J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan Fitur Radio di HP Dihilangkan, Teknologinya Mahal?

5 Alasan Fitur Radio di HP Dihilangkan, Teknologinya Mahal?

Jumat, 7 Feb 2020, 11:00 WIB
HP kamu nggak ada fitur radio FM-nya? Mau tahu kenapa? Berikut adalah beberapa alasan kenapa radio FM dihilangkan di perangkat HP.

Seiring dengan kemunculan berbagai teknologi baru pada perangkat smartphone, rupanya kondisi ini juga membuat sejumlah fitur legendaris pada HP jadi dihilangkan, termasuk salah satunya fitur radio FM.

Jika dulu fitur ini nggak pernah absen dihadirkan oleh para vendor smartphone di produk mereka, kini mayoritas HP keluaran terbaru justru sudah nggak lagi membawa fitur ini.

Tapi, sebenarnya apa, sih, alasan yang membuat fitur radio FM ini nggak lagi dihadirkan di HP-HP terbaru zaman sekarang? Yuk, cari tahu jawabannya lewat artikel selengkapnya berikut ini.

Alasan Fitur Radio Hilang di HP

Sempat menjadi salah satu fitur legendaris di HP yang akhirnya dihilangkan, tentu ada beberapa alasan yang melatarbelakangi keputusan ini.

Mau tahu apa saja? Berikut adalah beberapa alasan kenapa fitur radio hilang di kebanyakan HP zaman sekarang.

1. Internet Semakin Mudah Diakses

Internet Semakin Mudah Diakses Ef3cd

Nggak bisa dipungkiri bahwa kemunculan koneksi internet telah mampu mengubah berbagai macam hal, termasuk salah satunya kebiasaan pengguna.

Jika dulu televisi, koran, dan juga radio menjadi beberapa media yang sangat dibutuhkan banyak orang untuk mendapatkan informasi, kini berkat hadirnya internet semua bisa didapat dengan mudah kapan saja dan di mana saja sesuka kamu.

Bahkan, karena internet beserta platform-platform media sosial di dalamnya juga yang membuat dunia pertelevisian yang dulu ramai kini jadi sepi peminat.

Oleh karena itu, dengan semakin mudahnya seseorang untuk mengakses internet maka nggak terlalu mengherankan kalau fitur radio ini akhirnya dihilangkan dari HP, geng.

2. Aplikasi Streaming Musik Lebih Menarik

Aplikasi Streaming Musik Lebih Menarik 69fc6

Bukan hanya sebagai media informasi terkini saja, di radio juga terkadang kita dihibur oleh berbagai macam judul lagu yang biasanya merupakan request dari para pendengarnya.

Dinilai mampu memberikan hiburan musik yang menarik, oleh karenanya zaman dulu nggak sedikit orang yang sengaja membuka aplikasi radio untuk sekadar mendengarkan lagu.

Sayang, fitur radio kini nggak lagi terlihat menarik semenjak munculnya beragam aplikasi streaming musik seperti Spotify, Joox, dan lain sebagainya yang menawarkan lagu-lagu dari mancanegara dan berbagai genre musik.

3. Jumlah Peminat Semakin Berkurang

Jumlah Peminat Semakin Berkurang 11c5d

Dengan semakin banyaknya aplikasi streaming musik serta berbagai aplikasi game juga media sosial yang menawarkan fungsi lebih menarik, hal itu tentu saja berpengaruh pada jumlah peminat aplikasi radio yang semakin berkurang.

Bahkan, saat ini mungkin hanya segelintir orang saja yang masih menggunakan aplikasi radio dan itu pun biasanya karena HP yang mereka gunakan masih jadul sehingga nggak ada hiburan lain yang bisa didapatkan dari perangkat HP mereka.

Melihat kenyataan bahwa jumlah peminat aplikasi radio di HP yang semakin berkurang setiap tahunnya, oleh karena itu nggak mengejutkan kalau akhirnya para vendor HP melihat aplikasi radio sebagai fitur yang sudah nggak perlu lagi mereka hadirkan.

Terbukti, saat ini kebanyakan HP rilisan terbaru apalagi HP-HP flagship sudah nggak lagi memiliki aplikasi radio FM di dalamnya.

4. Fitur Gaming-related Lebih Menarik

Fitur Gaming Lebih Menarik B1842

Alasan lain yang membuat fitur radio FM di HP akhirnya dihilangkan adalah karena kebutuhan konsumen yang saat ini sudah beralih ke gaming-related alias fitur-fitur yang berkaitan dengan gaming, geng.

Seperti yang kita tahu, saat ini bermain game menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan pengguna di HP mereka.

Oleh karena itu, daripada memberikan sesuatu yang jarang digunakan oleh penggunanya, para vendor smartphone lebih memilih untuk menghadirkan fitur-fitur baru yang mampu mendukung kebutuhan gaming konsumen.

Berbagai fitur yang berkaitan dengan gaming seperti game booster hingga layar dengan refresh rate tinggi pun kini menjadi salah satu concern mereka di produk-produk HP terbarunya.

5. Mempersingkat Waktu Produksi

Mempersingkat Waktu Produksi 6ee06

Hal terakhir yang menjadi alasan kenapa fitur radio FM dihilangkan di sejumlah perangkat HP zaman sekarang adalah karena untuk mempersingkat waktu produksi.

Karena faktanya bahwa semua chipset buatan Qualcomm yang dibuat dalam beberapa tahun belakangan ini sudah memiliki FM receiver yang terintegrasi.

Hanya saja, mereka memilih untuk tidak mengaktifkannya diduga karena beberapa alasan sebelumnya yang sudah Jaka jelaskan dan juga untuk mempersingkat waktu produksi.

Pasalnya, jika fitur radio ini diaktifkan maka mereka perlu mengeluarkan lebih banyak effort mengingat FM receiver ini harus disetel sesuai dengan di mana perangkat HP tersebut akan dijual.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa fitur radio FM akhirnya hilang alias sengaja dihilangkan di kebanyakan HP keluaran zaman sekarang, geng.

Kalau menurut kamu fitur radio FM di HP ini penting nggak, sih? Share pendapatnya di kolom komentar bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Fitur HP atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Fitur Hp Zaman Sekarang Yang Tidak Ada Di Iphone 11 40ee9

6 Fitur HP Zaman Sekarang yang Gak Ada di iPhone 11 | Mending Xiaomi?

Fitur Di Hp Yang Sudah Gak Laku 8c85b

Udah Gak Zaman! Inilah 5 Fitur di HP yang Mulai Ditinggalkan Penggunanya

Fitur Hp Sony Xperia C32ee

5 Fitur Keren yang Wajib Dikenang dari Sony Xperia | Apple Versi Android?

Hal Menarik Yang Bisa Dilakukan Menggunakan Bluetooth Di Andorid D9278

5 Fitur Rahasia Bluetooth yang Jarang Orang Ketahui | Bisa Buat Buka HP Pacar!

Fitur Hp Masa Depan Banner E376f

7 Fitur Ajaib HP yang Kita Butuhkan di Masa Depan, Internetan Bakal Tanpa Kuota?

Fitur Tersembunyi Ios 13 74662

7 Fitur Tersembunyi di iOS 13 yang Tidak Orang Sadari, Android Mana Punya!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal