6 Tabungan Haji Syariah & Non-Syariah Terbaik 2021 | Bisa Tanpa Setoran Awal!

Tak bisa dipungkiri kalau tabungan haji dapat menjadi solusi bagi umat muslim yang ingin mewujudkan impian beribadah ke tanah suci, tetapi terkendala oleh masalah finansial.

Meskipun melaksanakan ibadah haji adalah impian bagi banyak umat muslim, biaya yang perlu dikeluarkan tidaklah murah sehingga ibadah haji bisa dijangkau oleh kalangan tertentu saja.

Untungnya, selain berbagai jenis produk asuransi jiwa, saat ini ada banyak bank yang juga menyediakan fasilitas perencanaan keuangan untuk beribadah haji melalui produk tabungan haji.

Lantas, apa saja produk tabungan haji yang bagus dan terbaik yang ada di Indonesia? Berikut daftar selengkapnya yang bisa kamu pilih.

1. Tabungan Mabrur - Bank Syariah Indonesia (BSI)

Tabungan Haji Mandiri Syariah C20bc
Sumber foto: BSI

Resmi dibentuk pada 1 Februari 2021 lalu, Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah penggabungan dari beberapa Bank BUMN seperti Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Sayriah dalam menghadirkan layanan yang lebih lengkap dan luas.

Salah satu produknya yang disediakan khusus untuk perencanaan finansial haji nasabah adalah Tabungan Mabrur.

Tabungan Mabrur menggunakan prinsip syariah Mudharabah Mutlaqah, yaitu perjanjian antara nasabah dan Bank, di mana Bank sebagai pengelola dana diberi kekuasaan penuh untuk menempatkan dana tersebut dalam usaha berbasis syariah dan menguntungkan.

Menawarkan bebas biaya pembukaan rekening dan administrasi bulanan, minimum setoran awal Tabungan Mabrur adalah Rp100.000 dan setoran selanjutnya minimal Rp100.000 juga.

Sementara itu, saldo minimal yang diperlukan untuk didaftarkan ke SISKOHAT (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu) adalah Rp25,1 juta.

Jadi, buat kamu yang mencari produk tabungan haji Mandiri Syariah, BNI Syariah, maupun BNI Syariah, kamu bisa gunakan produk Tabungan Mabrur dari BSI ini.

2. BNI Haji - Bank BNI

Tabungan Syariah Haji 18235
Sumber foto: BNI

Berikutnya ada produk BNI Haji dari Bank BNI yang dapat meringankan persiapan dana untuk menunaikan ibadah haji dengan memberikan beberapa keuntungan.

Keuntungan tersebut seperti misalnya gratis biaya pengelolaan rekening, gratis biaya pembukaan dan penutupan rekening, hingga gratis premi perlindungan asuransi jiwa karena kecelakaan.

Nilai pertanggungan yang akan diberikan dari premi asuransi jiwa ini maksimal sebesar nilai BPIH (Biaya Penyelenggara Ibadah Haji). Serta, akan mendapat beasiswa untuk ahli waris maksimal Rp30 juta.

Untuk setoran awal minimum yang ditawarkan, yaitu Rp500.000 dan setoran minimum selanjutnya, yaitu Rp5.000 saja.

Nasabah juga dapat melakukan penarikan tunai dari saldo rekening BNI Haji yang dibatasi sebanyak 1 kali setahun. Jumlah sisa saldo setelah penarikan pun harus minimal Rp500.000.

3. Mandiri Tabungan Haji dan Umroh (MTHU) - Bank Mandiri

Tabungan Ibdah Haji Mandiri 220c0
Sumber foto: Wardun

Untuk memudahkan nasabah dalam mempersiapkan biaya ibadah haji baik reguler maupun khusus (Haji Plus) serta umroh, Bank Mandiri pun memiliki produk tabungan haji bernama Mandiri Tabungan Haji dan Umroh (MTHU).

Bagi kamu yang tertarik, MTHU menawarkan beberapa keuntungan berupa gratis biaya pembukaan, administrasi, dan penutupan rekening yang umumnya akan dibebankan kepada nasabah.

Produk tabungan haji Bank Mandiri satu ini juga memiliki ketentuan setoran awal dan saldo minimum yang lebih ringan dibandingkan BNI, yaitu hanya Rp100.000 saja.

Sementara itu, untuk minimum setoran selanjutnya masih dengan nominal yang sama, yaitu Rp100.000.

Demi kemudahan bersama, dana tersebut bisa disetorkan baik secara tunai di cabang atau melalui Mandiri e-banking seperti ATM, SMS banking, internet banking, dan Mandiri Call.

4. Tabungan Haji - Bank BRI

Tabungan Haji Bri 2021 93082
Sumber foto: BRI

Nggak cuma meyediakan produk tabungan anak saja, Bank BRI juga memiliki produk keuangan lain termasuk salah satunya adalah tabungan ibadah haji.

Bahkan, BRI juga menawarkan keuntungan berupa gratis biaya administrasi yang cukup meringankan dan memudahkan bagi kamu yang ingin membuka rekening tabungan ini.

Tak hanya itu saja, tabungan ibadah haji yang ditawarkan oleh Bank BRI juga memiliki ketentuan setoran awal minimum terjangkau hanya Rp50.000 saja.

Gimana, tertarik untuk membuka rekening tabungan ibadah haji di Bank BRI?

5. Tabungan iB Hijriah Haji - Bank Muamalat

Tabungan Haji Muamalat Ab731
Sumber foto: Bank Muamalat

Selain melalui Bank Syariah Indonesia, ada juga produk tabungan haji syariah dari Bank Muamalat yang bisa kamu pilih sebagai alternatifnya.

Produk tersebut dinamakan Tabungan iB Hijrah Haji yang diklaim dikelola secara profesional dan murni syariah.

Produk keuangan ini sendiri menggunakan prinsip akad Wadiah Yad Dhamanah, yaitu akad penitipan uang di mana pihak yang dititipi boleh memanfaatkan uang tersebut dan harus bertanggung jawab jika uang tersebut hilang atau rusak.

Akad Wadi'ah juga tidak memberikan keuntungan bagi hasil bagi nasabahnya, melainkan hanya berupa bonus secara sukarela dari pihak bank.

Berbeda dengan tabungan haji pada umumnya, produk tabungan ibadah haji Bank Muamalat tidak ada setoran awal serta membebaskan biaya penutupan rekening.

Dengan begitu, nasabah bisa memilih dan mengatur jumlah setoran serta jangka waktu menabung sesuai dengan paket haji atau umroh yang tersedia.

Oleh karena itu, nggak heran kalau produk tabungan dari Bank Muamalat satu ini dinilai sangat fleksibel.

6. Tabungan iB Rencana Haji - Bank CIMB Niaga Sayriah

Tabungan Haji Syariah Terbaik 2021 E9fe2
Sumber foto: CIMB Niaga

Terakhir, ada produk Tabungan iB Rencana Haji dari Bank CIMB Niaga Syariah yang menggunakan prinsip Mudharabah Muthlawah.

Mudharabah Muthlawah adalah bentuk akad di mana nasabah memberikan kebebasan (tidak ikut campur) kepada Bank untuk menentukan pilihan usaha yang akan dijalankan. Namun, nasabah tetap diperbolehkan untuk mengawasi.

Sama seperti Bank Muamalat, produk tabungan ibadah haji Bank CIMB Niaga Syariah juga tidak memiliki ketentuan minimal setoran awal. Namun, memiliki jenis pilihan jatuh tempo minimal 6 hingga 240 bulan.

Selain itu, ada minimal setoran rutin tiap bulan yaitu sebesar Rp100.000.

Oh ya, buat kamu yang mungkin juga tertarik dengan KPR syariah, Bank CIMB Niaga juga menyediakan fasilitas satu ini, lho!

Akhir Kata

Itulah beberapa produk tabungan haji syariah dan non-syariah terbaik 2021 yang bisa kamu coba pertimbangkan untuk dipilih.

Bagi kamu yang menghindari riba, ada pula sejumlah produk tabungan ibadah haji syariah yang dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

Masing-masing tentu memiliki syarat dan ketentuan biaya yang berbeda-beda, sehingga kamu bisa tentukan yang menurutmu paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Simulasi Trading Saham Untuk Pemula 1b0b8
8 Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik Android | Anti Rugi!
Aplikasi Saham A449c
10 Aplikasi Saham Online Terbaik 2021, Terdaftar di OJK!
Apa Itu Saham Ipo 9df71
Kupas Tuntas Apa Itu Saham, Jenis, Risiko, dan Istilah Lainnya, Newbie Masuk!
Keuntungan Investasi Saham 4803a
Hati-Hati! Inilah 7 Risiko & Keuntungan Investasi Saham
Saham Blue Chip 7ae6a
10 Saham Blue Chip Paling Prospektif dan Layak Dibeli
Instrumen Investasi 45808
Apa Itu Instrumen Investasi & Jenisnya | Investor Pemula Wajib Tahu!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal