HP kamu, jumlah aplikasi bloatware-nya pun lumyan banyak.

Sayangnya, aplikasi bloatware ini tidak dapat kamu hapus dengan mudah karena merupakan aplikasi bawaan yang sudah ter-install dari pabrik.

Tapi, dengan melakukan rooting terhadap smartphone Android, kamu bisa memiliki akses untuk menghapus aplikasi bloatware ini.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan utama kenapa banyak pengguna Android yang memlih untuk melakukan rooting.

2. Melakukan backup secara menyeluruh

Manfaat selanjutnya yang juga menjadi salah satu faktor kenapa banyak pengguna Android melakukan rooting adalah kamu dapat melakukan backup secara menyeluruh.

Maksudnya, jika selama ini fungsi backup di HP Android hanya mem-backup aplikasi-aplikasi biasa, dengan melakukan rooting Android hal ini tidak demikian.

Untuk HP Android yang sudah di-root, kamu dapat juga melakukan backup aplikasi sistem seperti sistem UI, framework, log panggilan, dan masih banyak lagi.

Tapi, sebelumnya kamu harus mendownload sebuah aplikasi pihak ketika bernama Titanium Backup. Aplikasi ini tentunya membutuhkan akses rooting Android.

3. Melakukan Custom ROM

Bagi kamu pengguna Android yang bosan dengan tampilan HP yang gitu-gitu saja, dengan melakukan custom ROM hal ini bisa diatasi, geng.

Kamu bisa melakukan modifikasi terhadap tampilan HP Android kamu dengan melakukan custom ROM.

Selain hanya mengubah tampilan, kamu juga bahkan bisa mengubah sistem operasi HP Android dengan bantuan custom ROM ini, geng.

Buat kamu pemilik HP jadul, fungsi ini sangat bisa memberikan pengalaman baru ketika menggunakan HP Android.

4. Memberikan akses lebih

Manfaat lain yang bisa kamu rasakakan ketika melakukan rooting Android adalah pemberian akses lebih terhadap file sistem yang ada di HP Android.

Maksudnya adalah kamu dapat menghapus atau bahkan mengubah file sistem untuk mendapatkan fungsi tertentu.

Jika di HP Android tanpa root aplikasi file browser tidak dapat mengakses hingga ke sistem, maka dengan melakukan rooting hal ini bisa kamu , geng.

Tapi sebelumnya kamu harus mendownload aplikasi file manager untuk melakukan hal ini.

Rooting Android Masih Berguna di 2019?

Mengingat HP zaman sekarang sudah dibekali dengan teknologi dan fitur-fitur yang canggih, lalu apakah rooting Android masih berguna untuk dilakukan di tahun 2019?

Jawabannya bisa iya atupun tidak, geng.

Hal itu tergantung dari HP Android seperti apa yang sedang kamu gunakan sekarang.

Biar kamu lebih paham, Jaka akan bagi pembahasan ini ke dalam dua kategori yaitu untuk HP Android jadul dan HP Android baru.

Untuk HP Android Jadul

Jika kamu pengguna HP Android jadul yang masih menggunakan sistem operasi Marshmallow ke bawah, rooting Android dirasa masih layak dan berguna untuk dilakukan di tahun 2019.

Hal itu dikarenakan oleh beberapa faktor pertimbangan yang akan Jaka jelasin berikut ini.

1. HP lemot

Tidak mengherankan jika HP Android jadul kamu lemot, geng. Hal itu dikarenakan HP pun memiliki 'umur' yang dapat memengaruhi ke performa.

HP Android yang sudah 'tua' otomatis performanya pun akan menurun tidak seperti awal kamu membeli HP tersebut.

Oleh karena itu, rooting Android bisa menjadi solusi untuk menangani masalah ini.

Kamu bisa menghapus aplikasi bloatware ataupun file sistem yang menurut kamu tidak terlalu dibutuhkan agar penyimpanan internal dan kapasitas RAM menjadi lebih luas.

Untuk menghapus file sistem, kamu harus berhati-hati dan pastikan terlebih dahulu bahwa file tersebut tidak akan berpengaruh ke HP Android kamu.

2. Bosan dengan tampilan HP

Untuk HP Android jadul, fitur bawaan untuk mengganti tema masih sulit untuk ditemui.

Kamu hanya dapat mengubah wallpaper saja, sehingga hal itu tidak cukup membantu untuk memperbarui tampilan Android kamu.

Kalaupun mendownload aplikasi seperti launcher sebagai alternatif, hal ini tentunya akan berpengaruh ke penyimpanan internal yang akan berkurang sehingga HP menjadi lemot.

Tapi, dengan melakukan rooting Android kamu bisa sekaligus mengubah sistem operasi yang kamu inginkan dengan menggunakan custom ROM.

Untuk HP Android baru

Bagi kamu pengguna HP Android baru yang sudah menggunakan sistem operasi Android Nougat ke atas, rooting Android menurut Jaka tidak terlalu berguna untuk kamu lakukan di 2019.

Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor yang akan Jaka bahas berikut ini.

1. Sudah memiliki teknologi dan fitur yang canggih

Melihat kebutuhan masyarakat akan sebuah HP yang masih sangat tinggi, akhirnya banyak vendor smartphone yang berusaha untuk memproduksi HP yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya.

Terlebih, HP zaman sekarang sudah dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi canggih seperti penghemat daya, keamanan, dark mode, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, rooting Android sepertinya hanya akan merepotkan kamu saja, geng.

2. Penyimpanan internal dan kapasitas RAM besar

Faktor lain yang menjadikan rooting Android tidak berguna untuk di lakukan di tahun 2019 adalah karena HP zaman sekarang sudah dibekali dengan penyimpanan internal juga kapasitas RAM yang besar.

Meskipun aplikasi bloatware tetap ada di HP Android baru, tetapi dengan hadirnya kapasitas penyimpanan yang besar membuat hal ini tidak terlalu major.

3. UI sudah bagus

Jika banyak pengguna Android jadul melakukan rooting untuk mengganti tampilan Android agar lebih menarik, di HP Android keluaran sekarang, sebenarnya sudah memiliki User Interface yang bagus.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah tema Android dengan berbagai pilihan aplikasi laucher Android yang menarik dan sesuai selera kamu.

4. Sistem keamanan sudah semakin canggih

Faktor lain yang membuat rooting Android tidak berguna untuk dilakukan oleh pengguna HP Android baru di tahun 2019 adalah sistem keamanannya yang sudah canggih.

HP Android zaman sekarang sudah memiliki fitur proteksi keamanan yang canggih sehingga jika kamu memaksa untuk melakukan rooting, justru ada potensi HP kamu diretas.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai apakah rooting Android masih layak untuk dilakukan di 2019.

Untuk kamu pengguna HP Android jadul, rooting Android sah-sah saja dilakukan karena masih memiliki manfaat yang mungkin HP kamu sulit dapatkan.

Tapi, buat kamu pengguna HP Android baru, rooting Android Jak rasa tidak lagi berguna untuk dilakukan di tahun 2019 karena sudah memiliki fitur dan teknologi yang canggih.

Baca juga artikel seputar Android & iOS menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT

5 Aplikasi Android Keren yang Nggak Bisa Dinikmati Pengguna iPhone!

Aplikasi Pengubah Wajah Android Lebih Canggih dari Animoji iPhone X

15 HP RAM 3GB Murah & Terbaik 2020, 1 Jutaan Fitur Lengkap!

10 Mitos Handphone yang Terbukti Hoaks, Nomor 5 Banyak yang Ngelakuin!

Cara Memotong Video di PC dan Android | Lengkap dan Mudah!

Apa Itu Root Beserta Kelebihan & Kekurangannya, Gak Worth It di 2020?

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal