Ini Dia Alasan Kenapa Laptop Bisa Super Panas dan Cara Mengatasinya!

Banyak dari kamu yang menggunakan laptop namun kamu bingung harus berbuat apa saat laptop tersebut panas. Kenapa sih laptop itu bisa panas? Apakah ada faktor-faktor tertentu yang menyebabkan laptop bisa panas? Lalu, bagaimana cara mengatasi laptop panas?

Untuk menjawab beragam pertanyaan tersebut, maka Jaka akan memberikan pencerahan dan alasan kenapa laptop bisa super panas dan bagaimana cara mengatasinya. Kamu baca baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA
  • Smartphone Kamu Panas? Mungkin Ini Penyebabnya
  • Batas Aman Suhu Terpanas untuk Notebook dan Smartphone Kamu
  • HATI-HATI! 4 Penyebab Ini Bikin Android Kamu Cepat Panas

Ini Dia Alasan Kenapa Laptop Bisa Super Panas dan Cara Mengatasinya!

Ada banyak alasan kenapa laptop kesayangan kamu bisa panas atau biasa disebut overheat. Untuk itu, lihat saja beberapa faktor di bawah ini ya.

1. Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Alasan Laptop Overheat 1

Hal yang paling bisa membuat laptop overheat adalah saat kamu memainkannya di atas kasur atau bantal, atau alas yang tidak memberikan ruang untuk fan mengeluarkan udara panas. Maka dari itu, sirkulasi udara pada laptop akhirnya tidak lancar dan laptop mulai memanas.

2. Kipas Laptop Sangat Kotor

Alasan Laptop Overheat 2

Faktor utama di antara penyebab laptop overheat lainnya adalah kipas laptop yang sangat kotor. Hal ini biasanya dirasakan oleh para pengguna laptop yang malas bersih-bersih. Jadi, kipas tertutup oleh banyaknya debu dan memperlambat kinerja dari sistem pendingin laptop itu sendiri.

3. Kipas Mati

Alasan Laptop Overheat 3

Hal lainnya yang sering terjadi dan tidak disadari oleh pengguna adalah kipas pada laptop itu mati. Tentu saja ini akan membuat laptop jadi overheat dan bahkan saking panasnya kamu bisa gunakan untuk memasak air. Maka dari itu, periksa kipas laptop kesayanganmu itu ya.

Itu dia beberapa faktor penyebab terjadinya laptop overheat. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya laptop panas? Kamu bisa baca di bawah ini deh cara mengatasi laptop overheat yang benar.

1. Pakai Vacuum Cooler

Alasan Laptop Overheat 4

Brader, sering kali kamu melupakan salah satu aksesoris tambahan pendingin laptop yang sebenarnya memiliki harga nan murah. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu beli deh vacuum cooler. Harga vacuum cooler sendiri berkisar mulai Rp64.000 lho. Dengan harga semurah itu, laptop kamu jadi lebih awet deh.

2. Pasangkan Cooling Pad

Alasan Laptop Overheat 5

Buat kamu yang suka menggunakan laptop di atas kasur, memasangkan cooling pad sebagai alas laptop bisa menjadi jawaban yang baik untuk itu. Sebab dengan begitu, ruang ventilasi tetap bisa mengalir dengan baik dan kipas di dalam laptop tetap mampu mengeluarkan udara panas tanpa hambatan. Baiknya lagi, kamu pasangkan cooling pad dan vacuum cooler secara bersamaan.

3. Periksa Thermal Paste

Alasan Laptop Overheat 6

Salah satu hal yang wajib kamu lakukan adalah kamu harus memeriksa thermal paste pada prosesor. Biasanyam karena sudah lama dipakai, thermal paste itu sudah mengering brader. Padahal, thermal paste itu lah yang berfungsi menghantarkan panas keluar. Makanya, periksakan itu secara rutin ya.

Itu dia beberapa alasan kenapa laptop bisa super panas dan cara mengatasi laptop overheat. Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Laptop atau tulisan menarik lain dari Jofinno Herian.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Nokia Nokia6
Wow, Nokia 6 Sekuat Nokia 3310! Tahan Peluru Nggak Ya?
Banner Hdwallpaperbackgrounds Blur
Inilah Cara Memperbaiki Foto Blur Dengan Mudah!
Convert Audio Ke Text Aac5c
Cara Convert Audio ke Text di PC atau Laptop, Praktis & Anti Capek!
Banner Cnet Razermaling
Sedih, Prototipe Laptop Gaming Tiga Monitor Razer Dicuri!
Banner Bgr Hacker
Mengenal Teknik Hacking Phising dan Cara Mencegahnya
APPS TERKAIT
Greenify Icon
Greenify
Apps Oasis Feng
Battery Calibration
Battery Calibration 1.2
Apps NéMa
Avast Battery Saver Icon Icon
Avast Battery Saver 1.0.861
Apps Avast Software
Easy Battery Saver
Easy Battery Saver for Android 3.4.1
Apps 2Easy Team
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal