J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

AirDrop Android Besutan Google Hadir, Punya Fitur Canggih & Apik!

Jumat, 11 Sep 2020, 20:00 WIB
AirDrop Android kini telah hadir dan tak jauh beda dengan yang punya iPhone. Apa saja fitur dan keunggulan AirDrop Android?

Apple terkenal dengan inovasinya yang selalu berhasil membuat pengguna ponsel pintar berdecak kagum. Karena hal ini pula, banyak vendor smartphone Android yang mencoba mengikuti inovasi dari Apple.

Pada smartphone besutan Apple, yakni iPhone, tersedia berbagai fitur yang nggak ada pada perangkat Android. Salah satunya adalah AirDrop, geng.

Selain Bluetooth, iPhone juga memiliki fitur AirDrop yang berfungsi untuk berbagi file antar perangkat Apple dengan cepat dan praktis.

Ternyata, fitur ini membuat pengembang Android, yakni Google tertarik untuk membuat teknologi serupa AirDrop di Android, loh! Lalu, seperti apa sih AirDrop Android ini? Simak ulasan berikut ini, yuk!

AirDrop Versi Android

Sejak awal 2020, sudah terdengar kabar bahwa Google sedang merangcang teknologi serupa AirDrop yang lebih dahulu ada pada perangkat iPhone.

Fitur ini dinamai Nearby Share, sesuai dengan manfaatnya yang berfungsi untuk berbagi file secara wireless pada perangkat Android.

Untuk lebih tahu lebih jauh seputar AirDrop versi Android dan apa saja fitur yang dibawanya, kamu bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. AirDrop di Android Rancangan Google

Air 3 Custom 2b32b

Pada awal pengembangan, AirDrop versi Android ini disebut Fast Share, tapi kemudian diubah menjadi Nearby Share, geng.

Akhirnya, pada 4 Agustus kemarin, Google mengumumkan bahwa aplikasi untuk transfer file ini sudah selesai melewati tahap pengembangan dan siap diluncurkan mulai sekarang.

Tapi ternyata, nggak hanya Google yang mengembangkan fitur AirDrop versi Android ini, melainkan ada beberapa produsen yang juga mencoba inovasi ini.

2. Vendor yang Ikut Membuat AirDrop Android

Air 1 Custom 38048

Ternyata, Google bukan satu-satunya produsen yang mengikuti terobosan Apple ini. Masih ada beberapa produsen lain yang juga membuat AirDrop di Android, geng.

Beberapa di antaranya adalah OPPO, realme, dan Xiaomi. Ketiga vendor ini membuat aplikasi berbagi file antar perangkat pada HP besutannya.

Sayangnya, fitur dari ketiga produsen tersebut hanya bisa berkirim file pada HP buatannya masing-masing dan nggak bisa berkirim pada semua perangkat Android.

Google pun mencoba mengatasi permasalahan ini dengan mengembangkan Nearby Share yang bisa digunakan untuk berkirim file mulai dari urutan versi Android 6.0 ke atas.

3. Fitur Nearby Share

Air 2 Custom 7a33c

Dilaporkan XDA, fitur utama Nearby Share adalah kemampuan berbagi file antar perangkat Android. Fitur ini tergolong canggih karena akan secara otomatis memilah protokol paling mudah dan cepat, geng.

AirDrop Android ini memiliki fungsi untuk berkirim foto, video, maupun mengirim file besar lainnya pada perangkat sekitar secara langsung serupa fitur utama AirDrop iPhone.

Hanya saja, Nearby Share sudah dilengkapi dengan sejumlah pengaturan privasi. Sehingga, seluruh file yang dikirim lewat Nearby Share dibuat anonim, baik saat mengirim maupun menerima file.

Jadi, nggak ada pertukaran informasi pribadi saat tersambung pada perangkat lain. Kamu juga bisa mengatur visibilitas dengan mudah, seperti terlihat oleh semua orang, kontak yang dikenal, atau disembunyikan.

Fitur ini akan memanfaatkan metode apa saja yang tersedia untuk memastikan file bisa dikirim dengan cepat, mulai dari Bluetooth, Bluetooth Low Energy, WebRTC atau peer-to-peer Wi-Fi.

4. Smartphone dengan Fitur Nearby Share

Air 4 Custom Fa2c9

Nggak hanya untuk HP Android terbaru, tapi fitur ini sudah mulai digulirkan secara bertahap mulai dari perangkat Android 6.0 (Marshmallow) atau yang lebih baru.

Dilansir dari The Verge, fitur ini baru tersedia untuk beberapa HP Pixel seperti Pixel 4 XL, ada juga pada Samsung Galaxy S20 PLus, dan OnePlus 7T Pro.

Sementara untuk HP Android dari brand lain, Google mengatakan fitur Nearby Share akan hadir dalam beberapa pekan ke depan, geng.

Karena fitur ini baru hadir pada ekosistem Google, maka kamu nggak bisa memanfaatkan fitur Nearby Share untuk berkirim file ke platform lain, seperti iOS, Mac, maupun Windows.

Selain itu, Nearby Share juga diharapkan akan hadir pada urutan versi Android terbaru, yakni Android 11 yang pastinya akan lebih canggih dari versi pendahulunya.

5. Hadir di Chromebook OS

Air 5 Custom 64629

Menariknya lagi, selain pada perangkat Android, Nearby Share juga kabarnya bakal hadir pada perangkat Chromebook OS, loh!

Dengan begitu, kamu bisa memindahkan file dari HP ke PC dengan OS ini tanpa menggunakan kabel alias wireless, geng. Praktis!

Sayangnya, Google baru akan membawa Nearby Share ke Chromebook OS dalam beberapa bulan ke depan. Jadi, kamu yang sudah nggak sabar harus rela menunggu agak lama.

Selain itu, AirDrop versi Android ini juga sangat berpotensi untuk segera hadir dalam HP Android terbaru lainnya. Pasti makin nggak sabar, kan?

Akhir Kata

Nah, itu tadi ulasan seputar AirDrop Android besutan Google yang diberi nama Nearby Share. Saat ini, hanya beberapa perangkat saja yang sudah mendapat fitur ini, geng.

Meski begitu, besar kemungkinan perangkat Android lainnya juga bisa merasakan kecanggihan berkirim file dengan lebih cepat melalui fitur ini.

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Hp 5g Murah 4938e
12 HP 5G Murah Terbaru dan Terbaik 2020, Mulai 3 Jutaan!
Cara Menghemat Baterai Hp 43b1f
20 Cara Menghemat Baterai HP Terbaru 2020 | Dijamin Awet!
Aplikasi Antivirus Android Be40a
10 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android + Gratis Link Download
Cara Mengecek Baterai Iphone 4c345
Begini Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone Kamu yang Paling Akurat
Cara Menghilangkan Embun Di Kamera Hp 418c9
7 Cara Mudah Menghilangkan Embun di Kamera HP, Ampuh Banget!
Untitled 2 B73f2
Cara Menggunakan & Mematikan AirPods, Bisa Buat HP Android!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Fitur yang Diharapkan Ada di Android 11, Jadi Gak Sabar!
7 Fitur yang Diharapkan Ada di Android 11, Jadi Gak Sabar!
Ini Urutan Versi Android Terbaru 2020 | Dari Awal Sampai Android 11
Ini Urutan Versi Android Terbaru 2020 | Dari Awal Sampai Android 11
Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi ini? Ini 4 Cara Mengatasinya!
Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi ini? Ini 4 Cara Mengatasinya!
20 Emulator Android Terbaik untuk PC & Laptop di 2020, Ringan!
20 Emulator Android Terbaik untuk PC & Laptop di 2020, Ringan!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal