J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Smartphone QWERTY Paling KEREN Sepanjang Masa

Jumat, 18 Mar 2016, 14:00 WIB
Salah satu fitur keren yang sudah jarang kita temukan di smartphone high-en saat ini adalah keyboard QWERTY fisik. Faktanya sebagian pengguna merasa lebih nyaman mengetik di keyboard fisik dan masih menginginkan fitur tersebut kembali lagi.

Salah satu fitur keren yang sudah jarang kita temukan di smartphone high-end saat ini adalah hilangnya keyboard QWERTY fisik. Hal ini karena perkembangan sistem operasi yang semakin canggih dan teknologi layar dengan dukungan multi-touch, sehingga sebagian besar produsen ponsel memilih membuang adanya keyboard QWERTY fisik.

Satu-satunya produsen ponsel yang masih setia, dan memang menjadikan ciri khas utama adalah BlackBerry. Perusahaan asal Kanada yang akhirnya merangkul Android ini tetap melengkapi Priv dengan keyboard QWERTY fisik. Priv adalah sebuah smartphone Android high-end pertama besutan BlackBerry. Faktanya sebagian pengguna merasa lebih nyaman mengetik di keyboard fisik dan masih menginginkan fitur tersebut kembali lagi.

BACA JUGA
  • Cara Mengubah Keyboard QWERTY di Android Jadi ABC Seperti HP Lama
  • 10 Aplikasi Keyboard Android Terbaik 2018 (Alternatif Keyboard Bawaan)
  • Inilah Alasan Mengapa Posisi Tombol di Keyboard Tidak Berurutan

Smartphone QWERTY Paling KEREN Sepanjang Masa

Selain itu, smartphone juga terlihat sangat keren jika dilengkapi dengan keyboard QWERY fisik. Berikut JalanTikus kasih daftar smartphone paling keren dengan keyboard QWERTY fisik sepanjang masa.

1. Sony Ericsson P910

P910

Ponsel ini dirilis sudah lebih dari 10 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2004. Seri P910 pada masanya adalah smartphone high-end besutan Sony Ericsson, penerus seri P900 dan P800 yang cukup berhasil dari tahun 2002. P910 menjalankan sistem operasi Symbian UIQ, dengan layar sentuh resistif seluas 2.9 inci resolusi 208x320 piksel, mendukung input stylus pen, kamera utama VGA, dan baterai berkapasitas 1.000 mAh. Beberapa fitur yang tidak dimiliki pendahulunya termasuk memori internal 64 MB, dukungan kartu memori eksternal jenis Stick Duo Pro yang dapat menampung hingga kapasitas 1 GB, dan browsing HTML. Uniknya keyboard QWERTY fisik dari Sony Ericsson P910 tersembunyi di sisi lain dari keyboard normal alfanumerik (flip).

2. Nokia E90 Communicator

Nokia

Nokia E90 Communicator adalah sebuah mini komputer sejati yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2007, menyalip perkenalan di kampung halaman Nokia beberapa jam. Ponsel pintar ini begitu canggih dan mendapat banyak sekali pujian saat itu. Didukung OS Symbian S60, E90 adalah yang pertama dalam seri Communicator yang memiliki konektivitas 3G dan penerima GPS. Seperti kebanyakan handset lain pada saat itu, Nokia E90 Communicator memiliki dua layar (eksternal dan internal), ditambah dua keyboard (eksternal dan internal juga). Keyboard internal berbentuk QWERTY, sedangkan layar internal yang menyertainya sebesar 4 inci resolusi 800x352 piksel. Selain itu, E90 juga dibekali konektivitas WiFi, dapur pacunya sebuah prosesor dengan kecepatan 332 MHz, memori internal 128 MB, mendukung kartu microSD, dan kamera belakang berkekuatan 3.2 MP.

3. HTC TyTN II

Htc

HTC TyTN II atau yang juga dikenal sebagai AT&T Tilt, TMobile MDA Vario III, atau O2 XDA Stellar dirilis pada tahun 2007 sebagai penerus TyTN pertama dari tahun 2006. Seperti model pertama, HTC TyTN II adalah handset berbasis Windows Mobile dengan layar sentuh resistif 2,8 inci resolusi 240x340 piksel, mendukung input stylus pen, dan dibekali keyboard QWERTY fisik dengan mekanisme geser yang menjadi salah satu yang terbaik saat itu. Selain itu, ponsel pintar HTC juga sudah dibekali konektivitas 3G, WiFi, dan GPS. Kamera utama 3,2 MP dan kamera depan VGA.

4. BlackBerry Bold 9000

Bb

BlackBerry Bold 9000 adalah perangkat premium yang diperkenalkan pada tahun 2008, ketika BlackBerry masih merupakan salah satu pembuat smartphone terbesar di dunia. Seri Bold ini dibekali layar 2.6 inci resolusi 480x320 piksel dengan keyboard QWERTY fisik di bawah layar yang besar yang membuat mengetik sangat mudah dan nyaman. Fitur lainnya termasuk trackball untuk navigasi, konektivitas 3G, Wi-Fi, GPS, RAM 128 MB, memori internal 1 GB yang dapat di-upgrade, prosesor single-core 624 MHz, dan kamera belakang 2 MP.

5. Sony Ericsson Xperia X1

Sony

Merupakan smartphone Xperia pertama yang diumumkan pada tahun 2008. Sony Ericsson Xperia X1 menjalankan OS Windows Mobile Professional 6.1, saat itu Sony Ericsson memosisikan Xperia X1 sebagai smartphone kelas atas. Xperia X1 memiliki layar sentuh 3 inci dengan resolusi 480x800 piksel. Pada masanya, layar Xperia X1 ini menawarkan kepadatan per piksel tertinggi pada smartphone; 311 ppi. Xperia X1 juga dibekali slide-out keyboard QWERTY fisik untuk mengetik dengan nyaman.

6. HTC Dream

Dream

Dikenal juga sebagai T-Mobile G1 yang diperkenalkan pada bulan Oktober 2008, adalah smartphone bersejarah karena merupakan smartphone Android pertama di dunia. Bisa dibilang memiliki desain yang aneh pada saat itu, ponsel layar sentuh dengan keyboard QWERTY sliding. Ponsel Android pertama ini ditenagai prosesor single-core 528 MHz, dengan RAM 192 MB dan memori internal 256 MB dengan dukungan slot microSD. Layar sentuhnya sebesar 3.2 inci resolusi 320x480 piksel, konektivitas 3G, Wi-Fi, GPS, dan kamera belakang 3.2 MP.

7. HTC Touch Pro 2

Touch

HTC Touch Pro 2 diyakini banyak orang merupakan salah satu smartphone Windows Mobile terbaik pada tahun 2009. Ponsel pintar yang juga dikenal sebagai Tilt 2 ini memiliki keyboard QWERTY slide-out yang sangat baik, disertai dengan layar sentuh 3.6 inci resolusi 480x800 piksel. Selain itu Touch Pro2 juga dilengkapi dengan bar zoom touch-sensitive, RAM 288 MB, memori internal 512 MB yang dapat di-upgrade, prosesor single-core 528 MHz, kamera utama 3.2 MP, dan depan VGA.

8. Palm Pre

Palm

Diluncurkan pada pertengahan tahun 2009, Palm Pre adalah smartphone webOS pertama di dunia. Palm Pre dibekali layar sentuh 3.1 inci resolusi 320x480 piksel dengan slide-out keyboard QWERTY fisik secara potret. Jeroannya didukung oleh prosesor single-core 600 MHz, dengan RAM 256 MB dan memori internal 8 GB tanpa slot microSD. Palm Pre juga memiliki beberapa penerus (Pre Plus, Pre 2, dan Pre 3), namun gagal mendapatkan popularitas. Pada akhirnya Palm dijual ke HP, sementara webOS diakuisisi oleh LG, yang sekarang digunakan untuk TV pintar dan perangkat wearable LG.

9. Motorola Droid / Milestone

Moto

Motorola Droid pertama atau yang juga dikenal sebagai Milestone adalah smartphone Android pertama yang mampu bersaing langsung dengan iPhone 3GS pada tahun 2009. Dengan menekankan kemampuan multitasking yang saat itu iPhone belum bisa melakukannya. Dibandingkan dengan iPhone 3GS, Motorola Droid memiliki layar yang lebih besar dengan resolusi yang lebih tinggi (3.7 inci resolusi 480x854 piksel). Tentu saja, nilai tambah ponsel pintar ini juga karena adanya keyboard QWERTY. Bahkan beberapa penerusnya juga diterima dengan baik di pasaran, meskipun model paling baru seperti Droid Turbo atau Droid Maxx tidak lagi dibenamkan keyboard fisik.

10. Nokia N900

N9

Nokia N900 diperkenalkan sebagai "internet tablet" pada tahun 2008. Persaingan pasar smartphone yang kala itu semakin sengit, memaksa Nokia untuk mencari alternatif dari OS Symbian. N900 menjalankan OS Maemo, sayangnya tidak terlalu banyak aplikasi yang mendukung saat itu. Akhirnya, Maemo digabung dengan Intel Moblin dan membentuk MeeGo yang pada akhirnya berakhir untuk mendukung Tizen. N900 menampilkan layar sentuh 3.5 inci resolusi 480x800 piksel, dengan keyboard QWERTY geser 3-baris yang sangat keren, kamera belakang 5 MP Carl Zeiss. Kemampuan paling menonjol adalah web browsernya yang mendukung Flash.

11. Nokia E7

E7

Nokia E7 adalah smartphone berbasis OS Symbian yang diperkenalkan pada tahun 2011, tepat sebelum akhirnya Nokia memutuskan meninggalkan Symbian dan beralih menggunakan OS Windows Phone besutan Microsoft. Karena itu banyak yang enggan membeli E7 terkait masa depannya. Meski begitu, Nokia E7 adalah smartphone dengan tampang keren di mana memiliki bodi aluminium anodized, keyboard QWERTY fisik 4 baris, layar AMOLED 4 inci dengan resolusi 360x640 piksel, dan kamera belakang 8 MP.

Sudah cukup bernostalgianya? Menurut kamu apakah keyboard QWERTY fisik di smartphone itu memang sudah benar-benar tidak dibutuhkan lagi?

ARTIKEL TERKAIT
Mbdc

7 Hal yang Melintas di Pikiran Kamu Saat Keyboard Laptop Kesiram Air

Xperia Keyboard Banner

Cara Pakai Xperia Keyboard di Semua Jenis Android Tanpa Root

Membuat Foto Keyboard Sendiri Banner

Cara Ubah Tampilan Keyboard Android dengan Gambar Sendiri

Trik Membersihkan Keyboard Laptop Pc Banner

Trik Membersihkan Keyboard Dari Debu dengan Mudah dan Cepat

Keyboard Kotor Banner

Hiiiy... Ada 3000 Organisme Hidup Di Atas Keyboard Komputer Kamu yang Kotor dan Berdebu!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Unnamed Icon
Xperia Keyboard 6.7.A.0.10
Apps Sony Mobile Communications
Swiftkey Keyboard Icon
SwiftKey Keyboard 6.4.8.57
Apps SwiftKey
Swype Keyboard App Icon
Swype Keyboard varies with device
Apps Nuance Communications, Inc
Flash Keyboard Icon
Flash Keyboard 1.0.25
Apps DotC United
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Inilah Alasan Mengapa Posisi Tombol di Keyboard Tidak Berurutan

Inilah Alasan Mengapa Posisi Tombol di Keyboard Tidak Berurutan

7 Smartphone dengan Layar Paling Unik dan Istimewa

7 Smartphone dengan Layar Paling Unik dan Istimewa

Gokil! Punya Layar 1,54 Inci, Ini Dia Smartphone Terkecil di Dunia!

Gokil! Punya Layar 1,54 Inci, Ini Dia Smartphone Terkecil di Dunia!

10 Smartphone Android Dengan Resolusi Layar Terbaik 2016

10 Smartphone Android Dengan Resolusi Layar Terbaik 2016

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal