J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Mau Beli HP Bekas? Ini 7 Alasan Beli HP Second Lebih Baik Daripada HP Baru!

Mau Beli HP Bekas? Ini 7 Alasan Beli HP Second Lebih Baik Daripada HP Baru!

Rabu, 13 Mei 2020, 19:30 WIB
Lebih baik beli HP baru atau bekas, sih? Untuk itu mending simak ulasan keuntungan dan alasan kenapa beli HP second lebih baik daripada HP baru berikut ini.

Emang sih, membeli HP terbaru bakal memberikanmu kepuasan tersendiri. Mulai dari proses unboxing hingga pengalaman penggunaan yang bakal terasa lebih smooth, geng.

Dengan juga, kamu tentu bakal merasa lebih up-to-date sekaligus bisa pamer pada orang lain karena mungkin saja HP yang kamu beli belum banyak yang pakai.

Namun ternyata ketimbang membeli HP baru, lebih banyak manfaat dan keuntungan beli HP bekas alias second yang bisa kamu rasakan, lho.

Apa sajakah keuntungan beli HP second itu? Nah, biar kamu nggak bingung untuk lebih lengkapnya bisa kamu simak pada ulasan Jaka di bawah ini ya!

Apa Itu HP Second?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, mungkin beberapa dari kamu belum mengenal apa itu HP second atau bekas, kan?

Apa Itu Hp Second Dbafc
Sumber foto: youtube.com

Jadi intinya, HP second adalah perangkat smartphone yang bukan dalam keadaan baru atau dalam hal ini sudah dipakai oleh tangan pertama, kedua, maupun seterusnya.

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, ada baiknya kamu memilih HP second original yang merupakan smartphone bekas yang memang langsung didapat dari tangan penggunanya.

Baik itu yang dalam keadaan BNOB alias Brand New Out Box atau baru dibuka atau dipakai beberapa saat, atau HP bekas bergaransi resmi baik yang tengah berjalan maupun sudah hangus.

Apa Itu Hp Refurbish D3fb6
Sumber foto: makemac.com

Selain HP second, ada satu tipe lagi yang lebih baik kamu hindari, yakni HP refurbish atau rekondisi. Di mana tipe smartphone ini sebelumnya sudah dalam keadaan bermasalah, diperbaiki, lalu dijual kembali.

Walau harganya lebih murah, Jaka sarankan buat kamu yang mau beli HP refurbish pabrik. Artinya HP yang bermasalah sebelumnya diperbaiki kembali oleh pabrik resmi, seperti yang dilakukan Apple.

Sebaliknya, ada juga HP refurbish vendor di mana dilakukan oleh pihak diluar pabrik resmi dan lebih berisiko karena lebih rawan kembali rusak karena nggak diperbaiki sesuai standar, geng.

Alasan Beli HP Second Lebih Baik Daripada HP Baru, Jaminan Murah!

Banyak alasan kenapa orang lebih memilih untuk membeli HP bekas ketimbang HP baru, mulai dari masalah bujet hingga mau merasakan pengalaman HP flagship dengan harga terjangkau.

Terlebih saat ini sudah ada beberapa platform online yang khusus menjual HP bekas, seperti OLX dan Laku6, geng.

Beberapa alasan dan kemudahan tersebut pun, tentu bikin kamu makin tertarik untuk beli HP bekas, kan? Yuk simak ulasannya!

1. Jaminan Banderol Harga Murah

Beli Hp Bekas Murah F2485
Sumber foto: zdnet.com

Pasaran harga dari HP second pasti jauh lebih murah di bawah HP baru. Di sini kamu bisa mendapatkan HP second dengan selisih harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, lho.

Tentu hal ini ditentukan lewat kondisi dan tawaran dari penjualnya. Ada pun kalau kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan HP second original yang masih memiliki garansi panjang.

Untuk mendapatkan harga termurah, tentu kamu harus sabar melihat pantauan harga di pasaran. Misalnya cari penjual yang butuh uang cepat alias BU yang biasa membanderol harga murah.

2. Harga Jual Kembali Tidak Jatuh

Beli Hp Bekas Jual C0404
Sumber foto: mobdroapps.com

Membeli HP baru punya risiko harga jual kembali yang pasti jatuh. Apalagi kalau perangkat smartphone yang kamu beli punya aftersales yang buruk. Bakal rugi banget, tuh!

Sementara kalau kamu beli HP second murah, kamu masih bisa menjual kembali dengan kerugian minim. Ya, kurang lebih masih di kisaran ratusan ribu, geng.

Rugi jutaan untuk gonta-ganti HP baru tentu bakal beda rasanya dibanding rugi ratusan ribu dari gonta-ganti HP second, kan?

3. Bisa Dapat Keuntungan dari Jual HP Bekas

Beli Hp Bekas Untung 4eb2e
Sumber foto: pocketnow.com (Buat kamu yang mau cari cuan, jual-beli HP bekas bisa jadi ide usaha yang menguntungkan.)

Seperti Jaka ulas pada poin pertama, kamu mungkin bisa menemukan penjual HP second yang lagi BU sehingga menawarkan harga HP bekas di bawah pasaran.

Nah, di sini kesempatan mu untuk membeli dan jual kembali dengan harga normal untuk mendapatkan keuntungan, geng.

Apalagi kalau kamu punya skill servis HP dan memolesnya seperti baru, maka nilai jualnya bakalan naik, lho. Lumayan banget buat menambah uang jajan, kan?

Alasan Beli HP Bekas Lainnya...

4. Bebas Ganti Kalau Bosan

Beli Hp Bekas Ganti 989f0
Sumber foto: 9to5mac.com

Keuntungan beli HP bekas lainnya adalah cocok buat kamu yang orangnya "bosenan", geng. Terlebih untuk masalah smartphone yang jadi perangkat wajib sehari-hari.

Dengan membeli HP bekas, kamu bisa bebas bergonta-ganti HP tanpa harus mengalami rugi banyak. Kamu pun bisa mencoba banyak seri HP dari berbagai merk, tanpa harus mengeluarkan bujet tinggi.

Seru kan kalau kamu bisa merasakan experience menggunakan banyak merek HP dalam waktu yang tidak berselang lama?

5. Bisa Mendapatkan Banyak Bonus

Beli Hp Bekas Aksesoris F5be2
Sumber foto: nytimes.com

Untuk meningkatkan nilai jualnya, banyak seller HP bekas menyertakan berbagai bonus menarik untuk pembeli dagangan mereka.

Misalnya saja berupa aksesoris ponsel, seperti casing tambahan hingga screen protector yang sudah terpasang sebelumnya, geng.

Cocok banget buat kamu yang nggak mau keluar duit tambahan untuk membeli aksesoris, sehingga tinggal beli dan pakai saja, deh!

6. Punya HP Flagship Second Harga HP Baru

Apa Itu Hp Second Dbafc
Sumber foto: androidauthority.com (Dengan beli HP second, kamu bisa punya HP flagship impian dengan harga murah deh!)

Hal lain yang menjadi alasan beli HP bekas lebih baik adalah kamu bisa merasakan memiliki HP flagship second dengan harga layaknya HP baru saat itu.

Misalnya saja kamu mau beli HP dengan Snapdragon 845 atau yang setara, seperti Xiaomi Mi 8 dan ASUS ZenFone 5z di mana keduanya merupakan seri flagship pada masanya.

Di tahun 2020, kamu bisa memilikinya dengan harga 3 jutaan doang, lho! Artinya dengan bujet tersebut kamu sudah bisa mendapatkan performa kencang dengan build quality premium, nih.

7. Membantu Mengurangi Sampah Elektronik

Beli Hp Bekas E Waste 2e0d7
Sumber foto: aljazeera.com

Tanpa kamu sadari, dengan membeli HP bekas kamu sekaligus membantu mengurangi sampah elektronik (e-waste) di dunia, lho.

Kebiasaan bergonta-ganti HP baru nyatanya bakal mempercepat proses timbulnya e-waste, yang mana menurut PBB jumlah sampah elektronik di dunia bakal mencapai 52 juta ton pada 2021 mendatang.

Kenapa bisa begitu? Soalnya dengan membeli HP bekas kamu tentu akan memperpanjang masa pakai sebuah perangkat sehingga nggak akan langsung menjadi sampah elektronik.

Video: Awas Ketipu Barang Refurbish! Ini Dia Kumpulan Tips Membeli HP Bekas Berkualitas

Akhir Kata

Nah, itulah dia beberapa keuntungan dan alasan kenapa beli HP bekas atau second lebih baik ketimbang beli perangkat baru, geng.

Namun sebelum kamu mulai mencari dan membelinya, kamu juga wajib menyimak beberapa tips membeli HP bekas yang sudah pernah Jaka ulas sebelumnya.

Selain keuntungan beli HP second di atas, adakah alasan lain yang belum Jaka sebutkan? Kalau ada, jangan lupa bagikan pada kolom komentar di bawah ya!

Baca juga artikel seputar HP Bekas atau artikel menarik lainnya dari Ardiforgood.

ARTIKEL TERKAIT
Rekomendasi Hp Bekas Murah Berkualitas Banner C25a9

10 HP Bekas Murah Berkualitas Terbaik 2020, Mulai 500 Ribu Saja!

Fakta Hp Bekas Yang Tidak Terpakai 53501

Bagaimana Nasib HP Setelah Tidak Lagi Dipakai? Ini Fakta Mengejutkannya!

Cara Beli Hp Second Banner 624b0

5 Tips Beli HP Bekas (Second) Agar Ga Ketipu Penjual!

Rekomendasi Hp Dibawah 1 Juta Terbaik 2020 92a64

12 HP di Bawah 1 Juta Terbaik 2020 yang Bisa 4G Paling Layak Beli

Hp Android 500 Ribuan Banner 21866

10 HP Android Murah di Bawah 500 Ribu Kualitas Terbaik 2020

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal