7 Rekomendasi Reksa Dana Pasar Uang Terbaik 2021 | 100% Mengunci Risiko

Default

Reksa dana adalah suatu instrumen keuangan yang menggunakan sumber dana publik yang dikumpulkan untuk dikelola oleh manager investasi lewat portofolio Efek. Reksa dana pasar uang adalah salah satu jenis yang paling dicari.

Risikonya yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya membuat reksa dana pasar uang populer di mata investor.

Makanya, ini bisa menjadi alternatif buat para investor yang mau untung dengan penghasilan pasti dan dengan modal yang minim.

Sebelum kamu langsung tancap gas untuk memulai investasi, yuk pahami dulu tentang jenis reksa dana ini dari Jaka berikut ini!

Pengertian Reksa Dana Pasar Uang

Rekomendasi Reksa Dana Pasar Uang F268e

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang menggunakan dana publik untuk diinvestasikan seluruhnya kedalam instrumen pasar uang berupa portofolio Efek yang dikelola oleh manager investasi.

Beberapa portofolio Efek yang di dalam instumen investasi yang satu ini di antaranya adalah deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan obligasi dengan jatuh tempo maksimal 1 tahun.

Sederhananya, kamu perlu punya uang untuk berinvestasi produk ini. Soal sumber keuntungan merupakan tanggung jawab manager investasi yang menjanjikan keuntungan buat kamu selama periode tertentu.

Keuntungan Reksa Dana Pasar Uang

Mungkin kamu mulai penasaran karena sudah tahu kalau investasi risiko rendah ini jarang ada. Ditambah lagi, investor dapat menghasilkan keuntungan meskipun dengan modal minim.

Biar lebih jelas untuk menjelaskan kelebihan investasi yang satu ini, Jaka gunakan tabel di bawah ini yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

Spesifikasi Detil Penjelasan Keunggulan Reksa Dana Pasar Uang
Keuntungan stabil Tidak fluktuatif dan tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi global sehingga dengan jangka investasi yang pendek tetap bisa menghasilkan keuntungan yang stabil.
Suku bunga Secara keseluruhan, reksa dana pasar uang mampu memberikan keuntungan dengan suku bunga lebih tinggi dibandingkan suku bunga deposito bank. Hal ini reksa dana berkaitan dengan kenaikan nilai aset pada protofolio Efek yang dibeli oleh manager investasi.
Pencairan dana Kapanpun bisa dicairkan meskipun jatuh tempo reksa dana ini masih panjang. Selain itu, kamu tidak bakal kena pinalti sebagaimana ketika menyimpan uang lewat deposito.
Setoran awal Dengan modal Rp100.000, kamu bisa mulai memilih produk reksa dana. Meskipun dengan jumlah modal minim, suku bunga yang bakal kamu dapatkan tetap sama dengan modal yang besar.
Biaya pembelian

Biaya penjualan

Bebas biaya tambahan ketika kamu melakukan pembelian (penambahan dana).

Bebas biaya tambahan ketika melakukan penjualan (penarikan sebagian/seluruh dana).

Lewat tabel di atas, sekarang kamu semakin tahu mengapa instrumen invesasi yang satu ini menjadi primadona buat para investor pemula. Minim risiko, minim modal. Kelihatannya memang menarik, kan?

Risiko Reksa Dana Pasar Uang

Reksadana Pasar Uang Adalah Dd28c

Alokasi investasi yang dilakukan oleh para manager investasi untuk produk reksa dana pasar uang ini berorientasi pada instrumen pasar uang berbasis aset.

Nah, yang namanya aset berpotensi mengalami kenaikan. Alhasil, nilainya bakal naik meskipun kondisi ekonomoi global sedang lesu.

Risiko reksa dana pasar uang lebih menekankan kepada kemampuan manager investasi dalam mengelola dana dari produk reksa dana.

Selain itu, kondisi keamanan dan politik yang menimbulkan kerusuhan atau konflik peperangan juga menjadi faktor risiko tersendiri untuk stabilitas pendapatan dari semua instrumen investasi.

Istilah Terkait

Belajar investasi belum lengkap kalau kamu belum mengerti istilah-istilah yang digunakan. Kali ini, Jaka juga bakal kasih beberapa istilah yang bakal kamu temui ketika mempelajari reksa dana.

Kamu bisa menyimak beberapa istilah itu lewat tabel yang gampang dipahami dari Jaka berikut ini.

Istilah Reksa Dana Penjelasan
Manajer Investasi Pihak yang sudah punya izin dari OJK untuk mengelola dana publik untuk mengubah uang yang dialokasikan oleh investor menjadi SBI, deposito berjangka, atau obligasi yang punya tempo di bawah 1 tahun.
Portofolio Efek Surat-surat berharga yang menjadi objek investasi berupa saham, reksa dana, obligasi, dan tanda bukti utang.
Subscription Fee Tidak ada biaya membeli atau meletakkan uang seperti saat membeli reksa dana lain.
Redemption Fee Tidak ada biaya menjual atau menarik/mencairkan dana seperti reksa dana pada umumnya.

Rekomendasi Reksa Dana Pasar Uang Terbaik

Reksa Dana Pasar Uang Terbaik 49361

Seperti saham, reksa dana juga terbagi menjadi dua jenis, yakni reksa dana reguler (konvensional) dan reksa dana syariah. Tentu saja ini juga berlaku untuk jenis reksa dana pasar uang syariah, dong.

Di sini, Jaka juga bakal kasih rekomendasi untuk memilih reksa dana pasar uang terbaik sebelum kamu berinvestasi pada instrumen keuangan ini.

Mengutip dari finansialku.com, inilah 7 reksa dana pasar uang dengan kinerja terbaik yang bisa kamu pilih di tahun 2021 ini!

Reksa Dana Pasar Uang Manajer Investasi Tanggal Terbit Dana yang Dikelola Return per tahun Minimum Pembelian
Sucorinvest Sharia Money Market Fund Sucor Asset Management 1 Oktober 2018 Rp792.771.200.600 6,84% Rp100.000
Syailendra Sharia Money Market Fund Syailendra Capital 5 Oktober 2017 Rp21.080.170.257 5,96% Rp50.000
Reksa Dana Mega Dana Kas Mega Capital Investama 11 September 2006 Rp300.281.857.197 6,65% Rp100.000
Capital Money Market Fund Capital Asset Management 28 Desember 2015 Rp117.350.957.424 6,41% Rp100.000
Maybank Dana Pasar Uang Maybank Asset Management 7 September 2011 Rp241.837.004.345 6,16 persen Rp100.000
Setiabudi Dana Pasar Uang Setiabudi Investment Management 19 Januari 2017 Rp234.268.883.948 6% Rp10.000
Avrist Ada Kas Mutiara Avrist Asset Management 12 April 2017 Rp239.805.283.765 5,75 persen Rp1.000.000

Modal awal investor untuk dapat memiliki instrumen investasi yang satu ini sangat bervariatif, mulai dari Rp10.000 hingga Rp1.000.000.

Reksa dana ini memang sangat layak kamu pilih untuk belajar investasi dibandingkan berinvestasi saham, obligasi, atau deposito yang butuh modal yang lebih besar.

Akhir Kata

Itulah penjelasan lengkap Jaka buat kamu tentang reksa dana pasar uang yang friendly banget karena lebih aman dan paling rendah risikonya dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya.

Bagikan artikel reksa dana ini kepada teman-teman agar mereka semakin melek investasi sedini mungkin. Mungkin saja dengan share tulisan Jaka ini bisa sangat membantu mereka untuk memilih investasi di pasar uang.

Baca juga artikel Reksa Dana lainnya dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
Perbedaan Reksadana Dan Saham D3ff0
6 Perbedaan Reksa Dana dan Saham yang Harus Investor Ketahui
Risiko Dan Keuntungan Reksa Dana B4aad
8 Risiko & Keuntungan Reksa Dana Bagi Investor | Cuma Modal Rp10 Ribu?
Pengertian Reksa Dana Adalah F8e95
Pengertian Reksa Dana & Jenis Produknya | Investor Pemula Wajib Tahu!
Deposito Adalah Menyimpan Uang 4036d
Deposito Adalah Investasi, Benarkah? | Saatnya Melek Investasi
Cara Menghitung Bunga Deposito 40918
Cara Menghitung Bunga Deposito Termudah 2021, Lengkap dengan Rumus!
Banner1 6bdb1
Mengenal Jenis dan Investasi Obligasi Sebelum Membelinya
Perbedaan Saham Dan Obligasi 8dcb6
Perbedaan Saham dan Obligasi Terlengkap 2021 | Mana yang Menguntungkan?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal