Orang Terkaya Dunia Sumbangkan 99% Hartanya, Anak-anaknya Enggak Dapat Warisan?

Warren Buffett, si Bapak Investasi Dunia telah setengah jalan menuju rencananya untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya kepada masyarakat.

Meskipun setelah disumbangkan, hartanya masih tersisa 100 miliar Dolar AS atau setara dengan Rp1,4 kuadriliun, ia mengaku tidak berencana untuk mewariskan hartanya itu untuk anak-anaknya.

Dikutip dari CNBC, Kamis (24/06/2021) filantropis legendaris itu kembali menegaskan keyakinan yang sudah lama dipegangnya.

Ia meyakini bahwa kekayaan akan lebih baik dihabiskan untuk tujuan amal daripada untuk memenuhi portofolio investasi anak-anaknya.

"Setelah banyak mengamati keluarga super kaya, inilah rekomendasi saya, biarkan anak-anak cukup sehingga mereka bisa melakukan apa saja, tetapi (juga) tidak cukup sehingga mereka tidak bisa melakukan apa-apa," ujarnya.

Pria berusia 90 tahun ini mengatakan bahwa perilaku dinasti atau mewariskan kekayaan besar dari orang tua ke anak itu memang kurang umum terjadi di Amerika Serikat.

Warren Buffett Sumbangkan 99 Persen Hartanya Dfcbf

Sumber foto: Wikipedia

Kendati demikian, bukan berarti anak-anak Warren Buffett, yang kini berada di kisaran usia 60 tahun, belum menerima apa pun darinya.

Setiap anaknya ternyata memiliki yayasan senilai 2 miliar Dolar AS atau senilai Rp28,8 triliun yang didanai oleh Buffett.

Laporan Buffett mengumumkan bahwa dirinya telah menyumbangkan saham Berkshire Hathaway sebesar 4,1 miliar Dolar AS atau setara dengan Rp59,2 triliun ke 5 yayasan amal.

Hal itu merupakan bagian dari usahanya untuk memberikan 99% kekayaannya di akhir hidupnya, sehingga total donasinya kini telah mencapai 41 miliar Dolar AS atau setara dengan Rp592,2 triliun.

Menurut Forbes, CEO Berkshire Hathaway yang sempat menjadi orang terkaya di dunia ini memiliki kekayaan yang jumlahnya lebih dari 100 miliar Dolar AS alias lebih dari Rp1,4 kuadriliun.

Pria yang telah mulai berinvestasi sejak berusia 10 tahun ini juga berencana untuk mendistribusikan sisa 238.624 lembar saham Berkshire Hathaway untuk tujuan amal.

Warren Buffett mengumumkan rencana untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya pada tahun 2006, saat ia masih berusia 75 tahun dan memiliki 474.998 saham Berkshire Hathaway.

"Selama beberapa dekade saya sudah mengumpulkan sejumlah uang yang hampir tidak bisa dipahami, hanya dengan melakukan hal yang saya sukai tanpa mengorbankan keluarga dan diri saya sendiri," tulis Buffett.

"Bunga majemuk, landasan pacu yang panjang, rekan kerja yang luar biasa, dan negara kita yang luar biasa yang telah melakukan keajaibannya. Masyarakat memanfaatkan uang saya, saya tidak," pungkasnya.

Dilansir dari BBC, Kamis (24/06/2021), Buffett pun mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi wali di Bill and Melinda Gates Foundation, yayasan amal yang didirikan Bill Gates dan mantan istrinya, Melinda.

Warren Buffett Kathy Ireland Bill Gates C4f78

Sumber foto: Wikipedia

"Partisipasi fisik saya sama sekali tidak diperlukan yayasan tersebut untuk mencapai tujuannya," tulis Warren Buffett.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa dirinya juga telah mengundurkan diri dari semua jabatan dewan perusahaan miliknya, termasuk Berkshire Hathaway.

Kini Warren Buffett secara resmi sudah pensiun dari semua jabatan yang dimilikinya.

Baca juga artikel Finansial atau artikel menarik lainnya dari Brenda Prima.

BACA JUGA

10 Potret Artis Tampan Belanja di Pasar Tradisional | Gak Gengsi!

10 Potret Baby Arsha, Bayi Ganteng dari Pasangan Dinda Hauw dan Rey Mbayang | Lebih Mirip Siapa?

Nonton Film Ali dan Ratu Ratu Queens (2021) | Melancong ke AS Demi Mencari Ibu

Download Higgs Domino MOD APK v1.72 Terbaru 2021 | Unlimited Money!

Misteri Penemuan Kerangka Gadis yang Terkubur dengan Burung di Mulut| Belum Terpecahkan Puluhan Tahun

ARTIKEL TERKAIT
MacKenzie Scott De385
Janda Jeff Bezos, MacKenzie Scott Bagi-bagi Rp38 Triliun | Perceraian yang Berfaedah!
Bill Gates Prediksi Berakhirnya Pandemi Covid 19 2465b
Bill Gates Prediksi Berakhirnya Pandemi Covid-19 | Kapan?
Kaisar Musa 3c3b2
Bukan Jeff Bezos, Ini Dia Orang Terkaya Sepanjang Masa
John D Rockefeller 1902 788a3
5 Fakta Keren John D. Rockefeller, Manusia Terkaya Sejagat | Melebihi Jeff Bezos!
Miliarder Dunia Yang Hidup Tanpa Gaya Banner Fa728
5 Miliarder Dunia yang Hidup Tanpa Banyak Gaya, Sederhana Walau Tajir Melintir!
10 Orang Terkaya Dunia 2021 7abc7
10 Orang Terkaya Dunia 2021, Siapa Peringkat Pertama?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal