5 Pengusaha Dunia yang Tambah Kaya saat Pandemi Corona, Kok Bisa?

Seperti yang kamu tahu, pandemi Covid-19 yang mewabah dunia sejak tahun 2020 sudah mengubah tatanan perekonomian dunia.

Banyak sekali perusahaan bangkrut. PHK di mana-mana, tak terkecuali para pengusaha mati-matian memutar otak untuk mempertahankan kesehatan perusahaannya.

Namun, hal berbeda dialami oleh para pengusaha di bawah ini. Mereka justru ketiban durian runtuh akibat pandemi ini.

Memang, pengusaha-pengusaha tersebut berasal dari bidang kesehatan, yang mana di masa pandemi jadi yang paling 'diuntungkan' karena banyaknya kebutuhan alat-alat medis.

Di bawah ini, Jaka berhasil mengumpulkan daftar pengusaha yang sukses mengumpulkan pundi-pundi uang saat pandemi Covid-19 dilansir Forbes. Berikut daftarnya!

1. Li Xiting

Pengusaha Kaya Covid 1 70221

Li Xiting merupakan pengusaha peralatan kesehatan yang berbasis di Tiongkok. Bernama Mindray Medical International, perusahaan yang berbasis di Shenzen ini sudah ia rintis sejak tahun 1991.

Nah, saat pandemi Covid-19 mulai melanda Wuhan pada akhir tahun 2019, Li Xiting bersama Mindray menjadi yang terdepan dalam memerangi pandemi ini.

Bahkan, ia memperbanyak sekaligus melipat gandakan peralatan kesehatan vital seperti produksi ventilator menjadi 3.000 buah dalam sebulan.

Berkat aksinya dalam menaikkan produksi ventilator, kekayaannya bertambah hingga 1 persen menjadi 2,6 miliar USD atau setara dengan Rp190 triliun. Mindray Medical International pun juga menjadi perusahaan kesehatan terbesar di Tiongkok.

2. Alain Merieux

Pengusaha Kaya Covid 2 419da

Alain Merieux sejak lama terkenal sebagai konglomerat medis terkemuka di Eropa. Semua berkat Institut Merieux, perusahaan medis terbesar di Eropa yang didirikan oleh sang kakek, Marcel, pada tahun 1897.

Nah, kekayaan tersebut bertambah saat salah satu cabangnya yang bergerak di bidang pengujian diagnostik, BioMerieux mulai memproduksi alat pengujian Covid-19 secara massal selama pandemi.

Apalagi, alat pengujian buatan BioMerieux diklaim mampu mendeteksi keberadaan virus hanya dalam waktu 45 menit saja, sementara alat lain harus menunggu hingga seharian.

Hal ini tentu membuat BioMerieux mengalami kenaikan total pendapatan bersih sebesar 25 persen menjadi 7,6 miliar USD (Rp114 triliun). Keren banget!

3. Maja Oeri

Pengusaha Kaya Covid 3 D6747

Darah konglomerat medis juga turun pada sosok Maja Oeri. Ia merupakan keturunan dari Fritz Hoffmann-La Roche, pendiri raksasa farmasi Roche yang berbasis di Swiss.

Lewat tangan dinginnya, ia berhasil memimpin perusahaannya dalam mengembangkan obat radang sendi tocilizumab untuk pasien Covid-19 di Amerika Serikat.

Selain itu, perusahaan Roche juga sedang mengembangkan tes serologi baru bagi orang-orang yang kemungkinan besar sudah terkena Covid-19. Tes ini diklaim jauh lebih cepat dan canggih.

Hal ini membuat kekayaan Oeri naik hingga 10 persen menjadi 3,2 miliar USD atau setara dengan Rp48 triliun. Apakah Roche tidak tertarik membuat vaksin semacam Sinovac juga ya?

4. Gustavo Denegri

Pengusaha Kaya Covid 4 8651f

Gustavo Denegri merupakan pimpinan perusahaan bioteknologi Italia, DiaSorin yang ia beli pada tahun 2000. Siapa sangka, strategi bisnisnya ini membuat Denegri auto kaya, terlebih di masa pandemi ini?

Secara khusus, Denegri mengumpulkan pundi-pundi hartanya dari produksi massal alat tes darah antibodi dan tes diagnostik berbasis swab untuk Covid-19.

Sebagai negara yang sempat menempati urutan pertama kematian akibat Covid-19 tertinggi di dunia, Italia sangat bergantung dengan alat ts buatan DiaSorin.

Nggak heran, hal tersebut membuat kekayaan Denegri langsung naik hingga 32 persen menjadi 4.5 miliar USD atau setara dengan Rp67 triliun.

5. Thomas Struengmann dan Andreas Struengmann

Pengusaha Kaya Covid 5 4f14e

Dua pengusaha kembar ini juga mendapatkan rezeki saat pandemi berlangsung. Apalagi, setelah mereka berinvestasi dengan perusahaan farmasi BioNTech.

Perusahaan tersebut kemudian bekerja sama dengan fizer PFE dan Fosun Pharmaceuticals untuk membuat vaksin Covid-19. Vaksin ini kita kenal dengan nama vaksin BioNTech-Pfizer.

Kerennya, vaksin jenis ini diklaim berhasil melawan varian mutasi Covid-19 terbaru yang terdeteksi di Britania Raya pada awal Januari 2021 lalu.

Berkat efektivitas vaksin ini, mereka pun kebanjiran pesanan. Kekayaan duo Struengmann naik sebesar 11 persen sebesar 6,9 miliar USD atau Rp103 triliun.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai daftar pengusaha dunia yang kekayaannya bertambah ratusan kali lipat gara-gara pandemi Covid-19. Bagaimana menurutmu?

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia Paling Kaya, Hartanya Sampai Ratusan Miliar!

5 Artis Indonesia yang Suka Naik Angkutan Umum, Padahal Punya Mobil Mewah!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Artis Indonesia yang Pernah Bekerja Jadi Pembantu, Sekarang Kaya Raya!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal