J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kenapa Smartphone Bentuknya Persegi Panjang? Ini 6 Alasannya!

Kenapa Smartphone Bentuknya Persegi Panjang? Ini 6 Alasannya!

Jumat, 7 Apr 2017, 12:00 WIB
Berbicara mengenai bentuk smartphone, selama menggunakan smartphone untuk chatting, main game atau mendengarkan musik, pernah nggak kamu terpikir kenapa smartphone bentuknya selalu persegi panjang? Ternyata ada alasannya loh.

Saat ini smartphone sudah jadi salah satu kebutuhan hidup manusia. Gimana nggak, dengan semakin mudahnya smartphone didapatkan dan banyaknya aplikasi pendukung yang memudahkan manusia, wajar rasanya jika manusia jadi kecanduan smartphone. Bahkan kini saking banyaknya jenis smartphone, rasanya sudah saatnya kita kembali menggunakan kata "handphone" lagi, tanpa imbuhan "smart". Toh rata-rata semua handphone yang keluar dan digunakan sekarang sudah pada pintar, kan?

Di balik perubahan istilah handphone ke smartphone, pernah nggak terpikir olehmu sebuah pertanyaan sederhana, "Kenapa handphone rata-rata mengambil bentuk persegi panjang?"

BACA JUGA
  • Ini Alasan Kenapa Smartphone dengan Layar Kecil Jauh Lebih Baik Dibandingkan Layar Besar
  • Kenapa Smartphone Bisa Meledak? Ini Penyebabnya
  • 5 Alasan Penting Kenapa Smartphone China Bisa Menguasai Dunia

Kenapa Smartphone Bentuknya Persegi Panjang?

Jangan cuma tahunya pake smartphone untuk chatting, main game, dengerin musik dan nonton film aja. Kamu juga harus tahu fungsi lain smartphone. Dan yang paling penting, harus tahu alasan kenapa rata-rata smartphone selalu keluar dengan mengusung desain persegi panjang. Seperti yang dikutip dari Wittyfeed, ternyata ada alasan kenapa smartphone bentuknya persegi panjang.

1. Semua Berawal dari Cara Kita Melihat

Kenapa Smartphone Bentuknya Persegi Panjang 1

(Sumber gambar: Wittyfeed)

Ngaku deh, kamu pasti lebih suka melihat sesuatu seluas mungkin kan? Apalagi jika berhubungan dengan kebutuhan hiburan. Makanya nonton di bioskop lebih seru ketimbang nonton di smartphone. Karena memang saat melihat sesuatu lebih luas, maka kita pun akan semakin puas. Dibandingkan menikmati tampilan pada layar persegi atau lingkaran, tampilan layar persegi panjang lebih nyaman untuk dinikmati baik vertikal maupun horizontal.

2. Pernah Dengar Rasio Aspek?

Rasio aspek adalah angka yang menunjukkan perbandingan panjang dan lebar suatu bidang gambar. Kasarnya, rasio aspek bisa juga dijelaskan sebagai proporsi tampilan gambar di layar dengan ukuran layarnya itu sendiri. Jika proporsinya pas, maka nonton atau main game pun akan semakin nyaman. Kebayang nggak kalo nonton video di layar yang bentuknya kotak persegi empat?

Kenapa Smartphone Bentuknya Persegi Panjang 6

(Sumber gambar: Wittyfeed)

Nah, bicara soal rasio aspek, standar rasio yang bisa membuat nyaman mata manusia adalah 16:9. Nah, rasio ini tuh bentuknya persegi panjang, bukan kotak persegi yang punya rasio 1:1.

3. Pentingnya Simetris dalam Segala Hal

Kenapa Smartphone Bentuknya Persegi Panjang 5

(Sumber gambar: Wittyfeed)

Sadar nggak sih kalo aspek simetris pada sesuatu hal itu sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan penglihatan kita? Bahkan pada huruf sekali pun. Nah, usut punya usut, ternyata melihat deretan huruf pada bidang persegi panjang akan membuat mata kita lebih nyaman. Selain itu, dengan bentuk layar yang persegi panjang maka akan membuat huruf tidak akan keluar dari frame. Tapi coba deh kalo bentuknya bulat, pasti ada sebagian huruf yang terpotong di tepian frame.

4. Karena Piksel itu Bentuknya Persegi

Pernah dengar istilah piksel? Nah, piksel ini bentuknya kotak loh. Makanya setiap kali kamu memperbesar gambar di Photoshop, maka akan terlihat bentuk kotak-kotak. Karena piksel ini bentuknya kotak, maka gambar akan lebih bagus jika mengisi tampilan persegi panjang dibanding bentuk lingkaran.

Kenapa Smartphone Bentuknya Persegi Panjang 4

(Sumber gambar: Wittyfeed)

Piksel adalah bagian terkecil dalam sebuah gambar yang dihitung per inci. Piksel berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element.

5. Bidang Persegi Panjang Lebih Luas Dibanding Lingkaran atau Segitiga

Menurut perhitungan, bidang persegi panjang lebih luas dibandingkan bidang lingkaran atau segitiga. Karena itulah permukaan layar persegi panjang lebih mampu menampung banyak karakter huruf. Coba saja kamu bayangkan, berapa banyak huruf yang mampu ditampung dalam lingkaran atau segitiga? Lebih sedikit daripada bidang persegi panjang.

Kenapa Smartphone Bentuknya Persegi Panjang 7

(Sumber gambar: Wittyfeed)

Masih nggak paham? Hitungannya adalah luas persegi akan selalu lebih luas dibandingkan luas lingkaran. Karena secara matematika, luas persegi panjang adalah Panjang x Lebar. Sementara luas lingkaran adalah 2 x 3,14 x radius.

6. Persegi Panjang Lebih Nyaman Digenggam

Kenapa Smartphone Bentuknya Persegi Panjang 2

(Sumber gambar: Wittyfeed)

Smartphone berbentuk persegi panjang lebih nyaman untuk digenggam saat digunakan. Bukan hanya digunakan, bahkan lebih nyaman saat tidak digunakan, yakni saat disimpan di dalam saku celana.

Jadi, sekarang sudah tahu kan kenapa kebanyakan smartphone bentuknya persegi panjang? Meski demikian ada loh smartphone yang mengusung bentuk aneh, seperti BlackBerry Passport yang punya desain layar kotak persegi empat.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Hack Password Wifi 5

Cara Hack Password WiFi dengan Smartphone Android

Ini Dia Bahasa Pemrograman Dan Prosesi Ti Dengan Upah Tertinggi

Inilah Bahasa Pemrograman dan Profesi TI dengan Gaji Tertinggi

Smartphone 4g Murah Dibawah Satu Juta Banner

5 Smartphone 4G LTE Terbaik Harga di Bawah 1 Juta

Aplikasi Terbaik Khusus Cewek

Cowok HARAM Install 5 Aplikasi Terbaik Khusus Cewek Ini!

Google Pixel Smartphone Android Terbaik 10

9 Alasan Kenapa Google Pixel Layak Disebut Smartphone Android Terbaik

APPS TERKAIT
Splash Tool Icon
Smartphone Flash Tool (All Version) 5.1548
Apps SpflashTool
Antutu Benchmark
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
Antutuofficer Icon
Antutu Officer 4.3.8
Apps AnTuTu
Geekbench Icon
Geekbench 3 3.4.1
Apps Primate Labs Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Inilah 7 Tanda Bahwa Kamu Telah Menuhankan Smartphone

Inilah 7 Tanda Bahwa Kamu Telah Menuhankan Smartphone

Bingung Setiap Beli Smartphone Baru? 6 Hal Ini Penyebabnya

Bingung Setiap Beli Smartphone Baru? 6 Hal Ini Penyebabnya

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

Gokil! Punya Layar 1,54 Inci, Ini Dia Smartphone Terkecil di Dunia!

Gokil! Punya Layar 1,54 Inci, Ini Dia Smartphone Terkecil di Dunia!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal