Pengertian Tabungan Qurban & Contoh Produknya | Yuk, Mulai Dari Sekarang!

Default

Tabungan qurban adalah salah satu solusi menarik buat kamu yang ingin mewujudkan keinginan untuk beribadah qurban, tetapi terkendala oleh masalah finansial.

Dibandingkan dengan tabungan haji, tabungan qurban memang kurang dikenal oleh masyarakat luas. Karena untuk harga hewan qurban yang terlampau tinggi seperti sapi, biasanya orang-orang lebih memilih untuk patungan.

Padahal, produk keuangan satu ini sangat bermanfaat untuk perencanaan finansial kamu terkait kebutuhan ibadah qurban agar bisa dilakukan secara mandiri, lho.

Nah, buat kamu yang tertarik, tetapi masih kurang paham apa itu tabungan qurban, mending langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Tabungan Qurban

Konsep Tabungan Kurban 0b962
Sumber foto: Halodoc

Sesuai dengan namanya, tabungan qurban adalah produk simpanan di bank yang berfungsi untuk membantu nasabah mewujudkan keinginan beribadah qurban saat Idul Adha.

Harga hewan kurban yang berkisar antara Rp2 juta hingga puluhan juta, tentu membuat ibadah qurban hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu saja.

Maka dari itu, tabungan qurban hadir sebagai salah satu solusi yang bisa dipilih selain misalnya melakukan investasi dalam instrumen investasi saham, emas, atau lainnya.

Menariknya, selain dapat membantu mewujudkan keinginan berkurban, membuka rekening tabungan qurban juga berarti kamu berpeluang untuk mendapatkan bagi hasil dari simpanan dana tersebut, lho.

Biasanya produk tabungan qurban yang menawarkan kesempatan ini menggunakan perjanjian atau akad Mudharabah (bagi hasil), mirip seperti produk tabungan Mudharabah.

Berkat hadirnya produk keuangan perbankan satu ini, maka nggak ada lagi alasan untuk tidak beribadah qurban, apalagi jika sebenarnya kamu memang cukup mampu secara finansial.

Syarat dan Ketentuan Tabungan Qurban

Hukum Tabungan Qurban 1c7b8
Sumber foto: Media Umat

Sama seperti saat ingin membuka rekening tabungan lainnya, membuat tabungan qurban pun memerlukan sejumlah persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon nasabahnya.

Syarat dan ketentuan ini pun bisa berbeda-beda, tergantung bank mana yang kamu pilih untuk membuka rekening tabungan qurban.

Namun, biasanya beberapa persyaratan dan ketentuan umum yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Wajib melampirkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan seperti kartu identitas asli (KTP/SIM/Paspor).

Contoh Tabungan Qurban

Meskipun Idul Adha 2021 masih beberapa bulan lagi, tapi justru ini adalah waktu yang tepat untuk kamu memulai membuka rekening tabungan qurban.

Karena dengan begitu, kamu bisa memilih tenor yang lebih panjang sehingga setoran per bulannya pun tidak terlalu besar.

Nah, buat kamu yang tertarik, berikut adalah beberapa produk tabungan qurban 2021 yang dapat dijadikan pilihan.

1. Tabungan BTN Qurban iB - Bank BTN

Tabungan Qurban Adalah 47b91
Sumber foto: Bank BTN

Selain umum digunakan untuk cicilan KPR rumah, Bank BTN juga rupanya memiliki produk keuangan lain berupa tabungan qurban bernama Tabungan BTN Qurban iB.

Produk tabungan ini menggunakan prinsip syariah dengan akad Mudharabah Mutlaqah (investasi), yaitu kerjasama antara dua pihak dengan keuntungan dan kerugian dibagi menurut nisbah yang disepakati di muka.

Untuk setoran awalnya yaitu sebesar Rp500.000 dan minimum saldo mengendap sebesar Rp200.000.

Nasabah juga perlu mengeluarkan biaya administrasi per bulannya maksimal Rp15.000.

Sejumlah keuntungan yang ditawarkan seperti imbal hasil yang dapat di-autodebet untuk zakat infaq dan shadaqah, mendapatkan bagi hasil yang kompetitif, hingga hewan qurban yang dapat disalurkan ke tempat yang diinginkan.

2. Tabungan BISA Qurban iB - Bank Danamon

Contoh Tabungan Qurban 21d6c
Sumber foto: Bank Danamon

Masih sama-sama menggunakan prinsip syariah bagi hasil (mudharabah), Tabungan BISA Qurban iB dari Bank Danamon disediakan khusus untuk kamu yang ingin mempersiapkan dana ibadah qurban.

Produk ini menawarkan jangka waktu mulai dari 3 - 24 bulan dengan nominal setoran awal sebesar Rp50.000, serta minimum setoran rutin bulanan sebesar Rp150.000.

Dana akan didebet setiap bulan melalui proses auto debet dari rekening sumber ke rekening Tabungan BISA Qurban iB dengan jumlah dan jangka waktu sesuai pilihan kamu.

Sementara, untuk persentase bagi hasil (nisbah) yang diberikan yaitu sebesar 20% per tahun.

3. Tabungan Qurban - Bank Syariah SPM

Manfaat Tabungan Qurban Ef00d
Sumber foto: Bank Syariah SPM

Tabungan Qurban adalah produk simpanan dari Bank Syariah SPM bagi nasabah yang ingin berqurban saat Idul Adha dengan setoran awal ringan, yaitu mulai Rp25.000 saja.

Sementara, untuk setoran berikutnya minimal Rp10.000 dan nasabah akan dibebaskan dari biaya administrasi bulanan dan reaktivasi rekening pasif. Menarik banget, kan?

Tabungan Qurban Bank Syariah SPM juga menggunakan akad bagi hasil (mudharabah) seperti produk-produk sebelumnya.

Bagi kamu yang tertarik, syarat dan ketentuan yang dibutuhkan sangatlah mudah yaitu hanya perlu melampirkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK).

4. Tabungan iB Masa Depan - PermataBank

Tabungan Qurban 2021 29114
Sumber foto: PermataBank

Terakhir ada produk Tabungan iB Masa Depan dari PermataBank yang periode pelaksanaannya telah dibuka sejak Februari hingga April 2021 mendatang.

Terdapat dua skema yang ditawarkan yaitu skema Reguler dan Mitra. Di mana, untuk skema Reguler nominal setoran awal dan bulanan bisa ditentukan oleh nasabah, tetapi minimal Rp100.000.

Maksimal tenor yang diberikan pada skema Reguler juga terbatas, yaitu 10 bulan dengan jatuh tempo maksimal pada Juni 2021.

Sementara, untuk skema Mitra, Permata Bank Syariah bekerjasama dengan Lembaga Kemanusiaan yaitu Dompet Dhuafa, PKPU (Pos Keadilan Peduli Ummat), dan IZI (Inisiatif Zakat Indonesia).

Terdapat dua skema Tabungan Kurban x Mitra, yaitu skema Silver untuk total akumulasi dana Rp2 juta dan skema Gold untuk total akumulasi dana Rp3 juta.

Nilai setoran awal, setoran bulanan, dan jangka waktu menabung pun tidak dapat diubah sesuai keinginan nasabah.

Akhir Kata

Nah, itulah pengertian dan beberapa contoh produk tabungan qurban yang bisa kamu pilih saat ini.

Tabungan qurban adalah solusi menarik buat kamu yang sudah lama memimpikan untuk bisa ikut beribadah qurban.

Jadi, sambil menunggu Idul Adha 2021 tiba, mungkin ini adalah saat paling tepat buat kamu segera membuka rekening tabungan qurban milikmu.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Asuransi Pendidikan Terbaik Bb505
6 Produk Asuransi Pendidikan Terbaik 2021 | Kamu Pilih yang Mana?
Tabungan Anak Terbaik D17d0
7 Produk Tabungan Anak Terbaik 2021 | Setoran Awal Mulai Dari Rp5 Ribu!
Tabungan Haji Terbaik E5850
6 Tabungan Haji Syariah & Non-Syariah Terbaik 2021 | Bisa Tanpa Setoran Awal!
Asuransi Mobil Terbaik 743e9
10 Asuransi Mobil Terbaik 2021: All Risk, Total Loss Only (TLO), dan Syariah di Indonesia
Jenis Asuransi 24a08
Jenis-Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia | Jangan Salah Pilih!
Asuransi Syariah 18ded
Pengertian Asuransi Syariah & Manfaatnya | Lebih Bagus Mana Dibanding Konvensional?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal