Meteor Membawa Berkah, Pembuat Peti Mati di Medan Jadi Jutawan dalam Semalam!

Default

Keberuntungan memang tak berpihak kepada semua orang, tetapi bukan berarti ini hanya impian belaka.

Selain pria Tanzania yang temukan batu langka jadi miliarder dadakan, kali ini giliran pria asal Medan, Indonesia yang tertimpa rejeki nomplok.

Josua Hutagalung, seorang petani kopi dan pengrajin peti mati, tiba-tiba menjadi jutawan lantaran menemukan batu luar angkasa alias meteor yang menghantam atap rumahnya.

Josua Hutagalung Temukan Meteor Ef437
Sumber foto: iNews

Menurut para ahli astronomi, batu meteor yang dimiliki Josua diperkirakan berusia 4,5 miliar tahun dan merupakan meteorit paling dicari yang pernah ditemukan.

Batuan dengan bobot 2,2 kilogram tersebut juga diyakini dapat memiliki unsur-unsur yang dapat memberi petunjuk mengenai asal usul kehidupan, seperti dilaporkan Sindo News.

Kabarnya, Josua berhasil mendulang 26 miliar rupiah dari hasil menjual 1,8 kilogram batu temuannya itu - sedangkan ia menyimpan 400 gram nya untuk diri sendiri dan dibagikan kepada keluarga.

Kronologi Jatuhnya Meteor

Kejadian yang kemudian sukses mengantarkan Josua menjadi jutawan itu terjadi pada 1 Agustus 2020 saat dirinya tengah melakoni pekerjaannya sebagai pembuat peti mati di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Ia mendengar suara gemuruh kencang dari langit yang semakin mendekat ke rumahnya, lalu bunyi dentuman dari atap rumah terdengar begitu kerasnya.

Rupanya, ada bongkahan batu besar yang menimpa atap rumah Josua hingga bocor, tetapi saat itu dirinya belum mengetahui bahwa benda tersebut adalah meteor.

Meteor Jatuh Di Tapanuli Tengah 4024f
Sumber foto: Smart News Tapanuli

Pria berusia 33 tahun tersebut mengatakan bahwa bongkahan itu tertanam 15 centimeter di bawah tanah.

Meski sempat takut untuk mendatangi lokasi batu tersebut jatuh, Josua akhirnya menggali tanah dan mengangkat batu yang menurutnya masih terasa hangat saat digenggam.

Dirinya pun lantas mengunggah foto temuan tersebut ke akun Facebook-nya hingga menuai beragam respon netizen dan viral sampai-sampai diliput media.

Perdebatan Harga dan Pembeli Meteor yang Tak Jelas

Beberapa sumber mengatakan bahwa Josua berhasil menjual batu meteor tersebut senilai 26 miliar rupiah kepada Jared Collins, seorang ahli batuan luar angkasa yang tinggal di Bali.

Namun, ternyata informasi ini tidak tepat. Belakangan diketahui bahwa Collins menemui Josua karena diminta koleganya untuk memastikan keaslian meteorit tersebut.

Jadi, sebenarnya Collins hanyalah seorang perantara bagi koleganya yang memiliki kegemaran spesifik terhadap meteor, bukan pembeli.

Josua Dan Jared Collins A4d98
Sumber foto: Radar Cirebon

Soal harga, Josua mengaku pada awalnya membuka penawaran harga sebesar 200 juta rupiah, seperti dilansir dari BBC Indonesia.

Namun, rupanya angka itupun bukanlah hasil kesepakatan akhir keduanya lantaran Josua meminta perbaikan atap rumahnya yang rusak sehingga kemudian ia menerima tambahan 14 juta rupiah.

Sementara itu, media di Inggris menyebutkan Josua mendapatkan uang senilai hampir 26 miliar rupiah lantaran pihak yang membeli meteor tersebut menjualnya di platform jual beli online dengan harga fantastis.

Tertulis, meteor tersebut dibanderol seharga 757 poundsterling atau sekitar 14,1 juta rupiah per gram nya, sehingga jika dikalikan dengan 1.800 gram jumlahnya setara dengan 26 miliar rupiah.

Josua Hutagalung Penemu Meteor Di Atap Rumah Cd50b
Sumber foto: Waspada

Padahal, baik Josua maupun Collins menampik bahwa meteor tersebut mencapai harga puluhan miliar, geng.

Seperti dilaporkan BBC, Collins bahkan menambahkan bahwa tidak ada meteorit dengan nilai setinggi itu, bahkan tidak akan ada kolektor yang hendak membayar harga tersebut.

Josua sendiri mengaku mendapatkan 200 jutaan rupiah yang telah habis digunakannya untuk dibagi kepada keluarga, yatim piatu, gereja, serta memperbaiki makam orang tuanya.

Soal harga secara spesifik serta bukti pembayarannya, Josua enggan buka suara sampai saat ini.

Meskipun memang tidak sampai miliaran, tetap saja Joshua berhasil mendapatkan uang dalam jumlah yang nggak sedikit berkat meteor itu. Lumayan kan bisa mendapatkan "meteor runtuh"? Hehe ....

Baca juga artikel seputar Meteor atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!

7 Artis Indonesia yang Masih Kerja Meski Punya Suami Tajir | Makin Crazy Rich!

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 04 13t120015 212 6a549
Temukan Tiga Buah Batu Langka, Penambang Tanzania Dua Kali Jadi Miliarder Dadakan!
Untitled Design 2021 04 07t121105 804 D8775
10 Miliarder Termuda di Dunia 2021, Usia 18 Tahun Sudah Jadi Milyader!
Untitled Design 2021 04 12t184626 357 1b9fb
10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!
Untitled Design 2021 04 06t101046 710 1f0a3
Suami Istri Ini Kaya Raya Berkat Canva, Jadi Miliarder Termuda di Australia!
10 Orang Terkaya Dunia 2021 7abc7
10 Orang Terkaya Dunia 2021, Siapa Peringkat Pertama?
Kampung Miliarder 3 270a3
Tak Mau Diganggu, Kampung Miliarder di Tuban Larang Sales hingga Pengemis Masuk
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal