7 Alasan Kenapa Smartphone Dengan RAM 8GB Tidak Diperlukan Saat Ini

Default

Smartphone dengan RAM 6GB perlahan telah menjadi sebuah standar baru. Apalagi semenjak Asus meluncurkan smartphone dengan RAM 6GB termurah saat ini, ZenFone Max Pro M1. Tren smartphone dengan RAM 6GB semakin populer. Namun, dunia teknologi selalu berkembang dan kali ini produsen smartphone mulai mengenalkan tren smartphone dengan RAM 8GB.

Kita bisa membayangkan sehebat apa smartphone dengan RAM 8GB, pastinya kita bisa menjalankan semua aplikasi dan game yang ada di Play Store. Bukan hanya itu, kita juga bisa melakukan aktivitas layaknya menggunakan PC atau Laptop.

Sekilas memang terdengar sangat menggiurkan. Namun, ada sebuah pertanyaan harus kita jawab bersama. Apakah saat ini kita memerlukan RAM sebesar itu? Jawabannya adalah Tidak dan Inilah 7 alasan kenapa kita tidak memerlukan RAM 8GB di smartphone.

BACA JUGA
  • Cara Menambah RAM Android Tanpa ROOT Menggunakan Greenify
  • 4 Mitos Tentang RAM yang Ternyata Salah Kaprah
  • 5 Smartphone Terbaik 2018 dengan Baterai Besar dan RAM 4GB

7 Alasan Kenapa Smartphone Dengan RAM 8GB Tidak Diperlukan

1. Belum Ada Aplikasi dan Game yang Memerlukan RAM 8GB

1 05aa4
Sumber foto: Sumber: geekinsider.com

Hingga saat ini untuk menjalankan sebuah aplikasi ataupun game kita tidak memerlukan RAM hingga 8GB. Bahkan game terberat saat ini yaitu ARK: Survival Evolved Mobile, Modern Combat 5: Blackout, dan game lainnya masih bisa berjalan lancar di smartphone dengan RAM 6GB.

Sedangkan untuk menjalankan aplikasi AR dan VR, smartphone dengan RAM 4GB sudah mampu menjalankannya dengan lancar. Jadi buat apa beli RAM besar-besar tetapi ujung-ujungnya nggak terlalu berguna, kecuali kamu punya uang lebih.

2. Ponsel Terbaik di Dunia Cenderung Memiliki RAM Lebih Kecil

2 Ak6 D2158
Sumber foto: Sumber: clotheshorse.com

Siapa yang tidak kenal smartphone terbaik di dunia, iPhone X dan Samsung Galaxy S9. Kedua smartphone tersebut selalu membawa RAM standar, tidak besar dan tidak terlalu kecil. iPhone X hanya menyediakan RAM 3GB dan Galaxy S9 mempunyai RAM 4GB, kecuali Galaxy S9+ yang membawa RAM sebesar 6GB.

3. RAM Bukan Segalanya

3 812b3
Sumber foto: Sumber: talkandroid.com

Apa arti dari bukan segalanya? Yap, kamu tahu sendiri sebuah smartphone tidak hanya terdiri dari RAM saja, tapi ada Prosesor, Storage, Layar, dan Baterai. Keempat unsur tersebut sangat berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain.

Jadi, walaupun smartphone kamu memiliki RAM 8GB tetapi smartphone tersebut memiliki prosesor mid-end, layar lebar dan baterai kecil, pasti smartphone tersebut akan berjalan lambat. Jadi, ingat ya RAM bukan segalanya bagi sebuah smartphone.

Masih penasaran sama alasannya? Alasan nomor empat beneran jitu deh..

4. Orang Cenderung Sering Mengganti Ponsel

4 75493
Sumber foto: Sumber: kasperskydaily.com

Seperti yang kamu tahu, dunia teknologi memang selalu berkembang setiap waktunya, baik itu dari sektor hardware maupun sektor fitur atau software. Dan inilah salah satu sebab smartphone dengan RAM 8GB tidak begitu berguna, apa hubungannya dengan perkembangan teknologi?

Ya, karena teknologi baru juga memerlukan perangkat atau smartphone keluaran baru. Misalnya, dulu kita tidak mengenal VR (virtual reality) dan sekarang kita mengenal teknologi VR. Sudah barang tentu, smartphone zaman dulu tidak akan mendukung teknologi tersebut.

Dan itulah sebab kenapa seseorang sering mengganti smartphone mereka, apalagi kalau bukan teknologi yang semakin canggih dan berguna.

5. RAM 8GB Hanya Sebuah Strategi Pasar

5 0ed2f
Sumber foto: Sumber: thegioididong.com

Jika diingat-ingat, tahun lalu kita juga dikejutkan dengan hadirnya smartphone dengan RAM 6GB. Lalu apa ya terjadi? Iya, itu semua hanya strategi pasar, saat itu hanya sedikit orang yang tertarik untuk membeli smartphone dengan RAM 6GB.

Hal tersebut sama halnya apa yang terjadi di tahun ini, dimana ada smartphone yang menghadirkan RAM sebesar 8GB. Namun, sejatinya kita belum membutuhkan smartphone dengan RAM sebesar itu. Jadi cerdas-cerdaslah dalam memilih spesifikasi ya, guys.

6. Sebagian Besar Orang Tidak Akan Merasakan Perbedaan Antara RAM 6GB dengan RAM 8GB

6 3a001
Sumber foto: Sumber: androidcentral.com

Ada sebuah pertanyaan kecil untuk kamu yang ingin membeli smartphone dengan RAM 8GB, digunakan untuk apa smartphone RAM 8GB tersebut? Jika jawabannya adalah untuk membuka sosial media, menonton YouTube, menonton film, bermain game ringan atau cuman untuk kepentingan browsing. Maka saya sarankan untuk tidak membeli smartphone itu.

Karena kamu tidak akan pernah merasakan berbedaan antara menggunakan RAM 6GB atau RAM 8GB saat menggunakan smartphone tersebut. Kecuali jika kamu seseorang gamer berat, smartphone dengan RAM 8GB mungkin sedikit berguna untuk kamu.

7. Harga Smartphone Dengan RAM 8GB Sangat Mahal

7 3193b
Sumber foto: Sumber: moneytips.com

Semakin besar sebuah RAM pasti harga yang ditawarkan akan semakin mahal. Jika kita mengingat ke-6 poin diatas, rasanya berat untuk mengeluarkan dana besar hanya untuk mengikuti tren. Daripada kamu membeli smartphone dengan RAM super besar, lebih baik kamu tabung uang tersebut untuk smartphone yang menghadirkan teknologi baru dimasa depan nanti.

Akhir Kata

Itulah 7 alasan kenapa smartphone dengan RAM 8GB belum kita butuhkan saat ini. Ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangkan. Namun, dari sekian poin yang saya sebutkan di atas, ada faktor penting yang harus kamu tahu. Faktor tersebut adalah untuk apa smartphone itu digunakan? Jadi saran Jaka, belilah smartphone sesuai kebutuhan yang kamu perlukan ya.

ARTIKEL TERKAIT
Pjimage 2021 09 03t175807 325 Cb0eb
Daftar Paket Internet Unlimited Semua Operator | Update September 2021
Trik Dan Fitur Whatsapp Bee06
50+ Tips & Trik Fitur Terbaru WhatsApp 2021, Jarang Diketahui!
34a7b2c6c2685a8e4b4641f9558e32df
5 Aplikasi Penambah RAM Terbaik untuk Semua Tipe Android
10 Aplikasi Social Media Boros Ram 75c2e
Bikin Lemot! 10+ Aplikasi Media Sosial Ini Paling Boros RAM
Hp Ram 2gb Murah 70c85
12 HP Murah RAM 2GB Terbaik 2020 | Main PUBG Lancar Jaya!
APPS TERKAIT
Ram Booster Extreme Aplikasi Penambah Ram Icon
RAM Booster eXtreme - Aplikasi Penambah RAM 4.0.0
Apps 8JAPPS
Clean Master Icon
Clean Master (Boost & AppLock)
Apps Cheetah Mobile Inc
Dumpster Icon
Restore Deleted Photos by Dumpster 2.33.348.3e64
Apps Baloota
Greenify Icon
Greenify
Apps Oasis Feng
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal