4 Cara Mempercepat Charge Baterai Smartphone Lewat Laptop

25 May 2016

Pasti kalian pernah charge HP lewat laptop dong. “Ah, nge-charge HP lewat laptop lama penuhnya!” Tentu pikiran tersebut sering terlintas di benak kalian. Hal itu tidak sepenuhnya salah, tapi tidak mutlak benar juga.

Banyak produsen laptop yang sudah menyematkan fitur 'charger plus' yang memungkinkan pengguna untuk men-charge HP dengan cepat menggunakan laptop. Meskipun begitu, hal ini tidak serta-merta menghapus stereotipe lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh baterai HP kamu lewat laptop. Maka dari itu, Jaka punya cara untuk mempercepat charge baterai smarphone lewat laptop.

4 Cara Mempercepat Charge Baterai Smartphone Lewat Laptop

Biasanya kita pasti akan melampiaskan kesalahan pada laptop atau kabel data yang kita pakai. Padahal ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan lambatnya proses charging HP menggunakan laptop. Simak nih empat alasan kenapa bisa lama nge-charge smartphone pakai laptop!

1. Laptop kamu masih dalam mode “on battery”

masukkan deskripsi gambar disini

Ada kemungkinan beberapa OS membatasi kemampuan hardware laptop untuk mengisi daya HP melalui port USB ketika laptop itu sendiri hanya mengandalkan tenaga baterai. Coba hubungkan laptop kamu ke colokan listrik di rumah, lalu perhatikan apakah proses pengisian daya HP kamu mengalami peningkatan.

2. Port USB kamu sudah lemah

masukkan deskripsi gambar disiniMungkin kamu merasa colokan USB yang ada di laptop kamu baik-baik saja karena masih bisa digunakan untuk membaca Flashdisk. Tapi akan berbeda kasus jika kamu gunakan untuk mengisi daya HP. Salah satu penyebab lambatnya proses charge melalui laptop adalah melemahnya kemampuan port USB menghantarkan arus listrik. Coba pindahkan kabel datamu ke port USB yang lain, cari port yang menghantarkan daya paling bagus sehingga membuat proses pengisian baterai smartphonemu jadi lebih cepat.

3. Tidak support charge secara cepat

masukkan deskripsi gambar disiniMasih lambat juga meski udah colokin adaptor laptop dan gonta-ganti port USB? Mungkin memang hardware dalam laptop kamu yang gak suport buat nge-charge smartphone secara cepat. Coba gunakan laptop jenis lain untuk mengisi daya smartphone kamu. Ada beberapa laptop yang memang memiliki masalah dengan daya, bisa karena hardware-nya yang sudah tua, atau malah karena cacat produksi. Upayakan kamu mencoba dengan menggunakan laptop yang memang mengusung fitur USB charger plus.

4. Coba charge langsung di listrik rumah untuk menguji kabel data

masukkan deskripsi gambar disiniCoba cara biasa dengan men-charge smartphonemu langsung ke listrik rumah. Pastikan langsung terhubung tanpa menggunakan terminal listrik. Jika masih lambat juga, sudah sepatutnya kamu curiga terhadap kabel data yang kamu miliki.

Kalo masih juga mengalami masalah lambatnya nge-charge HP lewat laptop meski sudah melakukan keempat tes yang Jaka saranin. Sudah sepantasnya kamu melimpahkan kesalahan pada kabel data yang kamu punya. Ganti kabel datamu dengan yang baru, lebih baik lagi kamu menggantinya dengan kabel yang kualitasnya sudah terbukti serta mendukung fitur fast charging.

Kualitas kabel data yang kurang baik menjadi penyebab yang paling sering muncul. Setelah kamu mengganti kabel, lakukanlah keempat tes seperti sebelumnya. Jika masih lambat juga, bisa jadi masalahnya memang ada pada laptop yang kamu pakai. Itu dia cara mempercepat charge baterai melalui laptop. Apakah ada poin yang kami lewatkan? Jangan lupa untuk berikan pendapat kamu melalui kolom komentar di bawah ini ya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar