• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan Mengapa Samsung dan Xiaomi Keok Lawan OPPO dan vivo di Tahun 2019

5 Alasan Mengapa Samsung dan Xiaomi Keok Lawan OPPO dan vivo di Tahun 2019

Selasa, 19 Nov 2019, 16:00 WIB
Oppo dan vivo berhasil menggulingkan Samsung dan Xiaomi sebagai merek smartphone paling laris di Indonesia. Kenapa bisa seperti itu?

Dalam beberapa tahun terakhir, penguasa pasar smartphone di Indonesia adalah Samsung. Xiaomi sesekali menguntit di belakang berkat strategi HP murahnya.

Akan tetapi, hasil mengejutkan di pasar penjualan smartphone terjadi di kuarter tiga 2019. OPPO dan vivo berhasil menguasai pasar dan menghentikan dominasi Samsung dan Xiaomi.

Apa yang menyebabkan kedua merek HP dari China tersebut berhasil melakukannya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Oppo dan vivo Kalahkan Samsung dan Xiaomi

Alasan Samsung Xiaomi Keok Lawan Oppo Vivo 0 A30e2
Sumber foto: Twitter

Banyak hal yang mengejutkan dari riset yang dilakukan oleh International Data Corporation (IDC) sepanjang kuarter tiga tahun 2019.

OPPO berhasil menduduki peringkat pertama sebagai produsen smartphone terlaris di Indonesia dengan angka 26.6%. Produk OPPO yang paling laris adalah seri K3, A5, dan A9.

Menyusul di bawahnya adalah vivo dengan angka 22.8%. Mereka mampu mengusai pasar menengah dengan seri Z1 Pro yang dimiliki.

Adapun Samsung harus rela turun ke peringkat 3 dengan angka 19.4%. Munculnya seri A terbaru yang terlalu cepat dianggap sebagai salah satu penyebabnya.

Hasil mengejutkan lain ditunjukkan oleh realme yang berhasil menyodok ke peringkat empat dengan pangsa pasar 12.6%.

Padalah, merek tersebut baru satu tahun hadir di Indonesia dan menjadikan realme sebagai salah satu smarpthone dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

Xiaomi sendiri harus puas berada di peringkat kelima dengan selisih 0.1% dari realme.

Alasan Mengapa OPPO dan vivo Mampu Kalahkan Samsung dan Xiaomi

Tentu ada alasan-alasan di balik kesuksesan OPPO dan vivo menguasai pasar Indonesia. Jaka sudah mengumpulkan beberapa alasan untuk menjelaskan fenomena ini.

1. Kualitas Setara

Alasan Samsung Xiaomi Keok Lawan Oppo Vivo 1 12513
Sumber foto: Gadgets Now

Dulu, orang sering skeptis dengan smartphone-smartphone dari China yang dianggap sebagai produk murahan dan tidak berkualitas.

Kini, pandangan tersebut berubah 180 derajat. Banyak HP-HP berkualitas dari merek China yang tidak kalah dari merek-merek lain seperti Samsung.

Spesifikasi yang diberikan setara dengan HP Samsung, terkadang dengan harga yang lebih murah. Belum lagi banyak inovasi yang dikeluarkan oleh mereka.

2. Aktif Meluncurkan Lini Produk Baru

Alasan Samsung Xiaomi Keok Lawan Oppo Vivo 2 765f7
Sumber foto: revu

Konsistensi meluncurkan produk terbaru juga menjadi salah satu alasan kesuksesan merek-merek China mendominasi pasar smartphone di Indonesia.

Produsen-produsen ini memang terkenal aktif dalam meluncurkan produk yang mengincar pasar kelas menengah.

Sebut saja OPPO dengan seri A-nya atau vivo dengan seri S-nya. Apalagi, HP-HP kelas menengah tersebut mampu menghadirkan fitur-fitur premium.

3. Stok Selalu Ada

Alasan Samsung Xiaomi Keok Lawan Oppo Vivo 3 857eb
Sumber foto: Gizchina

Berbeda dengan Xiaomi yang sering dianggap sebagai HP gaib, HP-HP OPPO dan vivo bisa dibilang selalu tersedia di pasaran.

Bahkan, realme yang termasuk baru pun bisa menghadirkan ketersediaan produk secara konsisten. Hal ini mendorong angka penjualan mereka.

Bagaimana produk-produk yang masuk secara ilegal? Nah, hasil riset yang dilakukan hanya menghitung penjualan resmi, geng. Barang ilegal tidak masuk hitungan

4. Kesalahan Strategi Lawan

Alasan Samsung Xiaomi Keok Lawan Oppo Vivo 4 B6b2b
Sumber foto: WhatMobile

Berhasil naiknya OPPO dan vivo tidak lepas dari kesalahan strategi yang dilakukan oleh para kompetitornya.

Jaka mengambil contoh Samsung. Di awal tahun, mereka sukses menguasai pasar karena seri A terbaru mereka disukai oleh masyarakat.

Di kuartal tiga ini, mereka mengeluarkan versi upgrade-nya seperti A10s dan seterusnya. Peluncuran ini dinilai terlalu cepat dengan peningkatan yang tidak terlalu signifikan.

Akibatnya, shipment Samsung pun tidak sebesar sebelumnya dan mengakibatkan penurunan angka penjualan.

5. Marketing yang Gila-Gilaan

Glodok Kayak Kuburan Itc Roxy Mas Tak Pernah Sepi EiXAjozy7X 1981c
Sumber foto: Okezone

Salah satu alasan mengapa OPPO dan vivo bisa meraih kesuksesan seperti ini adalah karena agresifnya marketing mereka di Indonesia.

Mereka tak ragu untuk merekrut artis-artis Indonesia untuk menjadi brand ambassador mereka. Sebut saja OPPO yang pernah menggunakan Chelsea Islan atau vivo dengan Agnez Mo.

Mereka sangat aktif beriklan di berbagai media, baik televisi maupun internet. Belum lagi gerilya para sales OPPO dan vivo yang mereka lakukan di toko-toko offline hingga ke pelosok daerah.

Akhir Kata

Hasil yang berbeda ditunjukkan oleh badan riset lain. Counterpoint misalnya, menyebutkan Samsung masih menguasi pasar dengan angka 22%, disusul Xiaomi dengan angka 20%.

Di sisi lain, OPPO justru turun menjadi 19% dibandingkan dengan kuarter tiga tahun 2018. vivo mengalami kenaikan yang cukup signifikan (13%), begitu pula dengan realme (11%).

Beda lagi dengan hasil riset dari Canalys. Sama seperti IDC, OPPO menjadi vendor nomor 1 di Indonesia dengan unit share 23%.

Menyusul di bawahnya adalah Xiaomi (22%), Samsung (21%), vivo (17%), dan realme (11%). Kenaikan penjualan tertinggi dialami oleh vivo.

Secara umum, berbagai hasil riset di atas menunjukkan bahwa smarpthone asa Negeri Tirai Bambu tersebut menguasai pasar Indonesia secara masif.

Bagaimana tidak, empat dari lima besar merek berasal dari China. Alasan mengapa mereka berhasil menguasai pasar Indonesia sudah Jaka sebutkan di atas.

Gimana pendapatmu nih, geng? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar HP atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Hp Android 3 Jutaan 9f75b

Daftar HP Android Harga 3 Jutaan Terbaru & Spesifikasi Lengkap 2020

Hp Terbaik 2019 Banner 1b0b4

Rekomendasi 5 HP Terbaik di 2019 yang Layak Kamu Miliki!

Hp Ram 4gb Murah Terbaik 2020 Banner 53648

12 HP RAM 4GB Murah dan Terbaik 2020, Main PUBG Auto Rata Kanan!

Rekomendasi Hp Terbaik 2020 Banner Fd3a8

12 HP Terbaik 2020 Wajib Beli Tahun Ini, Ada iPhone Murah Spek Mewah!

Rekomendasi Hp Harga 2 Jutaan 2020 Banner Dc044

12 HP Harga 2 Jutaan Terbaik 2020, Dijamin Anti Nge-Lag buat Gaming!

Hp Terbaru 2020 Dan Harganya Banner 0ab11

Daftar HP Terbaru Maret 2020 & Harga Resminya | Persaingan Makin Sengit!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal