J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Saham dengan Dividend Yield Terbesar 2021 | Tertarik?

Sabtu, 27 Mar 2021, 19:00 WIB
Apa saja ya saham dengan dividend yield terbesar 2021? Berikut daftar selengkapnya yang bisa kamu pertimbangkan.

Mau investasi saham dan berpotensi dapat dividen besar? Kalau gitu, kamu wajib pertimbangkan daftar saham dengan dividend yield terbesar 2021 kali ini.

Buat kamu yang belum tahu, dividend yield (DY) adalah persentase tingkat keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham dalam pembagian dividen.

Dividend yield yang tinggi bukan hanya menguntungkan karena investor jadi bisa dapat dividen besar saja, tapi DY yang tinggi pun berarti menunjukkan bahwa kinerja perusahaan tersebut baik dan berpotensi adanya passive income dari saham tersebut.

Nah, buat kamu para pemburu dividen, berikut Jaka punya beberapa saham dengan dividend yield terbesar 2021 yang bisa dipertimbangkan.

Note:

Daftar saham dengan dividend yield terbesar 2021 di bawah ini berdasarkan data ter-update di Index pada tanggal 25 Maret 2021. Persentase ini dapat berubah sesuai perkembangan harga masing-masing saham.

1. DMAS - PT Puradelta Lestari Tbk. (19,49%)

Saham Dengan Dividen Yield Tertinggi 2021 F96dc
Sumber foto: Pasardana

Di posisi pertama dalam daftar kali ini ada saham dari PT Puradelta Lestari Tbk., dengan kode saham DMAS yang memiliki persentase dividend yield sebesar 19,49%.

Berdasarkan data histori Corp Action selama 5 tahun ke belakang, perusahaan ini juga rutin membagikan dividen sebanyak dua kali dalam setahun.

Di mana, pada bulan November tahun lalu, DMAS juga tercatat membagikan dividen interim sebesar Rp1,20 triliun atau Rp25 per lembar saham.

DMAS sendiri merupakan saham emiten yang berkecimpung pada sektor property, real estate, dan building construction.

2. PTBA - PT Bukit Asam Tbk. (12,18%)

Saham Blue Chip Dengan Dividen Besar 11c75
Sumber foto: PT Bukit Asam Tbk.

Merupakan perusahaan BUMN yang berkecimpung di sektor industri batu bara, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) juga rupanya memiliki persentase dividend yield yang cukup tinggi di antara saham-saham lain dari sektor serupa.

Forward Dividend Yield saham PTBA berdasarkan harga terupdate-nya sendiri diperkirakan sebesar 12,18%. Dengan acuan dividen per lembar saham Rp326.46 dan harga saham Rp2.680 per lembar.

Dikenal sebagai salah satu perusahaan yang rutin membagikan dividen dengan harga per lembar yang cukup tinggi, maka nggak heran jika PTBA masuk dalam daftar IDX High Dividen 20 periode Februari 2021 - Januari 2022.

3. ADRO - PT Adaro Energy Tbk. (9,02%)

Saham Dengan Dividend Yield Terbesar 2021 A6548
Sumber foto: Warta Ekonomi

Masih dari sektor perusahaan batu bara, PT Adaro Energy Tbk. pun menjadi salah satu perusahaan yang memiliki persentase dividend yield tertinggi berdasarkan perkiraan harga saham terkininya.

Di mana, saham ADRO ini memiliki Forward Dividend Yield yang diperkirakan sebesar 9,02% dengan acuan harga saham per lembar Rp1.215 dan dividen per lembar Rp109,61.

Meskipun masih berupa perkiraan, tapi saham ADRO sendiri merupakan salah satu perusahaan yang cukup rutin membagikan dividen sebanyak 2 kali dalam setahun dengan nilai dividen per lembar yang lumayan besar.

4. HMSP - PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (8,84%)

Saham Dengan Dividen Terbesar 2021 Bb69a
Sumber foto: BeritaSatu

Pernah tercatat dalam 5 besar daftar emiten yang memiliki dividend yield tertinggi tahun 2019, kinerja PT Hanjaya Mandala Sampoerna rupanya terbilang cukup stabil hingga masuk dalam daftar kali ini.

Pasalnya, saham HMSP diperkirakan memiliki Forward Dividend Yield kisaran 8,84%. Ini berdasarkan acuan harga saham per lembar sebesar Rp1.355 dan dividen per lembar Rp119.80.

Meskipun masih berupa perkiraan, tapi saham dari perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur dan perdagangan rokok ini merupakan salah satu perusahaan yang dikenal konsisten membagikan dividen setiap tahunnya.

5. ITMG - PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (7,22%)

Emiten Saham Dividend Yield Tinggi Ecb54
Sumber foto: Market Bisnis

Berikutnya ada saham ITMG yang memiliki dividend yield sebesar 7,34% dengan acuan harga saham per lembar Rp11.950 dan dividen per lembar Rp614.

ITMG bahkan dikenal investor sebagai salah satu perusahaan yang royal membagikan dividen kepada pemegang saham dengan harga per lembar yang relatif tinggi.

Tak hanya itu, dalam histori Corp Action 5 tahun terakhir juga tercatat bahwa emiten ini rutin membagikan dividen sebanyak 2 kali dalam setahun.

6. BJBR - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk. (6,18%)

Saham Dividend Yield Tinggi E6c63
Sumber foto: Pemprov Jawa Barat

Meskipun saham BBCA memiliki harga paling tinggi di antara emiten perbankan lain, BJBRlah lah yang diperkirakan menjadi salah satu emiten perbankan dengan dividend yield terbesar 2021 kali ini.

Berdasarkan acuan harga saham per lembar sebesar Rp1.520 dan dividen per lembar Rp94.02, saham BJBR memiliki Forward Dividend Yield sebesar 6,18%.

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk. sendiri adalah badan usaha milik daerah yang dimiliki Pemda Jawa Barat dan Banten.

7. BJTM - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (5,98%)

Saham Yang Bagi Dividen 2 Kali Setahun A5a61
Sumber foto: Wikipedia

Dari saham perbankan milik daerah lainnya, BJTM pun rupanya memiliki persentase dividend yield yang dinilai cukup menggiurkan di mata sebagian investor.

Bagaimana tidak, berdasarkan acuan harga saham per lembar sebesar Rp805 dan dividen per lembar Rp 48.20, saham BJTM diperkirakan memiliki Forward Dividend Yield sebesar 5.98%.

Tak hanya itu, dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai Rp12,09T, BJTM juga termasuk dalam jajaran saham lapis satu (first liner) alias saham yang memiliki kapitalisasi pasar di atas Rp10T atau dikenal juga dengan sebutan saham blue chip.

8. UNTR - PT United Tractors Tbk. (4.62%)

Saham Pemberi Dividend Yield Terbesar 5202d
Sumber foto: Qerja

Saham dengan dividend yield terbesar 2021 berikutnya adalah PT United Tractors Tbk. (UNTR) yang bergerak di industri distributor alat berat.

Saham UNTR sendiri memiliki dividend yield sebesar 4.54%. Di mana, persentase tersebut merupakan perkiraan dari harga saham per lembarnya yang saat ini senilai Rp21.125 dan dividen per lembar Rp976.

Meskipun harga saham per lembarnya lebih tinggi dari saham lain, contonya saham ADRO, tapi persentase tingkat keuntungan yang diberikan perusahaan ini tergolong lebih rendah.

Itulah mengapa sebagai dividend hunter, kamu jangan cuma berpatok pada harga saham yang tinggi seolah-olah emiten tersebut bagus padahal memiliki dividend yield yang lebih rendah.

9. TLKM - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (4,54%)

Saham Dengan Dividend Yield Terbesar 563c8
Sumber foto: Liputan6

Siapa sih investor yang nggak kenal dengan emiten satu ini? Meskipun beberapa bulan lalu sempat membuat khawatir para pemegang saham karena harganya yang turun drastis, tapi ternyata TLKM memiliki dividend yield yang cukup besar.

Berdasarkan perhitungan harga saham per lembar sebesar Rp3.390 dan dividen per lembar Rp154.07, saham TLKM diperkirakan memiliki Forward Dividend Yield kisaran 4,54%.

Bukan hanya itu saja, saham blue chip dengan dividend yield terbesar ini juga memiliki nilai kapitalisasi pasar yang tinggi yaitu mencapai Rp335.82T.

10. INDF - PT Indofood Tbk. (4,24%)

Saham Dengan Dividend Yield Tertinggi Db903
Sumber foto: Industry

Di urutan terakhir saham dengan dividend yield terbesar berikutnya ada PT Indofood Tbk. (INDF).

Emiten ini memiliki harga saham per lembar terkini seharga Rp6.550 dan dividen per lembar Rp278, dengan begitu Forward Dividend Yield dari saham ini kisaran 4,24%.

Perusahaan ini juga tercatat rutin membagikan dividen tiap tahunnya, dan pernah membagikan dividen interim kepada pemegang saham sebesar Rp65 per lembar saham pada tahun 2018.

Akhir Kata

Nah, itulah 10 saham dengan dividend yield terbesar 2021 yang bisa kamu jadikan pertimbangan, geng.

Namun, ingat! Persentase tersebut hanyalah berupa Forward Dividend Yield alias masih perkiraan dividen tahunan dan dapat saja berubah-ubah tergantung dari pergerakan harga sahamnya.

Meskipun begitu, beberapa perusahaan di atas tampaknya cukup konsisten menjaga kinerjanya sehingga persentase dividend yield kemungkinan tidak akan meleset jauh.

Terkecuali ada kondisi lain yang menyebabkan kinerja perusahaan terdampak besar.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Index Lq45 0080c
Pengertian Indeks LQ45 & Daftar Saham LQ45 Terbaru 2021 | Pilih yang Mana?
Pengertian Indeks Saham Dan Jenis Indeks Saham 7b18f
Pengertian Indeks Saham, Fungsi, dan Jenisnya | Sudah Tahu?
Istilah Saham 33d58
10 Istilah Saham yang Wajib Diketahui Investor Pemula | Jangan Kejebak!
Cara Investasi Di Bibit 2e7e5
Cara Investasi di Bibit Untuk Pemula Terbaru 2021 | Registrasi, Beli, & Jual
Instrumen Investasi 45808
Apa Itu Instrumen Investasi & Jenisnya | Investor Pemula Wajib Tahu!
Investasi Saham Syariah 2cecb
Cara Investasi Saham Syariah & Daftar Saham Syariah 2021 | Jangan Salah Pilih!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal