J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone

7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone

Rabu, 12 Nov 2014, 15:31 WIB
Inilah tujuh hal yang harus kamu lakukan sebelum menjual smartphone agar harga jual smartphone tidak turun jauh.

Smartphone bukan lagi menjadi barang langka pada jaman seperti ini, hampir setiap orang memiliki Smartphone, bahkan yang belum memiliki smartphone sekalipun tentu ingin memilikinya, entah dengan membeli baru atau membeli bekas.

Perkembangan smartphone sekarang juga terbilang cepat, selalu ada model baru yang keluar, membuat smartphone yang kita gunakan sekarang terkesan 'jadul', malah sampai ada niat untuk menjualnya.

Hanya saja, banyak yang masih tidak paham tata cara dalam menjual smartphone yang baik yang benar guna mendapatkan harga jual yang tidak merugikan. Berikut adalah kiat-kiat yang harus dilakukan sebelum menjual smartphone: 1. Hapus dan Bersihkan Seluruh Data

Ya, ini adalah cara yang paling penting dan wajib dilakukan jika kamu ingin menjual smartphone. Kenapa? Karena data kita amatlah penting dan sangat privasi, kita tentu tidak ingin data seperti foto, video, rekaman, dll diberikan kepada orang lain begitu saja. Apalagi jika sampai disalahgunakan.

Factory Data Reset

Cara ini bisa disebut dengan Factory reset, dimana smartphone kamu akan menghapus seluruh data internal (aplikasi, contact, dll) sehingga akan terlihat seperti baru. Cara melakukan Factory reset ini sendiri berbeda-beda, tapi biasanya bisa ditemukan di Settings > Backup & reset > Factory data reset. 2. Lepas Kartu SIM dan Kartu SD

Kartu SIM dan Kartu SD sudah menjadi identitas dari si pemakai, sehingga tidak mungkin untuk diberikan kepada calon pembeli smartphone kita. Sedangkan untuk pengguna iPhone, jangan lupa untuk menonaktifkan fitur iCloud.

Micro Sd Card In Cell Phone

Kalau smartphone kamu adalah CDMA yang memiliki model nomor suntik injeksi, alias nomor smartphone tetap, kamu hanya memiliki dua pilihan, yaitu: dijual termasuk nomor atau tanpa nomor. Memang yang ini sedikit repot sih, karena kamu harus mengurusnya dulu ke service center guna mempertahankan nomor yang lama. 3. Bersihkan Seluruh Body dan Layar

Ini cukup penting, pasalnya, hal ini tentu akan menentukan nilai jual smartphone itu sendiri. Karena sebagai calon pembeli, hal yang paling pertama dilihat adalah kondisi tampilan smartphone itu sendiri, jika masih bagus dan enak dilihat, tentu harga jualnya akan layak, kalau tidak, maka akan sebaliknya.

Clean Your Phone

Bersihkan seluruh bagian luar smartphone, mulai dari Body, layar, speaker kalau bisa bagian dalam juga (kalau bisa loh). Jika kamu menggunakan screen protector, tentu sudah kusam, bukan? Lebih baik lepas saja, biar lebih terlihat bagus. 4. Periksa Kelengkapan (Aksesoris, Charger, Dus, dll)

Kelengkapan Smartphone

Percaya atau tidak, Faktanya, Smartphone yang dijual tanpa dus dan aksesoris tambahannya, tentu nilai jualnya akan jauh turun dibandingkan dengan yang lengkap. Oleh karena itu, sebaiknya periksa dulu kelengkapan aksesoris, charger dan teman-temannya, sehingga kamu bisa menjual smartphone dalam kondisi yang lengkap sehingga harga jualnya pun tidak membuat kamu kecewa. 5. Cek Sekali Lagi

Cek Sekali Lagi

Ini penting, Banyak orang yang ingin menjual smartphone-nya karena terburu-buru, sehingga masih menyisakan data-data penting didalamnya, seperti note, riwayat telepon, hasil rekaman, dll. Nah, alangkah baiknya melakukan pengecekan ulang terhadap smartphone yang hendak dijual, sehingga kamu bisa benar-benar yakin kalau data didalamnya sudah bersih. 6. Simpanlah Dengan Rapih

Setelah melakukan lima tahap di atas, tahap terakhir adalah menyimpan dan mengemas smartphone dengan rapih, kalau bisa terlihat seperti baru. Kembali lagi, ini adalah strategi kita agar smartphone terjual dengan harga yang pantas.

Xperia Box

Paradigma seseorang dalam menentukan harga dari sebuah barang adalah tampilan awalnya, Jika ketika melihat pertama kali sudah tidak tertarik, maka harganya-pun akan jauh dari ekspektasi awal. So, bijaklah dalam menyiapkan barang. 7. Tahu Diri Dalam Memberi Harga

Tentu sebagai penjual kita ingin mendapatkan harga yang layak untuk smartphone yang hendak kita jual. Meskipun begitu, kamu juga harus tahu diri dalam memberi harga. Misal, kamu membeli smartphone baru seharga 3 juta, lantas kamu ingin jual seharga 3,1 juta dengan alasan ingin mendapat untung.

Website_too_expensive

Kira-kira, apakah akan ada yang ingin membelinya? Tentu saja tidak. Atau begini saja, lebih bagusnya kamu melihat dulu harga bekas pasaran untuk smartphone seperti yang kamu punya di Situs jual beli online yang ada di Indonesia, dan jangan lupa pertimbangkan aspek kondisi dan kelengkapan, tentunya hal ini dimaksudkan agar smartphone kamu bisa terjual dengan cepat.

  Demi Privasi, Jangan Berikan Kartu SD Kepada Pembeli

Jangan mentang-mentang smartphone kamu dihargai mahal, lantas dengan seenaknya kamu memberikan bonus berupa Kartu SD yang pernah kamu pakai sebelumnya, meskipun sudah dalam keadaan kosong.

Lebih baik kamu simpan saja, karena jika kamu berikan itu kepada si pembeli, kita tidak akan pernah tau apa yang akan dia lakukan. Karena sekarang, bisa saja dia berbuat nakal dan mencoba mengembalikan data yang sudah kamu hapus sebelumnya.

Oleh karena itu, Demi menjaga privasi kamu, Saya sarankan untuk tidak memberikan Kartu SD kepada calon pembeli smartphone, jangan pernah terpikir "Saya sengaja memberikan Kartu SD agar smartphone saya bisa terjual dengan harga tinggi".

BACA JUGA: [list] [li][url=tips/detail/4402/cara-mempercepat-koneksi-internet-tanpa-software]Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Software[/url][/li] [li][url=tips/detail/4394/kumpulan-dp-bbm-lucu-dan-bergerak-terbaru-gif]Kumpulan DP BBM Lucu dan Bergerak Terbaru (GIF)[/url][/li] [li][url=Wajib%20Nonton,%20Video%20Lucu%20Perdebatan%20Samsung%20dan%20iPhone]Wajib Nonton, Video Lucu Perdebatan Samsung dan iPhone[/url][/li] [li][url=tips/detail/4371/cara-menghapus-iklan-yang-mengganggu-di-browser]Cara Menghapus Iklan yang Mengganggu di Browser[/url][/li] [li][url=Cara%20Agar%20Laptop%20Tetap%20Hidup%20Ketika%20Layar%20Ditutup]Cara Agar Laptop Tetap Hidup Ketika Layar Ditutup

[/url][/li] [/list]

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal