Vexanium: Pengertian, Keunggulan, & Cara Mendapatkannya | Asli Buatan Indonesia

Default

Jika selama ini kita hanya mengenal sejumlah cryptocurrency dan blockchain buatan luar negeri seperti Bitcoin hingga Ethereum, Vexanium adalah salah satunya yang merupakan hasil karya anak bangsa.

Dinaungi oleh founder lokal, tim mayoritas lokal, hingga investor lokal, Vexanium merupakan perusahaan berbasis publik blockchain pertama yang ada di Indonesia.

Menurut Danny Baskara, pendiri sekaligus CEO Vexanium, Vexanium adalah publik blockchain Indonesia yang berfokus pada industri retail dan marketing.

Lalu, seperti apakah teknologi blockchain Vexanium selengkapnya? Kamu bisa simak pembahasannya berikut ini?

Apa Itu Vexanium?

Pengertian Vexanium 153cf
Sumber foto: idKoin

Vexanium adalah perusahaan berbasis publik blockchain pertama di Indonesia yang memiliki platform teknologi blockchain sendiri yang biasa disebut dengan istilah mainnet.

Mainnet dapat diartikan sebagai pondasi bagi perusahaan berbasis blockchain untuk menopang bisnisnya di sistem yang terdesentralisasi. Di mana, transaksi yang dilakukan menggunakan sistem peer-to-peer tanpa melalui middleman.

Dengan mainnet ini, berarti seorang programmer atau developer dapat ikut serta membuat aplikasi desentralisasi (Decentralized Application) atau biasa disingkat DApps bersama Vexanium.

DApps adalah tempat di mana pengguna dapat mengakses blockchain untuk menggunakan aplikasi terdesentralisasi.

Dengan kata lain, Vexanium menjadi platform blockchain yang mirip seperti blockchain Ethereum, yaitu jaringan peer-to-peer publik atau blockchain dengan mata uang digitalnya sendiri yang disebut Ether (ETH).

Sementara itu, token (mata uang digital) Vexanium diberi nama serupa dengan platformnya yaitu Vexanium (VEX).

Karena Vexanium memiliki jaringan yang terdesentralisasi, maka yang dapat mengelolanya adalah orang-orang yang menjadi bagian dari jaringan (node) atau biasa disebut sebagai block producers.

Block producers adalah entitas terdesentralisasi yang biasanya terdiri dari grup, perusahaan, atau organisasi yang dipilih melalui sistem blockchain e-voting.

Mereka bertugas untuk menjalankan jaringan blockchain Vexanium dengan memverifikasi setiap transaksi dan menghasilkan blok baru pada protokol blockchain Vexanium.

Keunggulan Teknologi Blockchain Vexanium

Menjadi platform blockchain yang mirip seperti Ehtereum, Vexanium juga menawarkan beberapa keunggulan yang membuatnya mampu bersaing dengan para kompetitor.

Lantas, apa sajakah keunggulan yang ditawarkannya? Berikut pembahasan selengkapnya.

1. Kecepatan Transaksi Lebih Cepat dari Ethereum

Harga Vexanium 7ec71
Sumber foto: Hacker Noon

Jika teknologi blockchain Ethereum hanya memiliki kecepatan 15-20 transaksi per detik, maka Vexanium menawarkan kecepatan transaksi per detik (transaction per second - TPS) yang jauh lebih cepat.

Vexanium tercatat memiliki kecepatan di atas 2000 TPS dan bukan nggak mungkin skalabilitas tersebut dapat meningkat hingga 100.000 TPS di masa depan.

Hal ini tentunya menjadi keunggulan tersendiri bagi teknologi blockchain Vexanium.

2. Biaya Transaksi Gratis

Vexanium Adalah 68613
Sumber foto: Monfex

Jika Bitcoin memasang tarif biaya per transaksi yang relatif mahal hingga akhirnya diciptakan Bitcoin Cash sebagai alternatifnya, maka lain halnya seperti yang terjadi pada Vexanium.

Tidak seperti platform blockchain lain pada umumnya, Vexanium justru hadir dengan menggratiskan biaya per transaksi bagi para penggunanya.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu membayar biaya per aksi yang mereka lakukan pada aplikasi berbasis blockchain Vexanium.

3. Memiiliki Vexwallet dan Vexgift

Vexanium Wallet 873f0
Sumber foto: Vexanium

Mobile Wallet Centralized Vexgift adalah aplikasi mobile bersifat sentralisasi yang dapat membantu pengguna baru untuk memasuki dunia mata uang kripto, serta mendapatkan reward atau airdrop dari ekosistem Vexanium.

Sementara itu, Vexwallet adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi terdesentralisasi (DApps).

Dengan kata lain, melalui Vexwallet ini kamu bisa mengakses berbagai macam DApps di dalam ekosistem VEX, mengakses blockchain lain secara cross chain, hingga membuat berbagai macam token baru di dalam blockchain VEX.

Bagaimana Cara Mining Vexanium?

Cara Mining Vexanium Da4c6
Sumber foto: UseTheBitcoin

Mining atau penambangan menjadi salah satu aktivitas yang erat kaitannya dengan berbagai mata uang kripto (cryptocurrency), termasuk salah satunya VEX.

Lantas, bagaimana cara menambang Vexanium? Untuk saat ini, terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan hal ini.

Pertama, dengan metode Proof of Work (PoW). Kemudian yang kedua menggunakan metode Proof of Stake (PoS). Apakah itu?

1. Proof of Work (PoW)

PoW adalah salah satu metode yang paling umum digunakan untuk menambang mata uang kripto di jenis apapun itu, termasuk VEX.

Proof of Work dalam blockchain sendiri lebih ditekankan untuk penyelesaian algoritma yang rumit dan manusia tidak bisa menyelesaikannya dalam perhitungan manual.

Sehingga, dalam jenis penambangan ini kamu membutuhkan perangkat komputer berteknologi canggih untuk melakukannya. Bukan hanya itu saja, biaya yang akan pun cukup fantastis karena membutuhkan daya listrik yang sangat besar.

2. Proof of Stake (PoS)

Tak perlu membeli perangkat komputer canggih dengan harga mahal seperti pada metode sebelumnya, Vexanium mining dengan metode Proof of Stake dilakukan dengan cara menanam koin kripto VEX.

Dalam hal ini, menanam koin kripto VEX dilakukan pada platform yang disediakan oleh Core Developer Vexanium. Tak hanya menanam koin, kamu juga bisa memberikan Vote untuk menambang koin.

Aktivitas menambang ini biasanya dilakukan dalam perangkat lunak Vex Wallet Mobile untuk Android, atau Vex Wallet PC untuk perangkat Windows.

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan seputar teknologi blockchain Vexanium (VEX) yang merupakan asli hasil karya anak bangsa.

Dengan semakin berkembangnya pengadopsian aplikasi terdesentralisasi (DApps) saat ini, maka teknologi blockchain Vexanium adalah salah satu pilihannya yang sangat memiliki potensi besar di masa depan.

Apalagi dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya tersebut, membuat Vexanium tak bisa dianggap sebelah mata.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Ethereum Adalah 36c49
Ethereum: Pengertian, Sejarah Harga, & Cara Menambangnya: Bisa Cuan Besar?
Cryptocurrency Adalah Ee021
Cryptocurrency: Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kelemahannya, Haram atau Halal?
Central Bank Digital Currency 95f39
Saingi Bitcoin, BI Akan Terbitkan Central Bank Digital Currency
Aplikasi Investasi Terbaik Online D6ced A1c97
12 Aplikasi Investasi Terbaik untuk Pemula, Mudah dan Terpercaya!
Keuntungan Investasi Saham 4803a
Hati-Hati! Inilah 7 Risiko & Keuntungan Investasi Saham
Pengertian Indeks Saham Dan Jenis Indeks Saham 7b18f
Pengertian Indeks Saham, Fungsi, dan Jenisnya | Sudah Tahu?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal