Perbedaan Android Lollipop Dibandingkan Android Jelly Bean

25 August 2015

Android memang tidak henti-hentinya berinovasi dengan memberikan update pada setiap versi dari OS ini. versi terbaru Android adalah Android 6.0 Marshmallow dan disebutkan baru beberapa smartphone dan tablet saja yang akan mendapatkan update ke Android 6.0 Marshmallow. Mari tinggalkan sejenak mengenai Android 6.0 Marshmallow dan turun satu versi Android sebelumnya yaitu Lollipop, kali ini JalanTikus akan memberikan penjelasan singkat mengenai perbedaan Android Lollipop dibandingkan dengan Jelly Bean.

Perbedaan Android Lollipop Vs Android Jelly Bean

1. User Interface, Material Design

Hal pertama yang terlihat dari Android Lollipop adalah user interface dengan material design. Tampilan Android Lollipop tentu jauh berbeda dari Android Jelly Bean dengan tampilan ikon yang sederhana dan minimalis, serta permainan warna yang solid. Sebagai bagian dari tampilan Material design, Google juga memperkenalkan dua widget baru yaitu RecyclerView widget dan CardView widget terbarunya. Ketika Android Lollipop dirilis, banyak sekali developer yang ikut mengubah tampilan dari aplikasinya dengan bentuk material design dari Android Lollipop.

2. Notifikasi

Fitur notifikasi di Android bukan hal baru, tetapi Notifikasi yang muncul di bagian atas dalam bentuk mirip pop up merupakan fitur terbaru yang dihadirkan di Android Lollipop. perbedaan Android Lollipop vs Android Jelly Bean dari notifikasi adalah ketika di Android Jelly Bean, notifikasi muncul di atas tetapi untuk melihat notifikasi harus di drag ke bawah dan di klik. Sementara di Android Lollipop cukup satu kali klik karena langsung muncul di atas sebagai pop up.Begitu juga dengan notifikasi ketika layar sedang terkunci, di Android Lollipop terlihat cukup berbeda dengan tampilan notifikasi dengan warna dan kontras yang lebih jelas dibanding Android Jelly Bean.

3. Dukungan 64-bit

Android Lollipop mendukung sistem operasi Android dengan arsitektur 64-bit.

4. Peningkatan GPU

Google meningkatkan kemampuan grafis dari Android pada versi Android Lollipop ini. Dengan peningkatan bagian GPU maka tampilan akan terlihat lebih mulus dibanding versi Android sebelumnya.

5. Dukungan Bluetooth 4.1

Pada Android Lollipop, dukungan terhadap Bluetooth 4.1 telah disediakan. Berbeda dengan Bluetooth 4.0, teknologi di Bluetooth 4.1 tidak akan saling berbenturan dengan sinyal 4G serta koneksi antar perangkat dengan Bluetooth 4.1 di Android Lollipop.

6. Baterai Efisiensi

Tingkat efisiensi baterai dengan Android Lollipop bisa dibilang sangat irit apalagi terdapat perbaikan dari fitur Battery Saver mode. Dengan beralih ke Android Lollipop, baterai bisa lebih awet dibanding versi Android sebelumnya.

Jadi untuk yang Smartphone dan tabletnya sudah bisa update ke Android Lollipop sebaiknya beralih ke Lollipop dengan keuntungan seperti disebutkan di 6 poin diatas.

Artikel Menarik Lainnya

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar