5 Gamepad Android untuk Ningkatin Kesaktian Bermain Game

16 April 2015

Main game di smartphone memang cukup menyenangkan, terlebih untuk game strategi atau sejenisnya yang bisa nyaman dimainkan dengan sentuhan jari. Namun bagaimana jika ingin bermain game perang seperti Modern Combat atau game olahraga seperti FIFA? Tentu saja, tipe-tipe game tersebut paling asyik dimainkan dengan bantuan kontroler (gamepad). Nggak sembarangan, lima kontroler pilihan berikut ini adalah yang terbaik yang pernah diciptakan untuk perangkat Android. Apa saja?

1. MOGA Controller

Salah satu kontroler paling terkenal untuk platform Android adalah MOGA. Selain kontroler dengan tombol-tombol lengkap, MOGA juga memiliki pegangan atau dudukan untuk smartphone. Sayang, dudukan tersebut hanya bisa menopang smartphone kurang dari 4 inci. Namun karena alat ini berfungsi menggunakan Bluetooth, Anda bisa menghubungkannya dengan smartphone tanpa harus menempelkannya.

2. PhoneJoy

Ini adalah kontroler yang dikembangkan dari program Kickstarter. Tidak hanya untuk smartphone, PhoneJoy juga bisa digunakan PC berbasis Mac, Linux, dan tentu saja, Windows. Yang menjadi keunikannya, PhoneJoy bisa digunakan dengan cara ditarik sehingga bagian tengahnya bisa digunakan untuk menempatkan smartphone. Harganya sekitar Rp 600.000.

3. SteelSeries Free

Kecil bentuknya, besar kegunaannya. SteelSeries merupakan nama besar di industri game. SteelSeries sudah berpengalaman menciptakan aksesori game untuk PC. SteelSeries melebarkan jajahannya dengan merilis kontroler untuk smartphone bernama SteelSeries Free. Bentuknya kecil, bahkan lebih kecil dari rata-rata kontroler. Terdapat 12 tombol, serta beroperasi menggunakan Bluetooth dan baterai yang bisa diisi ulang. Baterai tersebut bisa bertahan hingga 10 jam nonstop.

4. Nyko PlayPad Pro

Sama halnya SteelSeries, Nyko juga sudah banyak merilis aksesori game untuk konsol Xbox. Untuk smartphone, Nyko juga merilis kontroler bernama PlayPad Pro. Kontroler ini bisa digunakan untuk perangkat Android 3.0 ke atas dan beroperasi menggunakan Bluetooth.

5. Razer Serval

Kalau yang satu ini tentu tak perlu disangsikan lagi. Razer adalah pemimpin di industri aksesori gaming. Untuk platform Android, Razer tak mau ketinggalan dengan menciptakan Razer Serval. Kontroler ini mirip seperti kontroler Xbox dengan bentuk cukup besar. Meski bisa digunakan dari jarak jauh menggunakan Bluetooth, Razer Serval juga memiliki dudukan untuk meletakkan smartphone tepat di atasnya.

Bonus: MadCatz Lynx 9

Dibanding kelima kontroler di atas, MadCatz LYNX 9 adalah yang paling heboh. Pasalnya, bentuknya dapat berubah, bisa dilipat ketika tidak digunakan. Bentuknya pun aneh, seperti robot kalajengking. Tidak hanya tombol-tombol biasa, MadCatz LYNX 9 juga menyertakan keyboard untuk kebutuhan mengetik. Berapa harganya? Hanya Rp 3,6 jutaan saja!

Artikel menarik lainnya:

Tentang Penulis

REPUTASI
KONTRIBUSI

Comment